Hindari Kesalahan Utama Penyebab Kegagalan Wawancara Kerja

Bagi job seeker, mencari pekerjaan merupakan sesuatu yang besar. Maka dari itu, begitu ada panggilan untuk mengikuti tes hingga wawancara, ini berarti penting bagi Anda. Anda harus bisa memberikan jawaban yang meyakinkan, serta mengesankan tim perekrut yang mewawancarai Anda.

Seperti dikutip dari CNBC, Pamela Lipp-Hendricks, seorang executive yang memiliki pengalaman selama lebih dari 20 tahun dalam bidang pelayanan financial, mengungkapkan tentang pentingnya membuat pewawancara kerja terkesan pada Anda. Pamela yang merupakan head of executive di JPMorgan Chase & Co., juga menyampaikan tentang tiga kesalahan utama yang bisa membuat Anda gagal dalam wawancara kerja.

Berikut adalah tiga kesalahan yang paling sering terjadi serta harus dihindari saat wawancara kerja:

Sudah Mempersiapkan Jawaban Terlebih Dahulu

Menurut Pamela, setiap executive yang melakukan wawancara untuk kandidat, pasti ingin memastikan apakah orang tersebut sudah cocok masuk di tim mereka. Sebagai interviewer yang tetarik untuk mencari tahu lebih banyak tentang kandidat kerja yang diwawancarai, biasanya tim perekrut ingin tahu mengenai orang tersebut melebihi apa yang tertulis di CV. Sementara, salah satu kesalahan terbesar kandidat adalah sudah merancang jawaban dari pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan oleh interviewer.

Pamela memberikan saran agar Anda memberikan jawaban yang jujur saja. Ini karena sejumlah orang yang mengikuti wawancara kerja, sudah berlatih terlebih dahulu. Di mana, hal tersebut bisa terlihat oleh tim perekrut yang mewawancarai mereka. Jadi, kesannya seperti Anda berusaha mengepaskan jawaban yang sudah disiapkan dengan pertanyaan wawancara.

Daripada menghafalkan jawaban seperti ini, disarankan Anda mendengarkan saja pertanyaan wawancaranya sambil memperhatikannya dengan jelas. Dengan begitu, Anda akan bisa memberikan respon berupa jawaban yang benar-benar menunukkan value diri Anda sebagai seorang employee.

Gagal Mencari Riset Mendetail Tentang Perusahaan

Sehebat apapun kualifikasi Anda, dan sebagus-bagusnya CV Anda, jika Anda tidak mencari informasi yang detail tentang perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan, maka ini bisa menjadi awal yang membahayakan. Artinya, mengenali perusahaan tempat Anda ingin bekerja hingga tim di dalamnya, merupakan suatu hal yang benar-benar penting.

Setidaknya, Anda perlu mengenal sedikit banyak tentang perusahaan tersebut. Kemudian, cari tahu kepada siapa Anda kira-kira akan melakukan komunikasi terkait lamaran pekerjaan, atau melakukan wawancara. Anda pun sangat boleh bertanya-tanya kepada tim rekrutmen tentang perusahaannya, jadi Anda bisa lebih memahaminya.

Alih-alih hanya mengandalkan Google Maps untuk mencari lokasi kantornya, Anda bisa langsung datang ke sana jika memang tempatnya masih bisa Anda jangkau dengan mudah. Baca company profile-nya dengan detail, cari tahu juga artikel berita tentang perusahaan tersebut. Saat ditanya tentang wawasan Anda mengenai perusahaan, Anda jadi punya banyak pengetahuan tentangnya. Ini akan mengesankan interviewer.

Tidak Bertanya Apapun Ketika Wawancara

Meskipun pada wawancara kerja umumnya yang menanyakan pertanyaan adalah interviewer, namun jika Anda tidak bertanya apa-apa, maka ini juga bisa menjadi penyebab kegagalan Anda. Bertanya bukan hanya menciptakan komunikasi dua arah saat wawancara. Namun, ini juga membantu kandidar untuk memahami apakah dirinya layak bergabung dengan perusahaan atau tidak.

Jika Anda bertanya, maka Anda akan lebih mengerti tentang job description-nya juga. Apakah itu sesuai dengan passion Anda, atau sebenarnya Anda tidak cocok dengan pekerjaan tersebut. Bertanyalah, sehingga Anda bisa menemukan alasan tepat untuk menerima tawaran bekerja di perusahaan tersebut, atau mencari pekerjaan lainnya yang sesuai minat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram