Tips Menjawab Pertanyaan Interview: Apa Rencana Kamu 5 Tahun Ke Depan?

Tips Menjawab Pertanyaan Interview: Apa Rencana Kamu 5 Tahun Ke Depan?
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Walaupun ada beberapa pertanyaan interview yang bisa kita prediksi, tapi tidak jarang juga ada pertanyaan yang harus kita siapin dengan matang loh jawabannya. Dari beberapa pertanyaan HRD, salah satu yang sering muncul adalah pertanyaan "Apa Rencana Kamu 5 Tahun Ke Depan?"

HRD tidak semata-mata loh menanyakan pertanyaan ini ke kamu, ada 2 hal yang HRD ingin tahu dari kamu. Pertama motivasi, orang yang sudah mempersiapkan hidupnya untuk 5 tahun ke depan, di mata HRD kamu orang yang sudah punya tujuan hidup yang jelas. Kedua, seberapa bisa kamu diandalkan. Kalo misalkan kamu merencanakan hidup kamu aja kamu ga bisa apa lagi kalo kamu di minta untuk merencanakan sebuah project.

Terlihat klasik untuk sebuah pertanyaan ini, tapi pertanyaan ini jadi salah satu tolak ukur kelayakan kamu bekerja loh. Yuk simak disini gimana tips cara menjawabnya!

Hubungkan rencanamu dengan posisi yang kamu lamar

Kalau kamu sudah bisa sampai ke tahap interview, artinya kamu punya daya tarik dan kemampuan untuk bekerja di posisi yang kamu lamar. Jawablah sesuai dengan benang merah yang mengarah ke posisi yang kamu lamar.

Misalnya gini, kamu melamar sebagai HRD dan 5 tahun ke depan kamu ingin jadi HR manager. Bukan hanya itu, kamu juga harus menceritakan kalau kamu ingin mendalami tentang rekrutmen, learning dan development training.

Kaitkan dengan job description

Hal ini penting untuk mengaitkan jawaban kamu dengan job deskripsi yang kamu lamar.

Misal kamu ingin menjadi content writer. dalam beberapa tahun ke depan kamu mengikuti kursus menulis artikel, ikut seminar, belajar tentang SEO dan SEM.

Disini HRD melihat, apakah kamu akan terus berkontribusi dengan perusahaan dan memuaskan keinginanmu sendiri.

Hubungkan dengan ketertarikan kamu atau passion yang kamu punya

Jangan lupa ceritain juga passion kamu dan ketertarikanmu yang sejalan dengan posisi yang kamu lamar.

Ceritakan apa yang kamu suka dan yang ingin kamu kembangkan. Dan hal yang membuat kamu selalu berenergi kalau melakukanya.

Contohnya kalau kamu melamar sebagai sales. Hubungkan rencana kamu sama ketertarikanmu kalau kamu senang bertemu dengan orang-orang baru dari beragam posisi mereka. Inget ya, jawab yang jujur dan yang benar-benar kamu suka, bukan mengarang.

Jelaskan rencana yang realistis dan optimis

Kebanyakan orang sangat yakin saat di wawancara dengan menunjukan rasa optimis yang tinggi tapi tidak realistis. Saat kamu menyampaikan keinginan kamu 5 tahun ke depan, optimis dan realistis tidak boleh dipisahkan.

Misalnya rencana kamu 5 tahun ke depan ingin jadi CEO perusahaan. Tapi nyatanya kamu aja masih berstatus fresh graduate yang belum punya pengalaman.

Optimis itu memang perlu, tapi harus di ingat juga kalo dunia nggak seramah yang kamu bayangin. Akan ada tantangan diluar sana yang siap menghadang kamu.

Kamu juga harus memperhitungkan resiko dan segala hal yang akan menjadi batu kerikil di setiap langkah karir kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram