Kesalahan Umum dalam Perekrutan Karyawan Secara Online

Masalah umum tim HR
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Proses rekrutmen secara online kini semakin menjadi tren. Jadi, kandidat tidak perlu datang langsung ke kantor untuk melakukan tes dan wawancara. Anda sebagai recruiter juga tidak perlu bertatap muka secara langsung dengan kandidat yang melamar pekerjaan. Namun, terkadang ini juga memicu kendala saat proses rekrutmen.

Biasanya, rekrutmen yang dilakukan secara online sendiri merupakan pencarian karyawan untuk perusahaan yang juga bergerak di bidang e-commerce. Sementara, peluang kerja di industri tech seperti ini juga sangat besar, tetapi talent yang ada jumlahnya terbatas. Selain itu, sebaik apapun upaya recruiter, pasti ada saja kendala yang dialami. Bahkan, ini sudah menjadi hal yang umum terjadi.

Oleh karena itu, jika Anda lebih memahami tentang kesalahan recruiter dalam merekrut karyawan secara online, maka Anda bisa melakukan langkah yang lebih tepat untuk menghindarinya. Berikut kesalahan yang paling sering dilakukan dalam proses rekrutmen online.

Tidak Menyebutkan Nama Perusahaan Saat Menyebarkan Lowongan Pekerjaan

JIka Anda tidak mencantumkan nama perusahaan Anda, maka ini bisa mempersulit kandidat Anda. Para job seeker akan bingung. Mereka tidak tahu nama perusahaannya, bidang industrinya juga, sehingga bisa jadi itu tidak sesuai dengan passion mereka. Maka dari itu, untuk menghindari bad hiring juga, jangan lupa cantumkan nama perusahaan serta bidang industri Anda.

Meminta Kandidat Menghubungi Perusahaan Tanpa Menjelaskan Tentang Job Description

Terkadang memang ada kebijakan yang membatasi perusahaan dalam menyampaikan posisi dan job description secara detail, saat menyebarkan lowongan. Lalu, perusahaan pun meminta job seeker agar menelepon atau mengirimkan email untuk melamar pekerjaan. Ini bisa menimbulkan ketidakcocokan antara skill kandidat dengan posisi pekerjaannya. Jadi, ini malah menyulitkan Anda sendiri.

Menempatkan Kandidat pada Posisi Pekerjaan yang Tidak Sesuai dengan Skill-nya

Terkadang memang sulit menempatkan kandidat dengan skill tertentu yang spesifik pada posisi pekerjaan yang paling pas dan sesuai. Apalagi, kalau skill tersebut amat sangat khusus, misalnya seperti kemampuan kandidat lulusan pertanian atau geografi.

Kenyataannya, tidak sedikit perusahaan yang menempatkan saja kandidat tersebut pada posisi pekerjaan, yang sebenarnya tidak sesuai dengan skill-nya. Ini justru berpotensi membuat performa karyawan tersebut jadi tak efektif. Sebaiknya Anda jelaskan betul tentang job description-nya kemudian cari kandidat dengan skill yang memang sesuai.

Keliru Menyebutkan Nama Kandidat Saat Berkomunikasi dengan Mereka

Keliru memanggil nama seseorang merupakan kesalahan yang wajar dilakukan oleh siapa saja. Apalagi, jika Anda juga terbiasa menerima ratusan email setiap harinya terkait job desc Anda. Namun, satu kesalahan ini saja sudah bisa menimbulkan dampak yang negatif terhadap kandidat potensial Anda. Apalagi, jika Anda dan dia sudah beberapa kali berkomunikasi.

Menyebutkan Kalau Anda Tidak Sengaja Melihat Profil Kandidat Tersebut Lalu Merasa Tertarik

Ini sangat klise. Kandidat Anda tahu bahwa Anda pasti menerima lamaran yang jumlahnya ratusan atau puluhan setiap hari. Jadi, Anda pun tidak memiliki cukup waktu untuk benar-benar membacanya satu per satu.

Namun, jika Anda mengucapkan kata-kata tersebut, ini bisa membuat kandidat potensial Anda merasa kurang diapresiasi. Seakan-akan Anda sebenarnya tidak peduli dengan lamaran pekerjaan darinya. Hanya kebetulan saja saat Anda membuka emailnya, Anda merasa tertarik.

Akan lebih baik jika Anda tidak mengucapkan “kebetulan” atau “tidak sengaja”, melainkan Anda memang tertarik dengan portofolio kandidat tersebut.

Kesimpulannya, dengan menghindari kesalahan rekrutmen online, maka Anda lebih berpotensi mendapatkan calon karyawan yang paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram