Tips Menentukan Jenjang Karir yang Tepat Untukmu!

Tips Menentukan Jenjang Karir yang Tepat Untukmu!
Photo by Brendan Church on Unsplash

Dengan banyaknya pilihan karir diluar sana, bagaimana cara untuk memilih jenjang karir yang tepat untukmu? Terlebih lagi, bagaimana jika saat ini kamu berada di fase galau karena tidak memiliki arah, tidak tahu apa yang kamu inginkan, dan merasa harus bisa segalanya tanpa tujuan yang tepat.

Jangan khawatir, match recruitment akan memberimu tips menentukan jenjang karir yang tepat agar kamu tidak tersesat lagi!

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita bahas apa sih sebenarnya jenjang karir itu?

Apa itu Jenjang Karir atau Career Path?

Menurut fairygodboss, jenjang karir atau yang biasa disebut career path adalah urutan pekerjaan yang membentuk rencana karirmu, atau tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk karir kamu. Career path biasanya berarti pertumbuhan vertikal — atau kemajuan ke posisi tingkat yang lebih tinggi. 

Jenjang karir bervariasi dari orang ke orang tergantung pada tujuan mereka, keadaan hidup mereka dan bagaimana mereka mengubah tujuan mereka dari waktu ke waktu. Pada intinya, jenjang karir berarti berganti pekerjaan secara teratur, meskipun jumlah pekerjaanmu mungkin akan berbeda berdasarkan hasil akhir yang kamu inginkan.

Bagaimana Cara Menentukan Career Path?

Ketahui industri dan pekerjaan seperti apa yang kamu inginkan

Langkah pertama dalam membuat rencana karir adalah dengan mencari tahu kemana kamu ingin pergi. Identifikasi pekerjaan dan peran seperti apa yang kamu inginkan.

Jika kamu masih bingung untuk menentukan industri dan pekerjaan seperti apa yang kamu impikan, mengikuti tes bakat karir bisa jadi solusi utama yang akan membantumu mengetahui pekerjaan seperti apa yang sesuai dengan kemampuanmu.

Identifikasi keterampilan yang perlu kamu kembangkan

Selanjutnya, Identifikasi keterampilan yang kamu perlukan untuk mendapatkan setiap peran dalam rencana karirmu. Kemudian, catat proyek yang perlu kamu kerjakan, pelatihan yang perlu kamu dapatkan, dan pencapaian profesional — seperti mengelola tim — yang harus kamu capai untuk mencapai setiap keterampilan.

Proses ini dapat membuat perjalanan mu terasa lebih nyata, dan membentuk fondasi yang kuat untuk tujuan karirmu sehari-hari.

Konsultasi dengan seorang mentor

Seorang mentor akan lebih memahami seluk beluk peran dalam rencana karirmu. Temukan mentor terpercaya untuk membahas rencana karirmu.

Kemudian, pertahankan mereka agar kamu dapat mengajukan pertanyaan kepada mereka saat kamu mempertimbangkan peluang kerja baru, atau saat rencanamu berubah.

Biarkan rencana karirmu tetap fleksibel

Setiap jenjang karir seseorang akan cenderung berubah ketika keadaan hidup dan prioritas mereka berubah. Tangkap setiap peluang baru yang kamu sukai dan jangan pernah menghindar.

Beri dirimu sedikit ruang untuk berpikir kembali mengenai tujuan karir apa yang sebenarnya kamu impikan.

Lakukan penelitian tentang bagaimana orang-orang di industri yang kamu mau bisa sampai pada posisi mereka saat ini. Take your time, setiap orang memiliki waktunya masing-masing. Jangan terburu-buru, dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram