Jangan Salah Pilih, Ketahui Akibat Bad Hiring untuk Perusahaan

Bad hiring

Saat melakukan perekrutan, tentu Anda melakukan berbagai proses. Mulai dari menyebarkan iklan lowngan pekerjaan, mengenali kandidat yang cocok, melakukan tes dan wawancara, hingga memutuskan siapa orang yang paling sesuai untuk menjadi karyawan baru.

Anda pun merasa terkesan dengan kemampuan individual dari masing-masing kandidat selama proses rekrutmen. Anda memberikan pekerjaan kepada mereka dan kemudian berharap bahwa karyawan baru tersebut akan bekerja dengan baik.

Namun, ternyata tidak seberapa lama setelah karyawan baru tersebut masuk, mereka tidak memberikan performa seperti yang Anda harapkan. Bahkan, mereka bisa disebut dengan bad hire.

Hal tersebut ditandai dengan sejumlah hal, seperti tidap menepati deadline, sering berargumen dengan rekan kerjanya, mengabaikan visi, misi dan value perusahaan, serta bekerja dengan upaya paling minimum saja di kantor. Jadi, seorang bad hire tidak maksimal sama sekali dalam bekerja.

Meski demikian, hal ini bisa dihindari jika Anda Anda lebih cermat, dan berhati-hati saat sedang melalui proses wawancara dengan calon karyawan tersebut. Jadi, Anda bisa mengenali karakteristiknya lebih awal.

Pentingnya Merekrut Orang Terbaik

Sebenarnya, perusaahaan itu mengalami kerugian lebih besar dibandingkan waktu, uang dan tenaga, ketika merekrut dan mempekerjakan orang yang salah. Bahkan, semestinya sejak awal kandidat tersebut tidak perlu diterima bekerja di perusahaan.

Ini karena saat ada bad hire seperti demikian, maka produktivitas yang seharusnya bisa berjalan dengan baik, itu jadi menurun. Dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan kerugian yang lebih besar pada perusahaan. Jadi, kuncinya adalah mengamati kandidat dengan sangat teliti dan hati-hati saat mereka masih menjalani proses tes dan wawancara.

Berikut adalah kerugian utama akibat dari bad hiring:

Hilangnya Produktivitas

Jika Anda melakukan bad hiring, dan karyawan tersebut tidak bisa mengerjakan job-nya dengan efektif atau tak sebaik employee sebelumnya, maka ini sama saja dengan membuang waktu. Dalam jangka panjang, ini juga akan berdampak pada performa seluruh tim.

Saat ada karyawan yang tidak cakap seperti demikian, maka employee lainnya akan mulai bertanya-tanya mengapa mereka jadi mengerjakan pekerjaan yang bukan merupakan job description mereka. Tanpa disadari, beban tersebut malah jadi bertambah pada karyawan lainnya, sehingga lama-kelamaan ini akan menurunkan produktivitas, serta tidak mencapai target.

Semangat Kerja Menurun

Ketika seorang bad hire bekerja di bawah kapasitas normal, karena skill atau motivasinya yang kurang, maka ini juga dapat berimbas pada keseluruhan tempat kerja. Hal pertama yang akan terkena akibatnya adalah semangat kerja karyawan.

Sekarang, jika semua karyawan menerima bayaran yang sama, padahal ada seorang atau dua orang karyawan lainnya bekerja tidak maksimal, sehingga pekerjaan mereka harus di-cover oleh teman kerja lainnya, maka ini akan menimbulkan gesekan. Attitude negatif dari bad hire dapat membuat atmosfer kerja menjadi tidak enak, bahkan menurunkan semangat karyawan lainnya.

Rugi Biaya Mencari Pengganti

Untuk mencari karyawan baru itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda harus membuat job descrtiption, menyebarkan iklan lowongan melalui media, lalu membaca CV, resume dan surat lamaran yang masuk bahkan terkadang puluhan jumlahnya, sampai mengadakan tes dan wawancara.

Semua upaya tersebut menghabiskan waktu, uang dan tenaga dari tim di dalam perusahaan Anda. Makanya, jika terjadi bad hiring, maka ini akan merugikan perusahaan lebih besar lagi, dan bukannya mendatangkan keuntungan. Jadi, pastikan Anda benar-benar bahwa kandidat tersebut memang layak dan terbaik untuk posisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram