Tips Menjawab: Kenapa Kamu Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami?

Tips Menjawab: Kenapa Kamu Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami?
Foto oleh mentatdgt dari Pexels

Dalam suatu sesi interview pekerjaan, pastinya pertanyaan “Kenapa kamu tertarik bekerja di perusahaan kami?” sudah menjadi hal yang umum ditanyakan oleh recruiter.

Meskipun seringkali ditanyakan,  namun pertanyaan ini pun sangat menantang untuk dijawab.

Ketika kamu menjawab pertanyaan ini dengan asal dan tanpa persiapan. Akan sangat berisiko terhadap keputusan yang akan diambil oleh recruiter yang meng-interviewmu kala itu.

Ini tentang bagaimana kamu sebagai seseorang yang ingin melamar pekerjaan dapat meyakinkan recruiter perusahaan untuk memberikan peluang terbuka ini kepadamu atau tidak .

Pertanyaan ini sangat penting bagi perusahaan untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan company culture mereka.

Karena pastinya setiap perusahaan ingin mempekerjakan seorang kandidat yang tertarik bekerja dan percaya pada visi misi perusahaan serta ingin berkontribusi baik untuk memberikan dampak positif terhadap klien maupun lingkungan kerja perusahaan.

Lantas, bagaimana cara menjawab pertanyaan “mengapa kamu tertarik bekerja di perusahaan kami?” dengan baik?

Yuk simak selengkapnya di kesempatan kali ini bersama match recruitment!

Tips Menjawab: Kenapa Kamu Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami?

Kunci utama menjawab pertanyaan ini adalah dengan menerapkan mindset bahwa pikirkan lebih banyak tentang apa saja yang dapat kamu tawarkan kepada perusahaan dan bagaimana skill mu dapat membuat dampak yang baik bagi kemajuan perusahaan daripada berfokus pada apa saja keuntungan yang kamu dapat dari pekerjaan tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika kamu menjawab pertanyaan tersebut:

Bagaimana Kamu Dapat Membantu Keberhasilan Perusahaan?

Lakukan riset mengenai apa yang terjadi dengan perusahaan serta keseluruhan industrinya. Pastikan kamu mendapatkan informasi ter up-to-date agar penjelasan yang kamu paparkan bisa sesuai dengan kondisi perusahaan dan industri masa kini.

Pikirkan apa apa saja pengetahuan dan pengalaman yang kamu miliki yang nantinya akan berguna bagi kesuksesan perusahaan dimasa yang akan datang.

Prestasi masa lalu apa yang berpotensi dapat kamu ulangi di perusahaan ini?

Dalam pekerjaan sebelumnya, ceritakan bagaimana kamu kemampuanmu dapat melampaui harapan perusahaan? Masalah apa saja yang sudah berhasil kamu selesaikan?

Apa peran utama kamu dalam lingkungan kerja perusahaan? Serta pelajaran apa saja yang sudah kamu pelajari dan akan kamu terapkan di masa depan untuk menciptakan nilai bagi calon pemberi kerja?

Bagaimana Kamu Dapat Melengkapi Budaya Perusahaan?

Tak dapat dipungkiri, kemampuan kandidat untuk menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan merupakan faktor utama dan penting bagi banyak recruiter.

Lakukanlah riset mengenai budaya perusahaan tempatmu melamar, agar jawaban yang kamu keluarkan dapat sesuai dengan yang perusahaan harapkan. Tunjukan bahwa kamu sangat tertarik bekerja di perusahaan tempatmu melamar saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram