Kendala dalam Proses Rekrutmen Online yang Sering Terjadi

Categories:
Tags:
Angelin Lu Prahsia  •  
January 18, 2020
Home » Resources » Recruitment 101 » Kendala dalam Proses Rekrutmen Online yang Sering Terjadi
Masalah umum tim HR
Foto oleh Startup Stock Photos dari Pexels

Dalam proses rekrutmen online yang sedang menjadi tren saat ini, selalu terdapat kendala dalam prosesnya.Walau kandidat tidak perlu datang langsung ke kantor untuk melakukan tes dan wawancara. Tetapi, kamu sebagai recruiter terkadang harus berhati-hati karena perbedaan antara proses rekrutmen offline dan online.

Biasanya, rekrutmen yang dilakukan secara online dilakukan oleh perusahaan yang mencari karyawan di bidang e-commerce. Selain di bidang e-commerce, industri teknologi juga terkadang sering kedapatan menggunakan metode rekrutmen online ini. Walau terlihat lebih efisien, terkadang rekruter harus tetap berhati-hati. Karena sebaik apapun usaha kamu, tetap tidak luput dari kesalahan rekrutmen di bawah ini.

Mari kita simak, Apa saja kendala dalan proses rekrutmen online yang sering menimpa para rekruter? Kenali agar kamu tidak kena ya..

Tidak Menyebutkan Nama Perusahaan

Kalau kamu tidak menyebutkan nama sendiri, pasti tidak masalah. Tetapi, bila kamu tidak mencantumkan nama perusahaan, ini bisa mempersulit para kandidat. Kenapa? karena para job seeker akan bingung. Para pencari kerja ini bisa saja sudah melemparkan CV ke beberapa tempat sekaligus. Sehingga, mereka tidak tahu perusahaan mana yang menginterview mereka saat ini. Maka dari itu, untuk menghindari bad hiring, jangan lupa cantumkan nama perusahaan serta bidang industri kamu.

Tidak Menjelaskan Job Description

Terkadang memang ada kebijakan yang membatasi perusahaan dalam menyampaikan posisi dan job description secara detail saat menyebarkan lowongan. Lalu, perusahaan meminta job seeker agar menelepon atau mengirim email untuk melamar pekerjaan. Hal ini dapat dinilai tidak efisien karena bisa menimbulkan ketidakcocokan antara skill kandidat dengan posisi pekerjaannya. Jadi, hal ini malah menyulitkan diri kamu sendiri.

Terburu-Buru

Terkadang memang sulit menempatkan kandidat dengan skill tertentu yang spesifik pada posisi pekerjaan yang paling pas dan sesuai. Apalagi, kalau skill tersebut amat sangat khusus, misalnya seperti kemampuan kandidat lulusan pertanian atau geografi.

Kenyataannya, tidak sedikit perusahaan yang menempatkan begitu saja kandidat pada posisi pekerjaan, yang sebenarnya tidak sesuai dengan skill-nya. Ini justru berpotensi membuat performa karyawan tersebut jadi tak efektif. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu jelaskan dahulu job description yang dilakukan. Baru kemudian mencari kandidat dengan skill yang memang sesuai.

Keliru Menyebut Nama Kandidat

Kesalahan kecil ini dapat berdampak fatal bagi kamu, selain dinilai tidak professional. Salah dalam memanggil nama kandidat juga bisa diartikan ketidakseriusan kamu dalam interview. Memang kesalahan yang wajar bila melupakan nama seseorang sesekali, apalagi kalau kamu menerima ratusan email setiap harinya. Namun, satu kesalahan ini saja bisa menimbulkan dampak yang negatif terhadap kandidat potensial kamu. Terlebih bila kamu dan dia sudah beberapa kali berkomunikasi.

Tidak Membaca CV Kandidat

Ini sangat klise. Kandidat sudah tahu bahwa kamu pasti menerima lamaran yang jumlahnya ratusan atau puluhan setiap hari. Jadi, kamu tidak punya waktu untuk benar-benar membacanya satu per satu.

Namun, jika kamu mengucapkan kata-kata tersebut, ini bisa membuat kandidat potensial merasa kurang diapresiasi. Seakan-akan kamu sebenarnya tidak peduli dengan lamaran pekerjaan darinya. Hanya kebetulan saja saat sedang membuka emailnya, dan merasa tertarik.

Akan lebih baik kalau kamu tidak mengucapkan “kebetulan” atau “tidak sengaja”, melainkan memang tertarik dengan portofolio kandidat tersebut.

Kesimpulannya, dengan menghindari kendala dalam proses rekrutmen online yang sudah sangat sering dilakukan oleh rekruter. Semoga kamu bisa mendapatkan calon karyawan yang paling tepat dengan menghindari ranjau-ranjau kecil ini.

Tidak punya waktu untuk merekrut? kami siap membantu.

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram