Catat, Ini Dia 4 Jenis Recruiter yang Perlu Kamu Ketahui!

Catat, Ini Dia 4 Jenis Recruiter yang Perlu Kamu Ketahui!
Photo by Van Tay Media on Unsplash

Serupa tapi tak sama. Itulah kalimat yang cocok mendeskripsikan jenis recruiter yang jarang diketahui kebanyakan orang.

Selama ini kita hanya tahu secara garis besar bahwa tugas pokok seorang recruiter adalah mencari seorang kandidat yang akan ditempatkan di suatu perusahaan.

Tapi, tahukah kamu? Bahwa masing-masing recruiter ternyata punya goals dan strateginya masing-masing dalam prosesnya mencari dan menempatkan suatu kandidat dalam perusahaan.

Kali ini match recruitment akan membahas tentang 4 jenis recruiter beserta perbedaan tugas pokoknya yang perlu kamu ketahui!

4 Jenis Recruiter yang Perlu Kamu Ketahui!

Corporate Recruiter

Corporate recruiter merupakan karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Biasanya mereka ditempatkan dalam divisi HR dan memiliki jabatan sebagai HR manager atau Hiring Manager yang tugas utamanya adalah mencari karyawan baru untuk perusahaan tempat mereka bekerja.

Corporate recruiter juga bertanggung jawab dalam proses perekrutan mulai dari menulis deskripsi pekerjaan, screening cv, interview, memperpanjang tawaran pekerjaan, menerapkan strategi orientasi dan menyimpan catatan terperinci dari semua kandidat dan karyawan baru.

In-House Recruiter

In-House Recruiter merupakan jenis perekrut yang paling umum kita ketahui. Ia merupakan karyawan divisi HR yang berfokus sepenuhnya pada penerimaan karyawan baru dibandingkan menggunakan external parties.

In-House recruiter menggali lebih dalam keahlian para kandidat. Tujuan utama mereka adalah mencari dan menemukan kandidat terbaik yang sangat cocok dengan posisi yang dibuka dan juga dengan culture perusahaan. 

Fokus dengan rencana perekrutan jangka panjang, In-House recruiter selalu berusaha menempatkan karyawan baru di berbagai posisi dalam satu perusahaan tempat mereka bekerja.

Staffing Agency

Staffing agency bertugas untuk mempekerjakan karyawan kontrak atau bersifat sementara untuk suatu perusahaan.

Ia juga bertanggung jawab dalam pembayaran semua upah, pajak majikan, asuransi kesehatan, dan tunjangan terhadap seorang kandidat terpilih yang berhasil dipekerjakan.

Staffing agency membantu perusahaan dalam menempatkan seseorang yang bersifat sementara atau kontrak untuk mengisi kosongnya posisi tertentu dalam sebuah perusahaan.

Jenis perekrutan ini lazim di antara industri dengan banyak proyek jangka pendek seperti TI dan konstruksi dan sektor musiman seperti perhotelan, ritel, dan pariwisata.

Headhunter

Headhunter adalah individu atau perusahaan yang menyediakan jasa mencari kandidat potensial untuk dipekerjakan dalam suatu perusahaan.

Headhunter seperti match recruitment tidak melakukan proses perekrutan apapun. Mereka hanya membutuhkan informasi dari perusahaan untuk bisa langsung mencari kandidat potensial yang dibutuhkan. Biasanya, terspesialisasi dalam bidang tertentu. 

Headhunter menggunakan berbagai channel untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan lowongan pekerjaan.

Para profesional ini sering menggunakan beberapa profesional social media seperti LinkedIn, asosiasi profesional, referrals, dan networking mereka sendiri.

Headhunter memberikan banyak sekali keuntungan untuk perusahaan. Gaji headhunter seringkali antara 20 dan 35 persen dari gaji kandidat jika kandidat dipekerjakan. Karena proses rekrutmen terbilang sangat singkat dan juga kandidat yang dipekerjakan sudah pasti terjamin kualitas kerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram