Begini Caranya Kalau Kamu Mau Merekrut Kandidat Yang Lebih Baik

Begini Caranya Kalau Kamu Mau Merekrut Kandidat Yang Lebih Baik
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Bagi seorang recruiters, tidak ada yang lebih memuaskan daripada keberhasilan merekrut kandidat yang keterampilannya sesuai dengan posisi terbuka dan juga selaras dengan budaya perusahaan mereka.

Namun, tak selamanya proses perekrutan akan berjalan mulus dan mudah. Ada kalanya ketika recruiters pun  mendapati kesulitan dan segala macam rintangan dalam merekrut kandidat yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Ketika seorang recruiters melakukan kesalahan dalam perekrutan, itu merupakan sebuah kesalahan yang sangat mahal harganya.

Seperti yang dikatakan oleh Jeppy Sim, CEO & Founder match recruitment, “Don’t make hiring mistakes. Because it will cost you 14 times that person’s salary”

Tidak hanya berdampak pada keuangan perusahaan, itu juga akan mempengaruhi produktivitas kantor dan moral karyawan perusahaan.

Meskipun begitu, tidak ada metode yang menjamin sepenuhnya menghindari kesalahan dalam perekrutan.

Namun, ada beberapa cara untuk secara signifikan mengurangi risiko recruiters memilih kandidat yang salah sambil memastikan kamu merekrut kandidat terbaik untuk posisi yang terbuka.

Mau tau kiat-kiat merekrut kandidat yang lebih baik dalam proses perekrutan?

Yuk simak selengkapnya konten di atas bersama match recruitment!

Begini Caranya Kalau Kamu Mau Merekrut Kandidat Yang Lebih Baik

Pastikan Postingan Pekerjaan Sudah Akurat

Tinjau kembali postingan pekerjaan yang akan diiklankan. Pastikan kamu menggambarkan pekerjaan itu secara detail, akurat, dan mudah dipahami. Postingan pekerjaan yang baik harus menggambarkan apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan itu.

Cantumkan juga tanggung jawab pekerjaan utama agar para kandidat lebih mudah untuk memahami scope pekerjaan yang akan dilakukan nantinya.

Buat Proses Rekrutmen Sepraktis Mungkin

Proses rekrutmen yang mudah dan praktis akan membantu meminimalisir kemungkinan perginya kandidat ke tempat lain. Proses perekrutan merupakan cerminan dari perusahaanmu.

Menjaga Hubungan Baik Dengan Kandidat

Ketika recruiter menemukan kandidat yang tidak sesuai dengan lowongan pekerjaan yang terbuka tetapi melihat potensi dalam dirinya yang kemungkinan bagus di masa depan.

Buatlah sistem seperti komunitas talent yang dapat membantumu tetap terhubung dengan mereka.

Jangkau Channel yang Tepat

Manfaatkan platform sosial media tempat para kandidat banyak menghabiskan sebagian waktu mereka untuk berselancar mencari lowongan pekerjaan. Dan jangan lupakan komunitas talent perusahaan juga dimanfaatkan untuk pencarian kandidat yang berkualitas secara cepat dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram