Mengapa Profesional butuh membangun hubungan dengan Headhunter ?

Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Rekrutmen kerja di masa modern sudah semakin berkembang. Muncul berbagai cara rekrutmen baru, salah satunya yakni dengan menggunakan jasa headhunter. Sebagai profesional, barangkali Anda pernah mendengar istilah headhunter. Akan tetapi, Anda belum pernah bekerja sama dengan mereka sama sekali. Mari memahami definisi headhunter beserta tugas mereka.

Apa Itu Headhunter?

Headhunter merupakan individu atau perusahaan yang membantu proses rekrutmen. Jadi, perusahaan menyewa headhunter untuk menemukan individu dan talent yang memenuhi standar kualifikasi yang dicari. Headhunter kadang juga disebut dengan istilah “executive recruiter”. Sedangkan, tugas mereka dinamakan “executive search”.

Umumnya, headhunter punya banyak kandidat dengan skill masing-masing. Selain itu, mereka akan mencari talent secara aktif, bahkansangat mungkin merekrut kandidat dari perusahaan kompetitor. Di samping itu, perusahaan seringkali bekerja sama dengan headhunter saat mereka sulit menemukan karyawan yang tepat. Sedangkan, profesional memerlukan bantuan headhunter untuk mencari pekerjaan.

Siapa Saja yang Membutuhkan Headhunter?

Ada dua pihak yang membutuhkan bantuan dari headhunter, yaitu perusahaan dan profesional. Perusahaan perlu bantuan headhunter untuk menemukan kandidat yang terbaik. Sedangkan, profesional memerlukan bantuan dari headhunter untuk mencarikan pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan kemampuannya.

Mengapa Sih Profesional Membutuhkan Headhunter?

Untuk Anda profesional yang sedang melakukan job hunting, menggunakan jasa headhunter akan dapat memberikan hasil yang optimal. Ini karena headhunter dapat membantu para profesional agar lebih cepat mendapatkan pekerjaan. Bahkan, Anda bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan dengan bayaran tinggi.

Selain itu, headhunter pasti memiliki jaringan yang luas, di mana ini juga memudahkan profesional dalam menemukan pekerjaan yang diimpikan. Kemudian, ada satu lagi keuntungannya menggunakan jasa headhunter, yaitu Anda bisa mengetahui informasi lengkap mengenai job desc sampai gaji dengan amat sangat jelas serta transparan. Tentu ini lebih menguntungkan.

Di Mana Headhunter Mencari dan Menemukan Kandidat?

Biasanya, headhunter mempunyai koneksi yang luas sekali. Mereka dapat menemukan kandidat dari jaringannya tersebut. Bahkan, sangat mungkin headhunter akan mencari profesional yang bekerja di kantor kompetitor dari perusahaan yang menggunakan jasanya. Ini merupakan hal yang lumrah dilakukan headhunter.

Kapan Sebaiknya Membangun Hubungan dengan Headhunter?

Bagi profesional, sebaiknya Anda sering-sering mencari headhunter yang qualified. Ini karena semakin banyak Anda mengenal para headhunter, makin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan skill Anda. Seorang job hunter yang baik semestinya memang aktif dan tak malu-malu untuk berkomunikasi dengan headhunter yang dirasa cocok untuknya.

Tips Bekerja Sama dengan Headhunter untuk Profesional

Sama halnya dengan perusahaan yang tengah mencari kandidat, seorang profesional pasti juga ingin menemukan pekerjaan yang sesuai dengan skill-nya. Maka dari itu, bagi para profesional, bantuan dari headhunter akan sangat berarti. Berikut tips bagi profesional untuk bekerja sama dengan headhunter:

Memahami Bahwa Headhunter Tidak Bekerja untuk Profesional

Ketika seorang profesional berkolaborasi dengan headhunter, maka perlu dipahami kembali bahwa headhunter itu bukan bekerja untuk para pencari kerja. Namun, mereka bekerja untuk perusahaan yang sedang melakukan rekrutmen.

Headhunter pasti senang bekerja sama dengan para profesional, hanya jika kandidat tersebut memang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Jadi, setiap interaksi yang dilakukan dengan headhunter merupakan bagian dari wawancara. Semua tenaga profesional harus selalu aware akan hal ini.

Mencari Headhunter yang Menguasai Bidang Sesuai Skill yang Dimiliki

Tidak semua headhunter pasti cocok bekerja sama dengan seorang profesional. Sebab, headhunter pasti bekerja sesuai dengan bidang industri dan tipe pekerjaan tertentu. Maka dari itu, para profesional harus fleksibel, dan mencari headhunter yang memang berkecimpung dalam bidang pekerjaan sesuai dengan skill yang dipunyai job hunter tersebut.

Ketahui Cara Kerja Headhunter dalam Mencari Kandidat

Ada headhunter yang sudah mempunyai daftar kandidat sendiri, lengkap dengan resume mereka. Jadi, sewaktu-waktu ada rekrutmen, headhunter tersebut tinggal menyeleksi kandidat yang ada dalam daftarnya. Di sisi lain, ada headhunter yang baru akan mencari kandidat baru ketika ada proses rekrutmen.

Job hunter perlu mengetahui tentang headhunter yang bekerja sama dengan mereka, tipe yang manakah headhunter tersebut. Akan lebih baik kalau job hunter selalu memberikan kontak dan resume kepada headhunter untuk arsip mereka.

Menyesuaikan Cara Berkomunikasi dengan Karakter Setiap Headhunter

Profesional yang mampu menuliskan resume dan CV dengan baik, bahkan dilengkapi surat lamaran yang bagus dan sopan, akan lebih mudah menarik headhunter. Cari tahu cara headhunter merekrut kandidat, apakah mereka suka melakukan komunikasi lewat email atau langsung menelepon job hunter? Menjaga komunikasi secara berkala juga bagus untuk job hunter yang tengah aktif mencari kerja.

Memudahkan Headhunter dalam Menemukan Profesional yang Mereka Cari

Ini berarti seorang profesional harus benar-benar aktif dalam mempromosikan dirinya sendiri, atau kadang juga disebut pesonal branding. Banyak cara yang bisa dilakukan profesional, mulai dari menulis artikel, mengerjakan project besar, memberikan presentasi, sering berkomunikasi dalam forum job hunting, aktif di komunitasnya.

Semakin aktif seorang profesional melakukan kegiatan yang berkaitan dengan passion dan skill-nya, makin mudah bagi headhunter untuk menemukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram