4 Alasan Mengapa Perusahaan Butuh Jasa Headhunter?

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Setiap perusahaan pasti pernah mengalami kesulitan dalam mencari kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tertentu yang membutuhkan keahlian dan pengalaman spesifik. Sementara posisi tersebut harus segera terisi. Umumnya, perusahaan membutuhkan jasa headhunter sebagai solusi utama dalam membantu mencarikan kandidat terbaik untuk mengisi posisi tersebut secara cepat.

Yuk kenali apa itu headhunter dan mengapa perusahaan membutuhkannya!

Apa itu Headhunter?

Headhunter, atau yang dikenal sebagai executive recruiter, merupakan sebuah perusahaan atau individu yang menyediakan jasa untuk merekrut kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tertentu dalam perusahaan.

Biasanya, perusahaan menggunakan jasa headhunter ketika ada posisi yang harus segera diisi tetapi belum ada kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Umumnya, para headhunter melakukan pencariannya secara eksekutif, oleh karena itu tugasnya disebut executive search.

Mereka hanya memerlukan detail informasi dari perusahaan seperti persyaratan, job description, pengalaman dan keahlian khusus yang wajib dimiliki seorang kandidat.

Setelah itu, mereka melakukan pencarian talent secara aktif dari berbagai platform media sosial untuk diserahkan kepada perusahaan.

Mengapa Perusahaan Butuh Jasa Headhunter?

Mendapatkan kandidat terbaik

Para headhunter memiliki jaringan profesional yang luas dan list kandidat potensial yang dapat membantu mereka untuk menemukan kandidat terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Umumnya, mereka juga memiliki akun layanan profesional LinkedIn, yang memberi mereka akses ke seluruh pengguna LinkedIn dan perekrut LinkedIn. Dengan ini, mereka dapat melakukan penelusuran yang akurat dan spesifik untuk membantu mereka menemukan orang yang tepat.

Setelah itu, mereka juga akan menyaring kembali kandidat potensial dengan sangat ketat sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman spesifik yang dibutuhkan. Sehingga, kandidat terpilih sudah terjamin merupakan kandidat terbaik bagi perusahaan.

Mempermudah proses rekrutmen

Menggunakan jasa headhunter juga membuat perusahaan tak perlu repot mereview ratusan bahkan ribuan CV yang pastinya melelahkan, memakan waktu yang sangat panjang, dan belum tentu terjamin kualitas kandidat yang diperoleh. Cukup berikan detail informasi seperti job description, persyaratan, keahlian khusus dan pengalaman spesifik kandidat yang dibutuhkan. Praktis kan?

Mempersingkat proses rekrutmen

Para Headhunter bergerak jauh lebih cepat dibandingkan dengan konsultan perekrutan tradisional. Umumnya, perusahaan membutuhkan waktu berbulan-bulan dalam menemukan kandidat yang tepat, tetapi para headhunter hanya membutuhkan waktu beberapa minggu saja. Alhasil, perusahaan tetap dapat beroperasi efektif karena kekosongan posisi cepat terisi.

Senjata rahasia perusahaan

Tidak seperti proses rekrutmen biasanya, jasa headhunter melakukan pendekatan yang bertarget untuk mengisi posisi yang ‘sulit diisi’ (hard-to-fill position) seperti posisi manager yang tidak ingin diiklankan. Maka dari itu, perusahaan headhunter seperti match recruitment merupakan senjata rahasia yang tepat bagi sebuah perusahaan untuk membantu mencarikan kandidat terbaik serta memberikan tenaga kerja yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram