8 Key Skill ini Paling Dibutuhkan Perusahaan, Fresh Graduate Wajib Tahu!

8 Key Skill ini Paling Dibutuhkan Perusahaan, Fresh Graduate Wajib Tahu!
Photo by Austin Distel on Unsplash

Tahukah kamu, untuk membuat recruiter dari sebuah perusahaan terkesan, kamu perlu mempunyai Key skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, lho! Terutama, jika kamu merupakan seorang fresh graduate. Mengapa begitu?

Karena, Graduate Employer umumnya mencari tenaga kerja yang kompeten dengan skill yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Skill tersebut juga tergantung pada posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Biasanya, kebutuhannya pun sangat spesifik.

Maka dari itu, dengan menguasai skill tersebut kamu akan dengan mudah menyelesaikan pekerjaan secara efektif, apapun profesi yang akan kamu jalani nantinya.

Yuk simak selengkapnya 8 key skill paling dibutuhkan perusahaan saat ini!

8 key skill yang paling dicari oleh graduate recruiter

Commercial awareness skill

Commercial awareness merupakan skill memahami cara kerja suatu industri atau bisnis dan apa yang bisa menggerakkan perusahaan tersebut untuk maju.

Kamu harus bisa memahami apa yang ingin perusahaan capai melalui produk dan layanannya serta bagaimana cara mereka untuk bersaing di marketplace.

Komunikasi

Skill ini meliputi kemampuan untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan dan juga kemampuan mendengarkan.

Kamu harus mampu ‘menangkap’ segala sesuatu dengan jelas, tepat dan fokus; serta dapat menyampaikan pesan yang kamu maksud dengan baik kepada audience dan mampu mendengarkan dari sudut pandang orang lain.

Kerjasama Tim

Kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu merupakan seorang team player yang baik. Namun, tidak hanya itu saja, kamu juga harus memiliki skill untuk mengelola dan mendelegasikan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab.

Singkatnya, semuanya tentang membangun positive relationship dan bisa membantu perusahaan untuk mencapai target bisnis yang telah ditetapkan.

Negosiasi dan Persuasi

Dengan memiliki skill ini berarti kamu dapat mengatur segala hal yang ingin dicapai serta tahu betul bagaimana cara yang tepat untuk mencapainya.

Kamu pun mampu memahami latar belakang lawan bicaramu, sehingga bisa sama-sama mendapatkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan.

Problem Solving Skill

Kamu perlu menunjukkan skill untuk melakukan pendekatan secara logis dan analitik dalam memecahkan masalah serta menyelesaikan kendala apapun.

Akan lebih bagus juga jika kamu bisa melakukan pendekatan untuk masalah tersebut dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Leadership Skill

Kamu mungkin tidak akan langsung menjadi manajer, namun sebagai seorang fresh graduate kamu perlu menunjukkan potensimu dalam memotivasi tim dan rekan kerja lainnya.

Kamu wajib memiliki kemampuan untuk menerima dan mendelegasikan pekerjaan, mengatur deadline, dan juga mengarahkan tim dengan memberikan contoh yang baik.

Organisasi

Skill ini menunjukkan bahwa kamu bisa menentukan prioritas, bekerja secara efektif dan efisien, dan juga mengelola waktu dengan baik.

Akan menjadi nilai plus jika kamu dapat menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu apik dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline yang ditentukan.

Ketangguhan dan Motivasi

Perusahaan juga menginginkan kandidat yang tangguh dan pekerja keras. Sehingga, mereka siap menghadapi keadaan dan perubahan apapun yang mungkin akan terjadi dikemudian waktu.

Kamu harus siap menghadapi tantangan dan bekerja di bawah tekanan. Namun, tetap menunjukkan attitude yang baik, meski berada dalam kondisi lingkungan kerja yang sedang kacau sekalipun. Tunjukkan juga bahwa kamu seorang karyawan yang percaya diri namun tidak arogan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram