Kesulitan Ini Sering Dialami Fresh Graduate Saat Mencari Kerja

Kesulitan fresh graduate
Photo by energepic.com from Pexels

Kini, setelah Anda lulus dari universitas, dan lulus semua tes hingga sidang, skripsi selesai sampai wisuda juga sudah, waktunya benar-benar memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Anda mulai sibuk memasukkan lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan. Anda pun ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji sesuai.

Namun, tidak sedikit fresh graduate yang mengalami kendala dalam mencari pekerjaan. Meskipun sudah memasukkan curriculum vitae dan surat lamaran ke ratusan perusahaan, Anda pun masih tidak kunjung dipanggil untuk tes kerja. Percayalah bahwa semua orang pernah mengalaminya.

Jika Anda ingin menghindari kendala yang biasanya dialami job seeker yang merupakan fresh graduate, cari tahu apa saja masalah tersebut seperti berikut ini:

Punya Harapan Terlalu Besar

Ada banyak hal yang menjadi tantangan bagi fresh graduate saat mereka mengalami masa transisi, yang tadinya seorang murid harus masuk ke dalam dunia kerja yang benar-benar asing. Banyak hal yang tidak diajarkan di sekolah, siap menyambut Anda di dunia kerja.

Jadi, seringkali yang terjadi adalah harapan Anda tidak sesuai dengan kenyataan. Tidak jarang seorang fresh graduate membayangkan kalau mencari kerja itu tinggal memasukkan CV dan surat lamaran, dipanggil tes dan wawancara, diterima bekerja, selesai. Padahal, prosesnya mulai dari melamar pekerjaan, hingga bekerja di perusahaan, itu pasti tidak seperti apa yang dibayangkan.

Masih Bersikap Kekanak-Kanakan

Perlu diakui bahwa kurangnya kedewasaan menjadi salah satu hal yang paling berisiko, untuk membuat seorang fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan. Saat masih kuliah, ketika Anda belum pernah terjun langsung ke dunia kerja, Anda jadi tidak bisa memperkirakan seperti apa tanggung jawab seorang karyawan yang sebenarnya.

Ketika dihadapkan langsung dengan pekerjaan serta lingkungan kerja yang nyata, seorang fresh graduate biasanya akan merasa kaget. Ini membuat Anda seketika bertingkah kekanak-kenakan dengan ngambek, kesal dan bahkan putus asa. Apalagi, saat tidak kunjung ada panggilan kerja, atau Anda sudah dipanggil untuk tes dan wawancara tapi menyerah sebelum mengikutinya.

Promosi Diri Sendiri Kurang

Self-image yang kurang maksimal, dapat mengurangi peluang Anda untuk mendapat panggilan kerja dari perusahaan. Kebanyakan fresh graduate belum bisa mengenali potensi diri mereka sepenuhnya. Di samping itu, mereka juga tidak tahu cara yang tepat untuk menuliskannya di dalam CV. Jadi, Anda belum bisa menonjolkan kelebihan sekaligus menyamarkan kekurangan diri sendiri.

Penting untuk dicatat, bahwa banyak employer dan recruiter yang mencari informasi tentang diri Anda melalui media sosial. Jadi, kalau Anda ingin terlihat profesional, maka sebaiknya Anda mengecek kembali akun media sosial Anda. Coba hapus foto-foto Anda yang sekiranya terlihat tidak pantas kalau sampai dilihat calon bos Anda.

Tidak Punya Pengalaman Kerja

Kemudian, yang terakhir adalah kurangnya pengalaman kerja secara profesional. Ketika seorang pelajar sudah menyelesakan kuliah mereka, biasanya para fresh gaduate ini belum punya pengalaman bekerja yang sesungguhnya. Ini karena Anda memang menghabiskan waktu untuk menyelesaikan masa studi.

Hal ini juga membuat fresh graduate memiliki peluang lebih kecil, untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, jika dibandingkan dengan mereka yang sudah punya pengalaman kerja. Memang menantang, namun Anda bisa menjadikan job hunting sebagai pengalaman yang benar-benar baru, untuk membuat diri Anda bekerja lebih keras lagi.

Dengan motivasi yang lebih tinggi, Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan, meskipun jalan yang harus dilalui itu tidak mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram