Perusahaan Makin Sulit Menemukan Digital Talent, Ini Sebabnya

Perusahaan Makin Sulit Menemukan Digital Talent, Ini Sebabnya
Photo by Christin Hume on Unsplash

Lingkup bisnis kini berubah dengan semakin cepat. Berkembangnya teknologi dengan pesat membuat perusahaan-perusahaan mengubah standar mereka dalam mencari kandidat tenaga kerja. Sekarang, perusahaan biasa mencari kandidat yang merupakan tech-savvy atau seorang digital talent. Ini dikarenakan kebutuhan akan perubahan terkait teknologi dalam bisnis.

Namun, terkadang suatu perusahaan mengalami kesulitan dalam menemukan kandidat yang tepat. Memang ada banyak orang yang belum bekerja, termasuk fresh graduate, namun karyawan yang dibutuhkan sesuai kualifikasi susah ditemukan. Pasti, Anda juga pernah mengalaminya saat rekrutmen. Sebenarnya, para talent ini ada, namun jumlahnya amat sangat sedikit.

Mereka adalah orang-orang yang merupakan tech-savvy dan juga memiliki pengetahuan luas akan dunia bisnis. Makanya, mereka ini adalah orang yang tepat untuk membantu bisnis Anda dalam menghadapi transformasi digital yang sedang terjadi.

Transformasi digital sendiri merupakan perubahan yang harus dihadapi setiap pebisnis agar usaha mereka tetap bisa berjalan dengan kompetitif di pasaran. Namun, seperti yang telah disebutkan bahwa mencari digital talent itu cukup sulit. 

Jika ditelusuri lagi, berikut sebab-sebab perusahaan sulit mencari digital talent:

Kesulitan Mengintegrasikan Digital Talent dengan Perusahaan Tempatnya Bekerja

Banyak perusahaan yang menciptakan sistem senyaman mungkin buat para pekerjanya, agar mereka bisa bekerja dari rumah. Sistem ini biasa dilakukan dalam dunia bisnis digital. Namun, sedikit perusahaan yang benar-benar memastikan, bahwa digital talent yang sudah direkrut bisa bekerja secara terintegrasi dengan mereka.

Memang tujuan awal diciptakannya sistem kerja secara remote seperti ini adalah untuk membuat karyawan merasa lebih nyaman dan bebas bekerja. Namun, saat karyawan Anda bekerja dengan sistem jarak jauh, tentu mereka sulit berinteraksi secara efektif, seperti halnya kalau mereka datang langsung di kantor dan bertatap muka dengan Anda. Akan sulit bagi mereka untuk memahami betul strategi dan sistem produksi perusahaan Anda.

Jadi, saat merekrut digital talent, yang perlu Anda lakukan yakni benar-benar merancang “strategi talent” yang berfokus pada “kebutuhan unik akan digital talent”, dan mengetahui bahwa setiap pendekatan yang dilakukan untuk merekrut tenaga kerja perlu dirancang secara berbeda, sesuai dengan talent yang dicari.

Kurangnya Training Skill Digital di Perusahaan

Dalam perusahaan, biasanya ada perbedaan signifikan antara digital skill yang dimiliki seorang employee dan lainnya. Namun, tindakan nyata untuk menyamaratakan skill tersebut biasanya jarang dilakukan.

Hampir 50% perusahaan tidak begitu serius dalam mengelola digital talent yang mereka miliki. Jadi, mereka memiliki potensi, namun tidak ada langkah yang dilakukan untuk mengembangkannya. Adapun training yang diberikan juga tidak untuk semua talent namun hanya sebagian saja. Ini yang membuat skill mereka jadi tidak merata.

Tidak Ada Penjelasan Tentang Pentingnya Peranan Digital Talent

Saat perusahaan telah bertekad bulat untuk hiring digital talent, sudah selayaknya mereka memahami pentingnya bergerak maju menuju transformasi digital ini. Sayangnya, sejumlah perusahaan masih belum berhasil menyampaikan hal tersebut kepada karyawannya. Perusahaan gagal menjelaskan alasan pentingnya talent ini bagi bisnis mereka.

Ini membuat employee merasa tidak engaged dengan perusahaan. Bahkan, training yang diberikan perusahaan pun dinilai tidak berarti dan membosankan bagi mereka. Maka dari itu, jika Anda ingin mengoptimalkan digital talent, ciptakan lingkungan kerja yang memprioritaskan skill, kompetitif, dan berikan reward untuk kinerja mereka. Hal ini tentu akan  membuat pengembangan digital skill di perusahaan Anda makin optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram