Kenali Burn Out Syndrome dan Cara Mengatasinya Saat Work From Home

Kenali Burn Out Syndrome dan Cara Mengatasinya Saat Work From Home
Photo by Usman Yousaf on Unsplash

Melonjaknya kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini berdampak pada diberlakukannya kembali kebijakan Work From Home oleh seluruh perusahaan guna menekan rantai penyebaran virus corona di lingkungan kerja.

Menyikapi perubahan darurat seperti ini, banyak karyawan mulai mengalami burn out syndrome karena mendapati banyak tekanan dan kekhawatiran.

Di saat seperti ini, para karyawan rentan kehilangan motivasi dan produktivitas kerja serta berpengaruh juga terhadap kekebalan dan daya tubuhnya.

Maka dari itu, match recruitment menyiapkan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi burn out selama work from home. Simak selengkapnya ya!

Apa itu Burn Out Syndrome?

Dikutip dari Traveloka, burn out syndrome adalah kondisi psikologis dimana seseorang merasa kelelahan secara emosional yang berkepanjangan serta rentan merasa hampa karena lingkungan kerja sangat tidak kondusif.

Biasanya, para penderita burn out sulit membedakan waktu dan tempat istirahat sehingga cenderung tidak kenal waktu dan merasa harus bekerja seharian.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi burn out saat WFH?

Bangun di Pagi Hari

Dikutip dari Hello Sehat, bangun pagi membuat seseorang jauh lebih produktif. Orang yang bangun di pagi hari cenderung memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk menyiapkan pekerjaan, ketika orang lain masih tertidur lelap.

Mereka memiliki waktu yang baik digunakan untuk berkonsentrasi dan memiliki energi positif yang lebih banyak.

Buat To Do List Pekerjaan

Maksimalkan hari dengan membuat To Do List pekerjaan. Buat list catatan kecil tentang apa saja pekerjaan yang kamu ingin selesaikan dalam satu dari tersebut.

Ini sangat membantumu mengurutkan tingkat prioritas pekerjaan sesuai dengan yang paling mendesak sampai yang biasa-biasa saja agar kamu bisa mendahulukan pekerjaan yang sifatnya berprioritas tinggi.

Disiplin Membagi Waktu

Work from home bukan berarti kamu harus bekerja terus menerus selama dirumah. Pisahkan jam produktif kerja dengan jam istirahat selama dirumah. Jangan biarkan tubuhmu bekerja terlalu keras sampai lupa untuk beristirahat.

Banyak orang yang merasa burn out mengalami penurunan produktivitas kerjanya karena selalu memaksakan diri menyelesaikan banyak hal dalam satu waktu tanpa beristirahat.

Jaga Kesehatan Tubuh

Tetap jaga kondisi tubuh dalam keadaan fit. Berilah dirimu penghargaan atas segala kerja keras dengan memakan makanan bernutrisi tinggi serta buah-buahan.

Jika kondisi tubuhmu sehat, maka semangat kerja pun akan meningkat serta otak tidak mudah merasa kelelahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram