Cara Menghadapi Perbedaan Serta Keragaman di Lingkungan Kerja

Keragaman di lingkungan kerja
Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Sudah selayaknya seorang leader mampu untuk mengelola perbedaan serta keragaman di tempat kerja. Ini karena kondisi di dalam lingkungan kerja pasti beragam, terutama dari segi karyawan yang ada di sana. Namun, dengan pengelolaan yang layak, perbedaan dan keragaman ini bisa menjadi sebuah keuntungan bagi pihak manajemen.

Hal tersebut karena perbedaan yang ada justru bisa mendorong karyawan untuk bersaing secara kompetitif. Menurut laporan dalam Scientific American, bekerja dalam lingkungan yang dipenuhi orang dengan latar belakang berbeda, mendorong seseorang untuk melebihi batas normalnya dan membuatnya berpikir dengan kreatif serta inovatif.

Namun, meskipun banyak leader yang memahami teori tentang pentingnya perbedaan dan keragaman, sedikit yang sudah menerapkan strategi tepat untuk mengoptimalkan kelebihannya. Ini karena memahami pentingnya keragaman tidak sama dengan mengetahui cara untuk mengelolanya. Jadi, banyak leader yang tahu bahwa itu penting, namun belum memahami cara mengoptimalkannya.

Lantas, apa kunci untuk mengelola perbedaan ini? Anda bisa menyesuaikan leadership style dengan tipe karyawan atau situasi lingkungan kerja Anda. Apapun yang membuat lingkungan kerja Anda unik, baik itu ras, usia, gender, atau kualifikasi lainnya, bisa Anda kelola dengan baik sehingga dapat memotivasi serta mengarahkan seluruh karyawan Anda.

Berikut adalah cara mengelola perbedaan dan keragaman yang tepat serta efektif:

Terhubung Lebih Dekat dengan Karyawan

Setiap orang itu memiliki motivasi yang berbeda. Cobalah untuk lebih terhubung dengan karyawan Anda, dan cari tahu apa yang memotivasi mereka. Orang senang didengar dan dimengerti, termasuk karyawan Anda. Upayakan untuk memahami mereka secara personal, cari tahu hal-hal yang membuat mereka semangat.

Begitu Anda bisa memahaminya, maka Anda bisa terlibat dalam engagement yang lebih kuat dengan karyawan Anda. Karyawan yang satu dan lainnya pun demikian. Jika leader mereka bisa memiliki engagement kuat dengan karyawannya, sesama karyawan pun akan sama halnya. Ini juga bisa mendorong munculnya kondisi kompetitif di tempat kerja.

Menciptakan Kolaborasi untuk Mencapai Target

Tim Anda bisa sukses ketika leader mampu memberikan gambaran yang jelas tentang tujuan perusahaan dan masing-masing divisi. Komunikasikan semua hal yang penting serta hasil yang diharapkan dari kinerja setiap individu karyawan. Setelah itu, sebagai leader Anda bisa mengarahkan tim untuk berkolaborasi demi mencapai target tersebut.

Maksimalkan keuntungan dari sudut pandang berbeda yang dimiliki setiap orang di dalam tim. Beri kesempatan yang sama kepada setiap orang untuk menyampaikan idenya, jangan lupa berikan feedback juga. Lalu, jangan lupa pastikan bahwa setiap ide yang Anda terima sudah searah dengan tujuan perusahaan.

Melakukan Komunikasi Secara Berkala

Seorang leader harus memberikan arahan serta feedback untuk setiap pekerjaan yang dilakukan oleh anggota timnya. Keuntungan melakukan hal ini yaitu Anda bisa memaksimalkan kekuatan tim, mengarahkan semua orang kepada tujuan dan target yang sama, serta memberikan insight yang bisa membuat karyawan bekerja dengan lebih baik lagi.

Menyikapi perbedaan dan keragaman di lingkungan kerja memang membutuhkan perhatian dari Anda. Terutama, bagi seorang leader yang memang berperan untuk menjalin engagement dengan karyawan, menciptakan kolaborasi tim, serta melakukan komunikasi secara berkala antara atasan dan bawahan.

Ketika Anda bisa menerapkannya dengan efektif, maka Anda bisa menciptakan lingkungan kerja yang lebih engaged, penuh motivasi, dan fokus pada tujuan. Jadi, hasil pekerjaan setiap orang pun juga menjadi lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram