Cara Menulis Cover Letter Berkualitas Agar dipanggil Interview Kerja

Cara Menulis Cover Letter Berkualitas Agar dipanggil Interview Kerja
Photo by Corinne Kutz on Unsplash

Para pelamar kerja aktif pasti sudah tak asing lagi dengan istilah surat lamaran atau cover letter. Setiap kali melamar kerja, cover letter merupakan elemen pertama dari lamaran pekerjaan yang akan dilihat dan dibaca oleh para rekruter. 

Bisa dibilang, ini merupakan wajah pertama kita yang akan menjadi first impression seorang recruiter terhadap diri kita. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara menulis surat lamaran yang baik dan benar agar dapat menarik perhatian perekrut.

Cover letter yang dibuat asal-asalan dapat berdampak buruk karena mencerminkan dengan jelas bahwa kita adalah kandidat yang tidak ideal untuk posisi tersebut dimata recruiter. 

Dapat terlihat dengan mudah dari banyaknya kesalahan tata bahasa dan ejaan, kalimat yang tidak sesuai dengan posisi yang dilamar, ataupun hal simpel seperti salah menuliskan nama recruiter saat menyapa di awal surat.

Sedangkan cover letter yang baik dapat meyakinkan perekrut bahwa kamu adalah sosok ideal dan profesional. Dan sudah pasti mencerminkan kualitas kepribadian secara menyeluruh.

Maka dari itu, match recruitment menyediakan tata cara menulis surat lamaran atau cover letter yang baik agar dipanggil interview oleh recruiter.

Cara Menulis Cover Letter Berkualitas Agar dipanggil Interview Kerja

Pastikan Kamu Menyapa Orang yang Tepat

Pada bagian awal surat lamaranmu, pastikan nama orang yang dituju sudah sesuai dengan yang disebutkan di iklan lowongan pekerjaan yang kamu temui. Jika tidak ada nama dan spesifik jabatannya, kamu bisa menggunakan kalimat general seperti "Dear, Hiring Manager" atau "Dear, recruiter".

Tulis Kalimat Pembuka Cover Letter yang Menarik Perhatian Recruiter

Dalam persaingan melamar pekerjaan, kesan pertama atau first impression sangatlah penting. Seperti yang kamu ketahui, para perekrut mendapatkan ratusan bahkan ribuan lamaran setiap harinya. Dan tidak mungkin mereka membaca lamaran yang masuk dari awal hingga akhir satu per satu.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk menarik perhatian mereka dalam 5 detik pertama saat mereka membaca surat lamaran yang kita tulis.

Lakukan Riset Mengenai Perusahaan

Patikan kamu menunjukan penelitian dan pengetahuanmu tentang perusahaan yang kamu tuju melalui riset kecil. Jelaskan apa yang membuatmu tertarik untuk bekerja diperusahaan tersebut dan jangan lupa tunjukan semangat dan antusiasme untuk bekerja di industri mereka.

Highlight Skill Utamamu

Highlight skill utama yang kamu miliki. Tunjukan bahwa kamu memiliki keterampilan, pengalaman, dan kualitas tepat yang perusahaan cari. Yang terpenting adalah bagaimana kamu dapat menjelaskan tentang kontribusi apa yang dapat kamu tawarkan serta berpengaruh pada kesuksesan perusahaan mereka.

Tuliskan Juga Skill Lain yang Kamu Miliki

Tunjukan juga skill umum yang kamu miliki. Patikan itu relevan dengan posisi yang kamu lamar. Skill umum yang biasanya wajib dimiliki seorang kandidat contohnya adalah keterampilan komunikasi, negoisasi, dan interpersonal.

Jangan Lupa Akhiri dengan “Call To Action”

Jangan lupa akhiri dengan kalimat Call To Action agar recruiter tahu ketersediaan untuk dihubungi jika lolos pada tahap selanjutnya. Cantumkan beberapa alamat yang dapat dihubungi seperti nomor telepon, email, ataupun linkedIn pribadimu. 

Ucapkan juga kata terima kasih kepada recruiter yang telah meluangkan waktunya untuk mereview lamaran pekerjaanmu. Dengan itu kamu akan terlihat lebih menonjol daripada kandidat lain karena memiliki profesionalitas dan kesopanan yang sangat tinggi.

Semoga Berhasil, match buddy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram