Home
 » 
Resources » Headhunter Insight » Berapa Besar Biaya Headhunter Untuk Mendapat Kandidat Terbaik?

Berapa Besar Biaya Headhunter Untuk Mendapat Kandidat Terbaik?

Share This Post!

biaya headhunter

Dalam dunia kerja, rekrutmen karyawan adalah hal yang sering ditemukan. Apalagi, karyawan yang memiliki skill atau kualifikasi khusus dapat menggunakan ilmu mereka untuk memajukan perusahaan. Akan tetapi, semakin tinggi persyaratan skill yang dimiliki, semakin sulit pula Anda mendapatkan kandidat yang tepat. Tak heran, banyak perusahaan yang menggunakan jasa headhunter. Ini merupakan fenomena unik. Terutama, apabila mengingat biaya headhunter yang tidak murah.

Walaupun biaya jasa headhunter lumayan menguras kantong perusahaan, perusahaan yang menggunakan jasa mereka tak terhitung banyaknya. Ini membuktikan bahwa headhunter memiliki peranan penting dalam menggaet calon kandidat dengan kualifikasi terbaik yang dibutuhkan oleh perusahaan. Yuk, kenali lebih dekat mengenai jasa rekrutmen satu ini.

Apa Itu Headhunter?

apa itu headhunter

Pertama-tama, Anda perlu mengenal headhunter terlebih dulu. Istilah headhunter memang masih terdengar asing di telinga masyarakat. Beberapa perusahaan mungkin tidak familier dengan bidang profesi satu ini. Banyak yang menganggap bahwa headhunter dan recruiter merupakan profesi yang sama. Sekilas, keduanya memang memiliki kesamaan. Baik headhunter dan recruiter sama-sama bertugas untuk merekrut calon karyawan untuk bekerja di suatu perusahaan.

Akan tetapi, ada beberapa perbedaan yang membuat keduanya berbeda. Headhunter tidak terikat dengan perusahaan manapun. Seorang headhunter biasanya bekerja di bawah nama agensi headhunter maupun bekerja secara mandiri. Berbeda dari recruiter yang merupakan bagian internal dari perusahaan tersebut. Perusahaan yang menggunakan jasa headhunter biasanya menginginkan rekomendasi calon karyawan untuk mengisi posisi yang sulit dan tidak bisa diisi oleh karyawan lain yang bekerja di perusahaan yang sama.

Berapa Biaya Jasa Headhunter

berapa biaya headhunter

Tertarik untuk menggunakan jasa headhunter? Anda perlu mempersiapkan budget yang cukup besar. Biaya headhunter bisa dibilang lumayan mahal. Apalagi, jika dibandingkan dengan jasa recruiter maupun outsourcing. Namun, biaya yang Anda keluarkan tentunya akan terasa sangat sepadan dengan hasil yang diberikan oleh headhunter tersebut. Jadi, berapakah biaya headhunter?

Rata-rata jasa headhunter mematok biaya layanan sebesar 20% - 30% dari gaji karyawan setahun penuh. Apabila dilihat secara sekilas, harga yang harus dibayarkan memang lumayan mahal. Itulah mengapa, perusahaan hanya menggunakan jasa headhunter untuk membantu mencarikan rekomendasi kandidat karyawan yang benar-benar dibutuhkan dan krusial keberadaannya. Ya, anggap saja biaya yang dikeluarkan merupakan investasi atas kandidat karyawan yang direkomendasikan.

Bagaimana Cara Kerja Headhunter

cara kerja headhunter

Dengan biaya jasa headhunter yang cukup mahal, Anda pastinya penasaran bagaimana para headhunter ini bekerja menemukan kandidat terbaik. Dengan memanfaatkan network yang luas, para headhunter ini akan melakukan penelitian, membandingkan data, hingga menghubungi kandidat yang mereka nilai berkompetensi di bidang yang diminta oleh perusahaan.

Umumnya, headhunter ini melakukan pencarian menyeluruh lewat website pencarian kerja profesional seperti LinkedIn dan platform media sosial. Mereka bahkan juga bisa menemukan kandidat pasif untuk menjadi calon karyawan di perusahaan Anda. Setelah kandidat-kandidat tersebut dihubungi, mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti proses rekrutmen yang berlaku di perusahaan tujuan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tata cara headhunter bekerja:

  1. Headhunter menganalisis pasar tenaga kerja, mempelajari tren, dan membuat daftar jenis-jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan saat ini, termasuk pekerjaan yang membutuhkan skill langka.
  2. Mereka akan mengidentifikasi orang-orang dengan kualifikasi tinggi untuk pekerjaan tersebut dengan memanfaatkan berbagai sumber dan jejaring.
  3. Headhunter melakukan kurasi terhadap bakat-bakat tersebut berdasarkan kemampuan, keahlian, dan pengalaman, kemudian membuat database yang berisi profil kandidat potensial untuk direkrut.
  4. Apabila profil yang dibutuhkan klien tidak ada di dalam database, maka headhunter akan mencari di luar, menandai target, dan menyarankannya ke klien.
  5. Headhunter akan mendekati kandidat secara personal, berkomunikasi intensif, dan memberikan tawaran pekerjaan dari perusahaan klien.
  6. Jika kandidat yang menjadi target sedang bekerja di perusahaan, maka mereka akan bernegosiasi untuk membujuk mereka agar bersedia bergabung di perusahaan klien.
  7. Headhunter akan mempertemukan klien dengan kandidat untuk melakukan wawancara dan menyepakati tawaran kerja. Ini adalah titik penentu keberhasilan headhunter. Mereka disebut berhasil jika bisa menyalurkan kandidat kepada perusahaan klien hingga kandidat itu di terima.
  8. Setelah kandidat menjadi karyawan di perusahaan tersebut, barulah mereka mendapat recruitment fee.

Apa yang Kita “Beli” dari Headhunter

keuntungan headhunter

Perusahaan yang menggunakan jasa headhunter memang sangat terbantu. Headhunter bisa dibilang merupakan rekruiter eksekutif yang dibutuhkan untuk menjangkau kandidat berpotensi untuk menduduki posisi yang krusial dalam perusahaan. Dengan menggunakan jasa dari headhunter, potensi terjadinya kekosongan posisi strategis bisa dihindari. Dengan menyewa jasa headhunter, berikut ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Waktu

Salah satu tantangan terbesar saat membuka rekrutmen perusahaan adalah ketika Anda tak kunjung menemukan kandidat yang cocok. Apalagi, untuk posisi strategis yang pastinya harus segera terisi. Kekosongan posisi bisa terjadi selama berbulan-bulan. Sehingga, mengakibatkan hambatan operasional dalam perusahaan. Dengan menggunakan jasa headhunter, perusahaan bisa langsung mendapatkan kandidat yang diperlukan dalam hitungan minggu. Jadi, penggunaan jasa headhunter benar-benar bisa menghemat waktu.

Investasi SDM

Dengan membayar jasa headhunter, perusahaan juga bisa mendapatkan keuntungan berupa investasi SDM. Headhunter hanya akan merekrut calon karyawan yang memiliki kualifikasi terbaik. Untuk itu, mereka bahkan melakukan riset menyeluruh dan melakukan perbandingan untuk mendapatkan kandidat karyawan yang tepat. Jadi, Anda tidak perlu melakukan screening kandidat potensial. Karena, semuanya sudah dilakukan oleh headhunter. Calon kandidat tersebut juga sudah siap untuk mengikuti prosedur rekrutmen yang berlaku.

Produktivitas

Saat melakukan perekrutan, biasanya perusahaan jadi mengalami penurunan produktivitas. Apalagi, jika posisi yang dicari sangat krusial. Misalnya, untuk jenis jabatan direktur atau general manager. Namun, produktivitas perusahaan bisa tetap terjaga dan lancar dengan bantuan headhunter. Mereka mampu memaksimalkan network yang dimiliki untuk mendapatkan kandidat yang memenuhi syarat. Perusahaan juga bisa lebih fokus kepada hal-hal lain yang tak kalah penting lainnya.

Akhir Kata

Ingin tahu lebih banyak mengenai biaya jasa rekrutmen dan kelebihan headhunter? Baca dan cari tahu lebih lanjut lewat situs match recruitment. Anda bisa mengetahui lebih dalam mengenai seluk-beluk dan keuntungan dari menggunakan jasa headhunter. Bagi yang ingin menggunakan jasa headhunter juga bisa berkonsultasi terlebih dulu mengenai biaya headhunter dan sebagainya. Sehingga, Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dengan menggunakan layanan rekruiter elite ini.


Share This Post!