Tips Menjawab Interview: Ada Pertanyaan Untuk Saya?

Tips Menjawab Interview: Ada Pertanyaan Untuk Saya?
Photo by Edmond Dantès from Pexels

Interview adalah tahapan penting untuk kita sebagai jobseeker mendapatkan pekerjaan. Karena melalui interview, team HRD bisa mengetahui skill, karakter, dan pengalaman kamu secara langsung. Interview juga salah satu tahapan untuk melihat apakah kamu cocok dengan pekerjaan yang kamu lamar, Jadi persiapkan interview kamu dengan matang ya!

Dan saat HRD sudah membuka sesi tanya jawab, disitulah kesempatan yang baik untuk mengumpulkan informasi tentang pekerjaannya dan perusahaan yang kamu minati.

Tidak ada salahnya loh kalau kamu mengajukan pertanyaan untuk HRD, karena itu menunjukan seberapa kamu antusiasnya dengan pekerjaan yang kamu lamar. Berikut tips cara menjawab interview "ada yang ingin ditanyakan?"

Baca juga: Cara Menjawab Pertanyaan Interview: Apa Rencana Kamu 5 Tahun Ke Depan

Be Thoughtful

Jadilah kandidat yang perhatian. Logikanya seperti ini, kamu dan HRD baru saja kenalan satu jam yang lalu dan tidak mungkin kan kalau kamu tidak punya pertanyaan sama sekali sama orang yang baru kenal.

Kalau kamu tidak punya pertanyaan sama sekali, kesan yang akan muncul oleh HRD itu pertama kamu cuek, kamu gak perduli sama interview nya dan kedua kamu orang yang mudah putus asa.

Jadi prinsipnya, kalau kamu tertarik dan sungguh-sungguh dengan perusahaan yang kamu lamar pasti kamu akan tunjukin ketertarikan itu dengan riset dan menyiapkan pertanyaan yang relevan dengan posisi dan perusahaan yang kamu lamar.

Membuat List Pertanyaan

Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kepribadian kamu dan jenis perusahaan yang kamu lamar. Hal ini dilakukan supaya kamu lebih siap saat ditanya "apakah ada pertanyaan".

Walaupun kamu sudah membuat daftar pertanyaan, tetapi sering kali kamu juga harus menyesuaikan lagi dengan kondisi saat interview. Jangan bertanya hal yang sudah dijawab saat proses interview.

Satu hal yang penting untuk diingat dalam menyiapkan pertanyaan yaitu, dengan siapa kamu melakukan wawancara?. Ada dua jenis pewawancara, pertama staf sumber daya manusia (HRD) dan kedua calon manajer/user kamu.

HRD dan user memiliki kualifikasi yang berbeda loh, jadi pertanyaan yang diajukan juga berbeda. Jadi persiapkan pertanyaan sesuai dengan siapa kamu wawancara.

Jangan Bertanya Terlalu Banyak

Bayangkan kamu sudah ngobrol selama 40 menit dan kamu bertanya terlalu banyak, mungkin HRDnya sudah lelah atau ada interview lain setelah kamu.

Berusahalah membataskan pertanyaan kamu ke maksimum 3-4 pertanyaan. Dan lebih dari itu kamu bisa di anggap annoying dan terkesan kamu usaha banget oleh HRD.

Contoh pertanyaan untuk HRD

Karena HRD adalah orang yang sangat memahami perusahaan secara keseluruhan. Maka dari itu, pilihlah pertanyaan yang sesuai dengan perusahaan tempat akmu melamar.

  1. Adakah jenjang karir untuk posisi yang saya lamar?
  2. Apa seleksi selanjutnya setelah interview ini?
  3. Bagaimana budaya kerja di perusahaan ini?
  4. Jika saya lolos ke tahap selanjutnya, kapan saya akan di hubungi?

Contoh Pertanyaan Untuk USER

Berbeda dengan HRD, user adalah orang yang lebih memahami bagaimana soal pekerjaan yang harus kamu lakukan jika kamu diterima.

  1. Dengan siapa saya akan sering bekerja sama?
  2. Bagaimana alur kerja (posisi yang kamu lamar) di perusahaan ini?
  3. Hal-hal teknis yang sesuai dengan pekerjaan dan posisi kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram