Kenali Tanda Company Culture Buruk Serta Merugikan

Company culture buruk
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Company culture atau budaya perusahaan merupakan value dan segala kegiatan yang sudah disetujui dan pasti dilakukan oleh semua pihak. Namun, tidak semua bisnis bisa memiliki pandangan yang luas tentang pertumbuhan dan budaya perusahaannya sendiri.

Padahal, budaya perusahaan penting untuk membangun relationship yang kuat, sehingga dapat mempertahankan karyawan karena mereka merasa betah. Company culture sendiri juga bisa mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Terkadang, pihak manajemen tidak menyadari bahwa company culture di perusahaan itu ternyata buruk, dan tidak lagi positif. Berikut tanda-tanda sederhana yang menunjukkan bahwa suatu company culture itu buruk:

Banyak Gosip Negatif Beredar

Salah satu tanda company culture yang buruk yaitu kantornya dipenuhi oleh gosip. Mungkin gosip memang tidak membahayakan, namun seiring berjalannya waktu hal tersebut akan merusak budaya perusahaan. Apalagi, jika pihak manajemen sudah tidak dapat mengontrol situasi tersebut. Bahkan, bisa saja muncul tindakan bullying di antara sesama rekan kerja.

Padahal, penting bagi perusahaan untuk dapat menciptakan lingkungan kerja di mana semua orang bisa berbaur dengan baik. Inilah yang bisa menciptakan budaya perusahaan yang lebih positif.

Karyawan Punya Kebiasaan Buruk

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk, termasuk saat sedang berada di tempat kerja. Biasanya, ini dikarenakan apa yang biasa dilakukan karyawan di rumah. Kebiasaan buruk tersebut yang paling umum seperti menunda menyelesaikan pekerjaan, punya mentalitas yang negatif, serta terlambat dalam segala hal.

Sebagai employer, Anda harus bisa menciptakan company culture yang positif untuk karyawan Anda, di mana itu bisa memotivasi mereka. Ingat bahwa leadership Anda merupakan indikator terbaik untuk kondisi perusahaan. Biasakan karyawan Anda untuk selalu bersikap positif.

Kurangnya Semangat Kerja Tim

Tanda lainnya yang menunjukkan company culture buruk yakni kurangnya semangat kerja tim. Budaya perusahaan harus bisa memberikan semangat positif yang mendorong karyawan agar semakin semangat. Semestinya karyawan merasa lebih semangat setiap harinya ketika mereka bekerja.

Attitude karyawan harusnya didukung oleh keyakinan mereka akan perusahaan tempatnya bekerja. Seharusnya, semua karyawan bersemangat untuk bekerja bersama tim dalam mencapai target perusahaan. Jika semangat kebersamaan tersebut tidak ada, maka lambat laun perusahaan akan mengalami penurunan.

Persaingan Tidak Sehat Antara Karyawan

Persaingan di tempat kerja seharusnya memicu karyawan untuk bekerja lebih baik, secara positif. Kompetisi yang friendly untuk meraih title seperti employee of the month dan sebagainya, merupakan cara seru untuk meningkatkan dedikasi dan loyalitas karyawan.

Namun, yang menjadikannya buruk adalah ketika kompetisi tersebut menjadi terlalu kompetitif. Ini biasanya ditandai dengan karyawan yang saling bersaing satu sama lain, dan persaingan internal tersebut berjalan dengan sengit. Jadi, karyawan Anda malah bersaing sendiri dan bukannya melawan kompetitor.

Berkurangnya Engagement

Jangan lupakan tanda yang paling sederhana namun sebenarnya buruk tentang company culture ini. Hal tersebut yakni penurunan engagement karyawan. Sementara, engagement karyawan ini merupakan hal yang vital dalam company culture. Engagement muncul ketika semua karyawan merasa punya visi dan misi yang sama dengan perusahaan.

Karyawan yang engaged menjadi salah satu elemen penting yang dapat menciptakan interaksi positif, dan menunjukkan ketertarikannya dalam semua aspek perusahaan. Kalau engagement ini menurun, maka itu mengindikasikan bahwa karyawan sudah mulai kehilangan ketertarikan terhadap perusahaan. Mereka juga semakin jarang ikut dalam event perusahaan.

Kesimpulannya, penting bagi Anda untuk teliti dalam mengamati company culture yang sekiranya memburuk, agar dapat dilakukan upaya perbaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram