Home
 » 
Resources » Headhunter Insight » Tujuan Penting dan Manfaat Talent Management dalam Perusahaan

Tujuan Penting dan Manfaat Talent Management dalam Perusahaan

Share This Post!

Tujuan Penting dan Manfaat Talent Management

Setelah mengetahui tujuan talent management menyebabkan banyak perusahaan yang mulai menyadari pentingnya talent management atau manajemen bakat yang diterapkan pada karyawan dan kandidat. Perusahaan yang berencana untuk meningkatkan teknologi Human Resourcing biasanya berinvestasi lebih dari 50% dalam aplikasi talent management.

Tidak sulit untuk mengetahui alasan kenapa software talent management menjadi prioritas. Semakin ke sini, banyak perusahaan makin fokus pada pengembangan dampak positif untuk setiap karyawannya. Perusahaan ingin membahagiakan karyawannya sehingga  karyawan pun mampu memberi performa yang lebih untuk perusahaan. Sebenernya, apa saja sih tujuan talent management berserta manfaatnya?

Menarik Kandidat Terbaik

Ada banyak posisi di perusahaan yang persaingannya besar. Sayangnya, tak jarang perusahaan merekrut karyawan yang kurang tepat untuk posisi penting tersebut. Hal ini disebabkan karena kurangnya komunikasi dengan karyawan atau kandidat yang sebenarnya memenuhi kualifikasi. Penyebab lainnya yaitu tidak ada dorongan untuk kandidat yang tepat untuk melamar.

Karena itu, komunikasi dan penggunaan software dengan teknologi terbaru dibutuhkan. Software semacam ini akan membantu dan memudahkan kandidat dan pelamar untuk mengetahui apakah mereka sesuai dengan posisi yang ditawarkan. Karena itu, salah satu tujuan talent management adalah untuk membantu perusahaan agar dapat lebih mudah menyaring kandidat terbaik.

Meningkatkan Performa Karyawan

Dengan mengaplikasikan talent management, perusahaan jadi lebih mudah mengidentifikasi mana saja karyawan yang cocok untuk posisi tertentu. Sehingga, performa karyawan bisa meningkat karena mereka berada di posisi yang tepat. Sedangkan. menempatkan karyawan di posisi yang kurang tepat dan kurang mereka sukai, dapat menyebabkan penurunan semangat kerja

Karyawan akan memberikan kemampuan terbaik mereka saat mengejarkan tugas yang mereka sukai. Sehari-hari, mereka akan berkerja dengan nyaman dan menikmati pekerjaan. Mereka akan lebih semangat bekerja dan biasanya juga bertahan lebih lama di perusahaan tersebut.

Performa karyawan juga dapat ditingkatkan lewat berbagai training. Pastikan untuk memberikan program training yang tepat pada karyawan yang tepat. Program training yang berkualitas juga menjadi salah satu faktor kandidat melamar ke sebuah perusahaan.

talent management meningkatkan performa karyawan

Menjaga Talent Kompeten Perusahaan

Manfaat talent management berikutnya adalah untuk menjaga talent kompeten perusahaan. Talent management yang sistematis membuat perusahaan mampu mengambil keputusan secara konsisten untuk peningkatan karyawannya. Biasanya, perusahaan semacam ini mengadakan program training yang jelas untuk meningkatkan performa karyawan.

Dengan begitukaryawan akan diuntungkan secara individual. Peningkatan kinerja karyawan pun sangat berdampak untuk tujuan perusahaan. Karena, karyawan akan lebih merasa terhubung pada setiap tugas yang diberikan.

Adanya prosedur yang sistematis dan transparan di dalam perusahaan mendorong karyawan untuk memiliki rasa percaya lebih tinggi pada perusahaan. Ini akan membantu perusahaan untuk membentuk syarat operasional yang sesuai. Talent kompeten perusahaan pun dapat terjaga baik.

Meningkatkan Performa Bisnis

Selalu menjaga talent management yang baik di dalam perusahaan akan membantu karyawan untuk lebih termotivasi. Karenanya karyawan  merasa lebih diperhitungkan dalam setiap tugas. Karyawan pun mampu meningkatkan kemampuan mereka.

Secara umum, karyawan jadi bekerja sejalan dengan tujuan utama perusahaan. Dengan begitu, karyawan mampu membantu meningkatkan performa bisnis secara signifikan. Tujuan perusahaan pun dapat dicapai dengan lebih cepat karena karyawan paham betul apa tujuan perusahaan dan apa tujuan pribadi mereka.

Meningkatkan Kepuasan Klien

Jika perusahaan melakukan pendekatan yang sistematis pada talent management, maka ada integrasi di dalam organisasi dan pendekatan konsisten dari manajemen. Ketika sistem di dalam perusahaan lebih terintegrasi, maka performa perusahaan akan meningkat secara keseluruhan.

Di saat inilah, pada umumnya klien akan merasa lebih puas dibandingkan sebelumnya. Sehingga, tingkat kepuasan klien meningkat dalam jumlah yang signifikan. Perusahaan jadi lebih mengerti apa yang dibutuhkan klien. Dengan begitu, keinginan dan kebutuhan klien pun lebih dimengerti dan dapat diwujudkan dengan baik.

Memperdalam Interaksi Karyawan

memperdalam interaksi karyawan sehingga tidak turnover

Fungsi talent management berikutnya adalah mampu memperdalam interaksi karyawan. Sejak awal disebutkan bahwa perlu ada komunikasi yang terjalin di dalam perusahaan untuk mengetahui kemampuan karyawan. Komunikasi tidak hanya berlangsung antara departemen HR ke karyawan, atau antara atasan dengan bawahan, tapi juga antar sesama karyawan.

Dengan talent management yang tepat, karyawan dapat ditempatkan di posisi yang tepat. Untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, ada kalanya karyawan harus bekerja sama. Karena itu, mereka harus memiliki komunikasi yang baik. Di saat inilah interaksi antar karyawan bisa semakin diperdalam. Adanya komunikasi dalam porsi yang tepat akan mempermudah berbagai tugas terselesaikan dengan baik.

Mengurangi Turnover Karyawan

Talent management juga memiliki tujuan untuk mengurangi turnover karyawan pada perusahaan. Seorang karyawan yang berada di posisi kurang tepat mungkin terlihat sebagai orang yang malas. Padahal mungkin bukan itu masalahnya. karena berada di posisi yang salah, karyawan tersebut tidak termotivasi sama sekali untuk bekerja, apalagi menyelesaikan tugas mereka. Karyawan seperti itu jadi terlihat sebagai seorang pemalas dan kemudian dianggap sebagai karyawan yang buruk.

Padahal jika karyawan tersebut ditempatkan di posisi yang tepat, mungkin saja performanya berubah 100%. Ia akan semangat menyelesaikan tugasnya sebaik mungkin karena tahu apa yang harus lakukan. Dengan begitu, ia termotivasi untuk datang ke perusahaan setiap harinya. Karyawan akan lebih betah bekerja di perusahaan tersebut dan turnover karyawan pun berkurang.

Pengalaman Onboarding Lebih Baik

pengalaman onboarding terbaik

Pengalaman onboarding adalah impresi pertama karyawan akan suasana kerja di perusahaan tertentu. Tentu saja impresi pertama sangatlah penting. Alih-alih menjelaskan perusahaan pada karyawan baru dengan Power Point, tentu karyawan baru akan lebih menikmati proses yang riil. Cara terbaik saat ini adalah adanya mentor yang akan memperkenalkan karyawan baru pada perusahaan tersebut.

Mentor akan menjelaskan tugas pada karyawan baru sesuai posisi mereka dengan lebih baik. Pengalaman onboarding yang lebih personal seperti ini akan memberi perbedaan besar dibandingkan dengan pengalaman onboarding yang memberikan presentasi simpel. Karyawan baru akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan mentor, training, tugas-tugas mereka, lingkungan kerja, dan lain sebagainya.

Peningkatan Karir Karyawan

Dengan talent management yang strateginya tepat, maka perusahaan memiliki peluang untuk mendapatkan tenaga kerja yang semakin bertalenta dan berkemampuan tinggi. Karyawan tidak hanya bekerja, tapi mereka mampu meningkatkan nilai dalam diri mereka sebagai karyawan perusahaan dan individu.

Saat nilai karyawan semakin meningkat, maka karir karyawan pun dapat meningkat. Karyawan jadi punya nilai lebih dan terlihat lebih menarik dari kacamata perekrut atau perusahaan. Karena kontribusi besarnya bagi perusahaan memiliki hasil yang baik, maka karir karyawan akan meningkat.

Adanya peningkatan karir yang jelas, membuat karyawan lebih bersemangat dalam bekerja dan memberikan performa yang optimal. Dibandingkan di lingkungan pekerjaan yang peningkatan karirnya abu-abu dan tidak terbuka jelas, karyawan akan merasa kurang termotivasi untuk menyelesaikan tugas terkecil sekalipun.

Talent management memiliki tujuan dan manfaat yang sangat berguna bagi perusahaan. Selain dapat membantu untuk kepentingan perusahaan, talent management juga membantu perusahaan untuk mengoptimalkan potensi yang ada pada karyawan mereka. Dengan demikian, hubungan baik antar karyawan dan perusahaan dapat terjaga. Hubungan seperti ini tentunya membawa dampak positif di lingkungan perusahaan sebagai tempat kerja yang ramah karyawan serta supportif untuk mendukung peningkatan karir karyawan.


Share This Post!