Jarang Diketahui! Ini Fungsi Penting Tes Psikotes

Categories:
Tags:
Angelin Lu Prahsia  •  
June 6, 2021
Home » Resources » Recruitment 101 » Jarang Diketahui! Ini Fungsi Penting Tes Psikotes
Seberapa Pentingkah Psikotest dalam Perekrutan?
Photo by Green Chameleon on Unsplash

Selain untuk kebutuhan software HRD untuk mempermudah proses rekrutmen, Psikotes memiliki fungsi yaitu utama sebagai salah satu tolak ukur HRD dalam menilai karyawan. Dan menghindari perusahaan merekrut orang yang salah.Seseorang yang kompeten di bidangnya dan dapat dikatakan sebagai “ahli” belum tentu bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Inilah fungsi dari psikotes, mengukur hal-hal yang tidak terlihat dalam diri seseorang. Tetapi, Kenapa sih harus psikotest? kan bisa liat dari interview aja?

Fungsi Psikotes

Psikotes bersifat objektif dan mengacu pada norma-norma yang sudah ada. Bila menilai kemampuan calon karyawan hanya dengan apa yang dilihat saja, maka penilaian dapat menjadi subyektif dan tidak tepat. Selain itu, menurut CNNIndonesia, Psikotes berfungsi untuk mengetahui sifat, kepribadian, hingga karakter seseorang. Membantu recruiter atau HRD dalam memetakan potensi dan kemampuan seseorang agar dapat mengisi posisi yang tepat dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu psikotes dilakukan supaya hasil interview mendapat klarifikasi dan dapat dipertangung jawabkan.

Lalu, apa yang diukur dalam psikotes untuk membantu penilai rekruter?

Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Menyelesaikan masalah adalah salah satu soft skill yang dibutuhkan karyawan, terutama untuk pemimpin dan manajer di setiap bidang profesi.

Hal ini sangat penting untuk dilihat perusahaan saat merekrut. Bukan hanya kemampuan dalam menyelesaikan tugas, tetapi bagaimana kemampuan kita untuk dapat menyelesaikan masalah. Semakin besar kemampuan kita di bidang ini, semakin tinggi nilai jual kita di mata perusahaan.

Kecerdasan Emosional

Sebelum munculnya psikotest, banyak perusahaan yang masih merekrut berdasarkan nilai ijazah dan sejenisnya. Tetapi banyak karyawan yang memenuhi kualifikasi tersebut tidak bisa menunjukan kinerja yang baik dalam pekerjaan.

Maka dari itu psikotest dalam proses rekrutmen berfungsi untuk melihat seberapa baik kita mengelola emosi. Apakah sulit untuk diterima oleh banyak orang atau sulit bekerja sama dengan tim.

Kreativitas

Perusahaan melakukan rekrutmen untuk mendapatkan pekerja yang dapat diandalkan, tidak hanya sekedar robot. Sering kali banyak psikotest yang menyuruh kita untuk menggambarkan sesuatu atau melakukan aktivitas yang melibatkan imajinasi kita.

Hal itu berfungsi untuk menguji kreativitas kita dan yang diharapkan akan berguna saat menghadapi masalah dan tantangan di tempat kerja.

Kekuatan dan Ketahanan Mental

Kekuatan dan ketahanan mental kita sangat menentukan sikap kita dalam menghadapi tantangan dan pertumbuhan. Saat bekerja kita akan berhadapan dengan masalah, entah karena perbuatan sendiri, atau orang lain. Psikotest penting dilakukan pada pelamar untuk membantu menilai kemampuan kita dalam mengatasi tekanan-tekanan dalam pekerjaan.

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram