5 Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Resign

4 Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Resign
Photo by Michal Matlon on Unsplash

Bekerja adalah usaha kita sebagai manusia untuk memenuhi kehidupan. Tapi, kalau pekerjaan tersebut sudah tidak dapat lagi mencukupi kebutuhan dan rasa nyaman? Apakah resign dan pindah adalah solusi yang matang?

Namun saat ini manusia mencari hal yang lebih dari pemenuhan kebutuhan finansial, tetapi juga untuk memenuhi aspek-aspek lain dalam kehidupannya, misal kesehatan, pertemanan dan pencapaian.

Supaya dapat membuat keputusan yang lebih objektif dan kongkrit, kita punya teori yang dibuat oleh psikolog, Abraham Maslow tentang hirarki kebutuhan.

1. Kebutuhan Psikologi Terutama: Beristirahat

Kebutuhan yang paling dasar setiap orang adalah kebutuhan psikologi dimana kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya secara fisik. Salah satu kebutuhan psikologi yang kamu butuhkan tapi sering terabaikan adalah tidur ataupun beristirahat.

Seringkali kamu kurang beristirahat atau tidak memiliki jam tidur yang cukup, saat kamu sedang menyelesaikan suatu kerjaan yang belum terselesaikan.

Kalau kamu sering lakukan hal ini, bakal berdampak buruk untuk pekeraan dan juga kesehatan kamu. Hal itu ditandai dengan dua gejala umum seperti sulit berkonsentrasi dan juga mudah marah atau kesal. Dan efek jangka panjangnya akan menyerang kesehatan kamu sendiri.

2. Kebutuhan akan Rasa Aman: Terjaminnya Kondisi Finansial

Kebanyakan dari kita bekerja demi membuat stabil secara finansial. Tapi banyak juga loh pekerjaan yang kurang sesuai dari segi penghasilan yang didapatkan dengan pengeluaran dari pekerjaan tersebut.

Kamu bisa cari pekerjaan yang bukan hanya menghasilkan uang untuk kebutuhan sehari-hari kamu aja, tapi juga yang bisa memungkinkan kamu memenuhi kebutuhan yang lain. Misalnya, cari pekerjaan yang bisa buat kamu menabung untuk kebutuhan yang tidak terduga.

3. Rasa Cinta dan Kasih Sayang

Walaupun banyak orang dengan terpaksa tetap bekerja dengan baik dalam lingkungan pekerjaan yang tidak nyaman, orang-orang itu tetap akan mencari teman di luar lingkungan kerjanya. Hal itu membuktikan bahwa setiap orang tetap membutuhkan rasa untuk dicintai dan juga disayangi. Dan sekarang banyak perusahaan yang menerapkan sistem teamwork dalam bekerja, yang mewajibkan para karyawannya untuk dapat berinterkasi dengan baik satu sama lain.

4. Self Esteem: Respect dan Pencapaian

Menurut hierarki Maslow, kita tidak akan mendapatkan sel esteem atau perasaan dihargai hanya melalui prestasi ataupun pencapaian dalam pekerjaan. Rasa respect kepada orang lain dan juga rasa respect dari orang lain untuk kita merupakan salah satu faktor yang tidak kalah penting untuk dimiliki.

Kamu pernah tau ga banyak eksekutif yang menyingkirkan koleganya di perusahaan tempatnya bekerja, hal itu dilakukan supaya dirinya mendapatkan posisi yang lebih baik. Tapi hal ini menunjukan ketidakhormatannya ke sesama rekan kerjanya, sehingga rekan kerjanya juga tidak akan menghargai kamu lagi.

Berada di lingkungan yang suportif dimana terdapat rasa saling mengasihi dan memiliki, menjadi sebuah motivasi kamu untuk memiliki dan membangun rasa percaya diri. Hal itu dibutuhkan supaya kamu dapat bekerja dengan maksimal.

5. Aktualisasi Diri: Melakukan Hal yang Disenangi

Di tahap ini, kamu yang sudah mendapatkan kepuasan hidup yang merupakan kunci kebahagian dalamsetiap hidup manusia. Menurut Masslow, kurang dari 1% manusia yang berhasil mencapai tahapan terakhir dari kebutuhan hidupnya.

Setelah sudah memenuhi seluruh tingkatan kebutuhan tersebut, mulai dari penghasilan yang cukup, relasi yang baik dengan sesama, sampai pencapaian dan respect dari teman kerja, kini pikirkanlah apakan yang kamu udah lakukan sudah senangi atau belum, sebelum kamu memutuskan untuk resign dari pekerjaan yang sedang kamu jalani. Pertimbangkan juga apakah pekerjaan yang sedang kamu jalani dapat memenuhi setiap tingkatan kebutuhan kamu.

Jangan lupa juga sampaikan apresiasi kamu untuk dukungan dan bimbingan mereka, minta maaf untuk keterbatasan kamu, dan saling bertukar kontak detail. Singkatnya, amati kebaikannya. Kamu akan merasa lebih baik untuk ini. ketika kamu udah memikirkan matang-matang rencana resign kamu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram