Masalah Umum Paling Sering Dihadapi Oleh Tim Human Resource

Masalah umum tim HR
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Setiap perusahaan pasti mengalami masalah di tiap divisinya, terutama HRD atau human resource department. Tim HRD yang bertanggung jawab untuk manajemen karyawan hingga perekrutan juga mengalami kendala yang cukup menantang.

Apalagi, bagi bisnis kecil yang biasanya belum memiliki sistem manajemen yang tertata rapi. Jadi, terkadang divisinya pun masih belum lengkap. Anda pun masih memiliki satu atau dua orang staf HRD saja, yang bertugas menyelesaikan berbagai pekerjaan mereka.

Namun, terlepas dari skala bisnisnya baik kecil maupun besar, semua pemilik perusahaan harus mengenal perusahaannya. Ini akan membantu mereka mengatasi masalah serta tantangan yang biasa dihadapi.

Berikut adalah masalah yang paling sering dihadapi oleh tim HRD:

Kepatuhan Atas Hukum dan Peraturan

Terus mengikuti perubahan peraturan ketenagakerjaan, merupakan tantangan yang besar bagi pemilik bisnis. Akhirnya, banyak perusahaan yang mengabaikan hukum dan peraturan resmi tersebut, karena dirasa sulit untuk diaplikasikan pada bisnis mereka. Namun, ini juga berarti Anda mengabaikan hukum, serta melanggar peraturan resmi yang sudah ditetapkan pemerintah.

Maka dari itu, seberapapun ukuran skala bisnis Anda, baik itu besar maupun kecil, penting untuk memastkan bahwa Anda mematuhi hukum dan peraturan ketenagakerjaan daerah, provinsi hingga nasional. Adapun regulasi yang terkait yakni mulai dari sistem perekrutan, hingga gaji dan tunjangan, sampai keselamatan di tempat kerja.

Perubahan Manajemen Perusahaan

Seiring pertumbuhan perusahaan, strategi, struktur dan sistem di dalamnya pun akan ikut berkembang. Sejumlah karyawan mungkin akan merasa kewalahan menghadapi perubahan ini. Banyak perusahaan yang mengalami penurunan produktivitas karyawan selama masa perubahan tersebut.

Oleh karena itu, Anda perlu fokus untuk mengkomunikasikan keuntungan dari perubahan yang terjadi, kepada seluruh karyawan. Mulailah dengan rutin mengadakan regular meeting. Saat tim Anda mengerti alasannya, lalu sistemnya, juga kapan waktunya perubahan itu terjadi, mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri.

Perkembangan Leadership

Studi terkini menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga perusahaan menerapkan sistem pengembangan leadership secara standar saja, dan tidak mengalami perkembangan. Jadi, program pengembangan leadership yang dilakukan itu masih kurang optimal hingga saat ini. Padahal, ini penting.

Pengembangan leadership dibutuhkan untuk menjaga engagement tim manajemen Anda, membuat mereka terus termotivasi, serta mampu diserahi tanggung jawab yang semakin besar di masa yang akan datang. Coba berikan motivasi kepada mereka untuk mengembangkan skill sekaligus mencapai target yang Anda buat. Ini dapat memicu semangat mereka.

Training dan Pengembangan Skill Karyawan

Terkadang yang menjadi kendala dalam menyelenggarakan training adalah kesulitan perusahaan dalam menemukan narasumber atau trainer yang qualified. Perlu dicatat bahwa Anda tidak harus membayar biaya paling mahal untuk training.

Anda bisa memberikan kompensasi untuk manajer senior, agar mereka memberikan training bermanfaat kepada para karyawan. Jadi, mempercayakannya kepada karyawan internal saja juga bisa.

Beradaptasi dengan Teknologi

Teknologi itu selalu berubah. Ini membuat bisnis Anda harus bisa cepat beradaptasi. Jika tidak, maka perusahaan Anda bisa jadi tertinggal dari yang lainnya. Tantangannya bagi perusahaan terutama bisnis kecil adalah melatih karyawan agar mampu menyesuaikan diri dengan teknologi baru.

Anda perlu membiasakan karyawan agar mau menerima inovasi teknologi yang terbaru. Caranya yakni selalu berkomunikasi dengan karyawan. Pastikan mereka memahami sistem yang baru, dengan teknologi terbaru pula, bagaimana cara mengaplikasikannya dalam pekerjaan.

Dengan mengetahui berbagai macam masalah yang sering dialami oleh HRD, Anda bisa lebih mudah menentukan peraturan dan kebijakan di perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram