Home
 » 
Resources » Headhunter Insight » Mengenal Recruitment Agency Berserta Jenis dan Manfaatnya

Mengenal Recruitment Agency Berserta Jenis dan Manfaatnya

Share This Post!

Mengenal Recruitment Agency Berserta Jenis dan Manfaatnya

recruitment agency

Di dalam sebuah perusahaan, usaha perekrutan karyawan baru adalah hal penting yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, tingkat produktivitas perusahaan yang optimal hanya bisa diwujudkan lewat sinergi yang dihasilkan oleh karyawan di perusahaan. Perusahaan bisa melakukan screening atau seleksi karyawan melalui recruitment agency.

Istilah recruitment agency mungkin tidak terlalu asing di telinga. Penggunaan jasa agensi rekruit juga sebenarnya sudah sangat lazim dilakukan. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang kurang familier dengan jasa ini. Ayo cari tahu lebih lanjut mengenai seluk-beluk mengenai usaha agensi rekrutmen ini.

Apa Itu Recruitment Agency?

Sesuai namanya, recruitment agency adalah sebuah kantor agensi yang menawarkan jasa perekrutan calon karyawan. Mereka biasanya bergerak untuk menemukan kandidat karyawan untuk perusahaan sesuai dengan kualifikasi yang diberikan. Perusahaan akan memberikan informasi mengenai job description dan persyaratan kemampuan yang harus dimiliki oleh kandidat.

Berbekal informasi tersebut, recruitment agency akan langsung bergerak untuk membuat lowongan dan menemukan kandidat yang dibutuhkan. Penggunaan jasa ini bisa digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan keahlian khusus untuk posisi jabatan tertentu.

Namun, sering kali agensi rekrutmen menyediakan jasa rekrutmen karyawan mulai dari fresh graduate hingga level profesional. Karena, mereka biasa diminta untuk merekrut tenaga karyawan dalam jumlah yang besar. Dengan banyaknya pilihan, perusahaan pun jadi semakin leluasa menentukan jasa rekrutmen yang mereka butuhkan.

Jenis-jenis Recruitment Agency

jenis recruitment agency

Jenis jasa agensi rekrutmen seperti apa yang Anda butuhkan? Walaupun jasa agensi ini sebenarnya sudah tidak lagi asing, namun masih banyak orang yang tidak mengetahui jenis-jenis dari recruitment agency. Padahal, dengan mengetahuinya Anda bisa menentukan jenis layanan agensi rekrutmen professional seperti apa yang cocok dan dibutuhkan oleh perusahaan. Jenis recruitment agency Indonesia terbagi menjadi 5, yaitu:

Traditional Agency

Traditional agency merupakan salah satu jenis recruitment agency yang paling umum. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukan jenis agensi rekrutmen satu ini. Perekrut yang bekerja di bawah jenis agensi ini biasanya tidak akan menerima bayaran apabila perusahaan yang menjadi klien mereka tidak mengambil kandidat karyawan yang sudah diajukan.

Selain itu, agensi ini biasanya menawarkan garansi jika calon karyawan yang sudah terpilih memutuskan untuk berhenti atau tidak sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Garansi tersebut biasanya meliputi pergantian calon karyawan dengan yang baru atau pengembalian uang.

Karena itulah, perekrut dari agensi rekrutmen tradisional ini biasanya benar-benar memastikan kandidat mereka siap untuk masuk ke dalam dunia kerja. Mereka biasanya lebih berkenan untuk mendukung kandidat karyawan dengan cara menawarkan berbagai sumber daya yang dibutuhkan. Perekrut ini juga biasanya tidak ragu-ragu untuk menghubungi dan mewawancarai kandidat yang terpilih melalui telepon.

Executive Agency

Beberapa posisi jabatan di dalam perusahaan terkadang memang sangat sulit untuk terpenuhi. Untuk peranan yang sangat krusial tersebut tentunya Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih recruitment agency yang tepat. Layanan dari executive recruitment agency merupakan pilihan yang sangat tepat untuk Anda.

Executive agency merupakan agensi perekrutan yang memang berfokus untuk menemukan karyawan yang sesuai untuk mengisi posisi eksekutif atau senior di perusahaan. Jabatan yang biasanya membutuhkan bantuan dari executive agency biasanya sangat strategis dan cenderung sulit untuk terpenuhi. Pasalnya, pencarian kandidat terkait ini juga seringkali dilakukan secara rahasia. Selain itu, banyak perusahaan yang mengalami kesulitan karena skill set yang dibutuhkan memang lebih kompleks dibandingkan tenaga kerja biasa.

Bagaimana cara executive agency menemukan kandidat yang tepat untuk posisi penting di perusahaan? Mereka akan melakukan headhuntingHeadhunting ini biasanya dilakukan oleh headhunter yang memiliki spesialisasi dan pengalaman di bidang tertentu. Mereka bergerak sesuai dengan kriteria dari perusahaan untuk menemukan kandidat dengan skill yang sesuai dengan spesialisasi yang mereka miliki.

Para headhunter ini mencari kandidat secara aktif melalui jaringan relasi, pasar tenaga kerja maupun platform LinkedIn dan sejenisnya. Proses seleksi yang dijalankan oleh headhunter memang sangat ketat. Setelah menemukan kandidat yang cocok, pihak agensi akan menyerahkan kandidat tersebut kepada perusahaan untuk mengikuti tes seleksi dan wawancara.

Temporary Agency (Temp Agency)

Sesuai namanya, temporary agency merupakan agensi rekrutmen yang menawarkan pencarian pelamar untuk masa kerja yang terbatas. Ini bisa saja terjadi apabila perusahaan mengalami kekurangan tenaga di waktu-waktu tertentu saja. Tentunya, merekrut karyawan baru tidak hanya memakan waktu yang terlalu lama. Tetapi, hal tersebut juga sia-sia, karena peran mereka hanya dibutuhkan di waktu-waktu tertentu saja. Di masa modern, pekerjaan ini sering disebut sebagai freelance.

Temporary agency merupakan agensi yang tepat bagi perusahaan yang membutuhkan tenaga pekerja lepas atau freelance. Mereka biasanya bersedia untuk bekerja di bawah perusahaan tersebut dengan menggunakan sistem kontrak. Perusahaan yang menggunakan jasa kandidat dari temp agency ini biasanya bersedia membayar harga yang lebih mahal dibandingkan dengan gaji karyawan mereka.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang pekerja lepas, ada baiknya untuk mengetahui masa akhir dari kontrak tersebut. Dengan demikian, Anda bisa langsung menemukan project lainnya saat waktu kontrak berakhir. Walaupun, ada kalanya seorang freelance akan mendapatkan penawaran menjadi pegawai full time dan permanen di perusahaan tersebut. Apalagi, jika kandidat tersebut menunjukkan etos kerja yang baik dengan hasil yang memuaskan.

Contingency Agency

Sama seperti traditional agencycontingency agency menawarkan metode pembayaran fee yang sangat menggiurkan. Bagi perusahaan klien yang menggunakan layanan dari contingency agency. Mereka hanya perlu mengeluarkan biaya apabila kandidat yang diajukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ini bisa menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin menekan biaya perekrutan.

Agensi perekrutan kontingensi ini biasanya menjangkau para kandidat karyawan dengan memanfaatkan network yang mereka miliki. Jasa agensi ini biasanya menerima beberapa klien perusahaan sekaligus. Jenis perekrutan yang umumnya diterima oleh contingency agency adalah perekrutan kandidat non spesialisasi.

Industry-specific Agency

Industry-specific agency adalah agensi rekrutmen yang bergerak di bidang industri khusus. Pihak perekrut hanya merekrut pelamar dengan bidang spesialisasi khusus di bidang industri yang lebih spesifik. Misalnya, mereka hanya merekrut tenaga kerja yang bekerja di bidang khusus manajemen atau yang berhubungan dengan teknologi.

Agensi ini biasanya sudah memiliki akses dan koneksi dengan perusahaan yang bergerak di bidang khusus. Jenis perekrutan yang ditawarkan bisa jadi bersifat sementara atau bahkan permanen, tergantung perusahaan membutuhkan karyawan seperti apa.

Manfaat Menggunakan Recruitment Agency

manfaat recruitment agency

Tertarik menggunakan jasa recruitment agency? Jasa ini memang menawarkan banyak sekali keuntungan. Salah satu alasan perusahaan memakai jasa ini adalah efisiensi waktu. Perusahaan tidak perlu membuang waktu yang terlalu banyak untuk mengisi posisi tertentu.

Dengan menggunakan jasa dari recruitment agency, mereka bisa dengan mudah membantu perusahaan menemukan kandidat yang tepat. Untuk posisi yang strategis dan sulit untuk diisi sekalipun bisa langsung mendapatkan calon kandidat yang sesuai tanpa harus menunggu berbulan-bulan.

Selain efisiensi waktu, menggunakan jasa recruitment agency juga memudahkan perusahaan untuk menemukan sumber daya manusia yang berkualitas. Para kandidat yang ditawarkan oleh agensi rekrutmen sudah pasti memiliki kompetensi yang mumpuni. Mereka dipilih karena memiliki prestasi yang sangat gemilang di dalam profesinya. Kandidat-kandidat tersebut juga pastinya memiliki rekam jejak yang sangat bagus.

Layanan yang disediakan oleh recruitment agency juga pastinya akan sangat meringankan beban perusahaan. Terutama, bagi mereka yang bekerja di bidang HR. Tim HR perusahaan tidak perlu menjalankan proses rekrutmen karyawan yang sangat lama dengan hasil yang belum pasti. Mereka hanya perlu mempersiapkan tes dan wawancara untuk para kandidat yang sudah ditawarkan oleh agensi perekrut.

Akhir Kata

Itulah penjelasan lengkap mengenai agensi rekrutmen mulai dari pengertian, manfaat dan jenisnya, sekarang Anda pun sudah lebih memahami perusahaan jasa ini. Dengan perkembangan yang terus maju, memang tidak mudah untum menemukan kandidat yang sesuai. Karena itulah, ada kalanya Anda membutuhkan jasa agensi rekrutmen untuk lebih menghemat waktu dan biaya.

Ingin menggunakan jasa recruitment agency atau headhunter Indonesia? match recruitment merupakan headhunter recruitment agency Jakarta yang menawarkan layanan perekrutan calon karyawan berkualitas dan sangat terpercaya. Mereka siap membantu Anda untuk menemukan jenis layanan rekrut karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Coba konsultasi gratis dengan match recrutment sekarang!


Share This Post!