Kunci Tepat Rekrutmen untuk Mendapatkan Kandidat Terbaik

Kunci Tepat Rekrutmen untuk Mendapatkan Kandidat Terbaik

Menemukan kandidat yang tepat itu bukan hal mudah. Apalagi, di masa modern ini, saat persaingan antar perusahaan semakin ketat saja. Ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi para recruiter. Sebagai employer, Anda harus selalu memutar otak untuk menemukan ide yang tepat, agar bisa mendapatkan kandidat terbaik buat perusahaan Anda.

Baik Anda menyebarkan lowongan pekerjaan di media sosial, atau sudah mempunyai sekumpulan profil calon kandidat terbaik dan tinggal menyeleksinya, Anda perlu memperhatikan proses rekrutmen ini dengan benar-benar baik. Untuk itu, mari simak langkah-langkah yang bisa menjadi kunci sukses rekrutmen Anda:

Menetapkan Definisi Tersendiri Tentang Kandidat Ideal

Seperti apa kandidat ideal yang Anda inginkan? Ada banyak definisi dari “kesempurnaan”, dan ini bisa membuat proses rekrutmen Anda terasa lebih menantang lagi. Jadi, sebelum Anda mulai menuliskan job description, akan lebih baik jika Anda menentukan skill apa saja yang wajib dimiliki seorang kandidat sempurna versi perusahaan Anda.

Perhatikan semua hard skill dan soft skill yang Anda butuhkan, ini akan membantu mempermudah Anda untuk menyeleksi kandidat dari semua resume dan curriculum vitae (CV) yang masuk ke email. Anda juga boleh meminta bantuan karyawan perusahaan untuk ikut memberikan penilaian.

Menulis Job Description yang Jelas dan Lengkap

Hal pertama yang diperhatikan oleh kandidat sebelum mengirimkan lamaran kerja adalah job description. Ini akan membantu mereka memahami skill yang dibutuhkan sesuai posisi tersebut. Mereka juga lebih mudah mempertimbangkan apakah sudah yakin untuk bekerja di perusahaan Anda.

Makanya, job description itu harus jelas, lengkap dan bisa membuat kandidat potensial merasa terkesan. Cantumkan hal-hal penting mulai dari tugas sehari-hari, lampiran untuk CV, penilaian top management untuk posisi karyawan tersebut, alasan mengapa kandidat perlu memilih perusahaan Anda, contact person, langkah-langkah proses rekrutmen, hingga aktivitas di perusahaan atau divisi yang membuka lowongan kerja.

Mengoptimalkan Tampilan Laman Karir di Website Perusahaan

Tentu saat membuka lowongan kerja, Anda juga mempostingnya di laman website resmi perusahaan. Biasanya, lowongan kerja ini di-posting pada laman Karir. Oleh karena itu, Anda bisa mengoptimalkan lagi tampilan laman website tersebut.

Ini penting, karena dapat menciptakan kesan pertama yang baik, sehingga membuat kandidat langsung tertarik saat melihat lowongan kerja pada laman website Anda tersebut. Anda juga bisa menambahkan video yang berisi testimoni dari karyawan perusahaan, tentang kesan-kesan mereka selama bekerja. Ini membuatnya terasa semakin menarik.

Membuat Proses Lamaran Pekerjaan Mudah dan Sederhana

Terkadang, proses yang harus diikuti kandidat saat ingin melamar pekerjaan itu sangat rumit. Terutama, jika itu melalui website lowongan pekerjaan, atau website resmi perusahaan. Seringkali ini membuat kandidat langsung merasa enggan memasukkan lamaran pekerjaan.

Misalnya, di website tersebut kandidat harus mengisi semua data tentang profil dirinya yang sangat panjang. Kemudian, dia masih perlu melampirkan CV, surat lamaran, portofolio, yang mana masing-masing harus diunggah secara terpisah. Setidaknya, Anda bisa membuat prosesnya lebih mudah, seperti dengan membolehkan kandidat mengirimkan semua lampiran melalui email saja.

Jika Anda bisa melakukan proses rekrutmen yang tepat sasaran, melalui langkah-langkah yang lebih sederhana namun terarah, maka ini memudahkan Anda untuk mendapatkan kandidat yang terbaik. Bukan hanya kandidat saja yang dimudahkan. Namun, Anda juga lebih berpeluang untuk mendapat kandidat paling potensial. Tentunya, ini juga menguntungkan perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram