Tidak Kunjung Dapat Kandidat Tepat, Alasannya Mengejutkan

Tidak Kunjung Dapat Kandidat Tepat, Alasannya Mengejutkan
Photo by bruce mars on Unsplash

Anda mungkin kerap kali berpikir bahwa tidak ada kandidat yang tepat untuk dipekerjakan di perusahaan Anda. Hal ini juga dirasakan oleh sejumlah bisnis lainnya dengan bidang industri apa saja.

Meski demikian, sebenarnya ada banyak kandidat yang berpotensi di luar sana, dan mereka juga menunggu untuk dipekerjakan.

Terkadang, tanpa disadari perekrut kerja juga membuat kesalahan dalam merekrut, sehingga rasanya sulit untuk mendapatkan kandidat yang tepat.

Yuk simak alasan utama perusahaan Anda tidak kunjung mendapat kandidat yang tepat bersama match recruitment:

Tidak Mau Melepaskan Karyawan Lama

Permasalahan ini masih sering terjadi hingga hari ini, di perusahaan mana pun. Seringkali, owner bisnis memang tidak mau melepas karyawannya yang sudah tidak lagi bekerja dengan performa baik.

Padahal, mereka tahu bahwa karyawan tersebut sebenarnya sudah tidak layak dipertahankan. 

Hal ini bahkan dialami oleh 99% owner bisnis di seluruh dunia. Jadi, meskipun mereka mengetahui ada karyawannya yang harus dilepaskan, mereka tetap tidak melakukannya.

Solusinya mudah, silahkan Anda lepaskan karyawan tersebut demi kemajuan bersama di perusahaan.

Tidak Memiliki Koneksi yang Bagus

Di era digital seperti sekarang, sudah ada media sosial seperti Facebook, Twitter hingga LinkedIn. Rasanya, tidak ada alasan bagi Anda untuk tak memiliki jejaring sosial yang aktif.

Karena, sekarang sudah bukan zamannya Anda menuliskan lowongan pekerjaan di koran, yang mana ini membuat Anda makin susah dan lama mendapatkan kandidat. 

Jadi, gunakan jejaring Anda terutama media sosial. Biarkan orang-orang tahu bahwa perusahaan Anda sedang mencari karyawan baru dengan skill tertentu. Ini akan membuahkan hasil yang lebih signifikan.

Menilai Skill Diri Sendiri Secara Berlebihan

Ini bisa menjadi salah satu alasan paling menyusahkan bagi owner bisnis. Dikarenakan rasa bangga terhadap skill yang Anda miliki, Anda jadi gengsi dan merasa bahwa tidak ada orang lain yang bisa mengerjakan pekerjaan Anda sebaik Anda.

Lalu, karena Anda memegang standar tinggi, akhirnya Anda bekerja sebagai owner yang mengelola bisnis sekaligus menjalankan sistem kerja di dalamnya secara langsung. 

Namun, perlu Anda sadari bahwa ada seseorang, dan sebenarnya bahkan banyak orang, yang bisa mengerjakannya sebaik Anda, hanya jika Anda menunjukkan jalannya dan mempercayai mereka.

Begitu Anda melakukan ini, perusahaan Anda akan langsung kebanjiran kandidat dengan kualifikasi tinggi.

Bisnis Anda Tidak Memiliki Identitas

Setiap perusahaan memerlukan wajah, budaya dan identitas. Tanpa adanya image yang kuat seperti ini, tentu saja Anda sulit menarik perhatian orang-orang dengan skill hebat.

Anda seperti tidak memiliki sesuatu yang bernilai untuk diberikan kepada mereka sebagai timbal baliknya. Bahkan, orang-orang tidak tahu bahwa perusahaan Anda itu ada. 

Lalu, apa yang menjadi identitas unik Anda? Mengapa orang-orang ingin menjadi bagian dari tim Anda? Jika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan sederhana tersebut, berarti waktunya Anda melakukan sejumlah perbaikan.

Terus-Menerus Yakin Bahwa Tidak Ada Kandidat Tepat

Satu lagi penyebab Anda sulit mendapatkan tenaga kerja yang qualified, yakni Anda terus saja yakin kalau tidak ada kandidat yang sesuai harapan di luar sana. Ini keliru. Ada banyak orang hebat di mana pun di seluruh dunia ini.

Jadi, yang perlu Anda lakukan yakni memiliki harapan yang kuat untuk bisa menemukan mereka. Terus buka mata Anda. Jangan lupa, bersikaplah positif selama proses rekrutmen berlangsung. Optimisme Anda akan menuntun Anda kepada kandidat yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram