Masalah Umum Paling Sering Dialami Ketika Mencari Kerja Secara Online

Masalah umum cari kerja online

Harus diakui bahwa mencari pekerjaan yang tepat itu memang sulit. Menemukan lowongan kerja yang pas, kemudian mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan tersebut, apalagi secara online, bahkan bisa terasa lebih sulit lagi.

Saat ini sendiri, semakin banyak employer menggunakan media internet untuk mengiklankan lowongan pekerjaannya. Banyak perusahaan bermaksud menarik kandidat agar mereka melamar pekerjaan secara online, seperti melalui email misalnya.

Sementara, job hunter sendiri juga semakin banyak yang mencari kerja secara online. Ini bisa jadi termasuk Anda. Anda pun berburu pekerjaan di internet. Memang banyak keuntungan yang bisa Anda nikmati dengan mencari lowongan kerja secara online seperti ini.

Namun, biasanya ada saja kendala yang Anda alami saat mencari kerja melalui platform online. Berikut adalah masalah umum yang biasa terjadi ketika Anda mencari kerja secara online:

Ada Terlalu Banyak Lowongan Pekerjaan

Masalah utama yang paling sering dihadapi oleh job hunter yakni adanya ratusan lowongan pekerjaan yang tersedia di website. Ini bisa membingungkan Anda. Akhirnya, karena Anda ingin menangkap kesempatan lebih besar untuk diterima kerja, Anda pun memasukkan lamaran pekerjaan ke sangat banyak perusahaan.

Sementara, website yang satu dan lainnya seringkali memiliki cara yang berbeda untuk Anda jika ingin melamar kerja. Akhirnya, Anda pun harus memasukkan data diri dan informasi seperti latar belakang pendidikan hingga pengalaman kerja, serta portofolio Anda secara manual. Jika Anda melakukan ini untuk masing-masing website, bukan hanya membuang waktu saja namun ini juga sangat melelahkan.

Terlalu Banyak Kandidat Lainnya Sebagai Pesaing

Begitu Anda sudah menemukan pekerjaan yang potensial untuk Anda, kemungkinan Anda akan menghadapi masalah lainnya, yakni ada terlalu banyak aplikan lain yang juga sama-sama mengincar posisi tersebut. Ini dikarenakan kemudahan melamar pekerjaan secara online, siapapun jadi bisa mengirimkan lamaran kerja untuk posisi yang sama dengan yang Anda inginkan.

Akhirnya, employer pun menerima lamaran kerja dari belasan bahkan puluhan aplikan dalam waktu yang singkat. Bisa saja banyak aplikan lainnya tidak qualified untuk posisi pekerjaan tersebut, namun karena jumlahnya yang begitu banyak, ini membuat employer lebih sulit menyeleksi dengan benar-benar teliti.

Tidak Ada Respon dari Perusahaan Employer

Salah satu hal yang paling bisa membuat aplikan frustrasi adalah ketika Anda mengirimkan resume dan tidak mendapatkan respon sama sekali. Saat Anda mengirimkan lamaran pekerjaan secara online, kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan respon dari contact person langsung, melainkan lewat email atau chat.

Sementara, bagi employer sendiri, seringkali mereka mencari email resume yang tepat dengan memasukkan kata kunci tertentu. Salah satu alasannya juga karena banyaknya lamaran kerja yang diterima lewat email. Jadi, kalau di dalam email dan nama attachment Anda tidak tercantum kata kunci tersebut, maka besar kemungkinan resume Anda tidak akan dibaca.

Memasukkan Lamaran Kerja Butuh Waktu Lama

Bisa jadi masalah terbesar melamar kerja secara online adalah membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya. Begitu Anda membuka website-nya biasanya ada banyak sekali kolom isian yang harus diisi untuk application form. Anda pun harus memasukkan ulang informasi yang sebenarnya sudah Anda cantumkan di CV.

Melakukan hal tersebut berulang-ulang itu tidak hanya menghabiskan waktu, namun juga bisa membuat frustrasi dan melelahkan secara emosional. Jadi, penting juga bagi Anda untuk senantiasa menjaga kesehatan fisik dan mental selama proses job hunting online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram