4 Tips Penting Bangun Personal Branding di Sosial Media

4 Tips Penting Bangun Personal Branding di Sosial Media
Photo by Keren Levand on Unsplash

Di era digital seperti saat ini, media sosial sudah menjadi hal yang paling dekat dengan kehidupan kita. Dimana banyak pasang mata dari berbagai belahan dunia dapat melihat siapa kita hanya dengan berselancar di internet saja. Oleh karena itu, Personal Branding menjadi hal yang sangat penting untuk memperlihatkan bagaimana kita menampilkan diri kepada dunia.

Apa itu Personal Branding?

Dikutip dari Forbes, Personal Branding merupakan kombinasi unik dari keterampilan dan pengalaman yang membuat kita menjadi diri kita sendiri. Ini merupakan sebuah cara bagaimana kita ingin menampilkan diri kepada dunia. 

Personal Branding yang baik juga akan membedakan diri kita dengan para pesaing lain serta dapat membangun kepercayaan yang lebih. Membangun personal branding yang baik tidak dapat dilakukan dalam semalam. Oleh karena itu, yuk simak selengkapnya tips berikut!

Tips Penting Bangun Personal Branding di Sosial Media

Tentukan Fokusmu

Masih banyak orang yang tidak memiliki fokus dan selalu berusaha menjadi segalanya. Padahal, dengan memiliki satu fokus tertentu akan membuat konten kita konsisten dengan satu topik khusus dan mudah diingat dalam komunitas yang ditargetkan. Perlu diingat, semakin spesifik fokus yang kita pilih, semakin mudah orang lain mengingat siapa kita.

Jadilah Dirimu Sendiri

Menjadi diri sendiri akan memudahkan kita mengelola konten yang kita sajikan kepada para audiens setiap harinya. Seperti yang dikatakan oleh Justin Wu, seorang pendiri CoinState, "Jadilah ahli dalam suatu bidang sebelum mulai membangun personal branding. maka kontenmu akan membantu memperkuat siapa dirimu sebenarnya."

Singkatnya, jika kita memiliki keahlian di satu bidang, reputasi diri kita sendirilah yang akan membantu kita membangun image yang kita inginkan.

Bercerita

Allen Gannett, chief strategy officer di Skyword sekaligus penulis The Creative Curve menjelaskan bahwa strategi branding yang paling efektif saat ini adalah membangun narasi yang baik. Ia juga menegaskan jika kita tidak menceritakan sebuah kisah, kita telah kehilangan setengah dari audiens potensial kita.

Maka dari itu, mulailah bercerita mengenai keahlian yang kita miliki. Bagikan kepada para audiens dan biarkan mereka ikut serta menyebarluaskan cerita kita kepada dunia.

Konsisten

Konsisten berkonten dan bercerita tentang fokus yang dipilih membuat kita menjadi jauh lebih mudah untuk dikenali. Kita harus bisa menunjukan konsistensi diri di seluruh media sosial yang kita miliki, karena satu saja inkonsistensi kecil yang kita lakukan dapat menggagalkan efektivitas branding yang sudah lama kita bangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram