Panduan Lengkap: Contoh Offering Letter dan Surat Panggilan Interview

Categories:
Tags:
Angelin Lu Prahsia  •  
April 26, 2022
Home » Resources » Recruitment 101 » Panduan Lengkap: Contoh Offering Letter dan Surat Panggilan Interview

contoh offering letter

Offering letter adalah surat penawaran kerja yang diberikan oleh perusahaan kepada kandidat yang telah berhasil lolos dari berbagai tahapan seleksi dan diterima sebagai calon karyawan. Meskipun berisi penawaran pekerjaan, namun surat ini memiliki tujuan yang lebih jauh yaitu untuk meyakinkan kandidat untuk bergabung ke perusahaann mengingat kualifikasi yang dimiliki dapat memajukan kinerja bisnis. Itulah alasannya surat penawaran pekerjaan tidak boleh disusun sembarangan dan contoh offering letter yang bagus sangat dibutuhkan untuk menjadi acuan.Tetapi, dibalik kerumitan pembuatannya, surat penawaran kerja memiliki satu tujuan yang utama yaitu meyakinkan kandidat dan penerima penawaran kerja yang ditawarkan.

Selain surat penawaran pekerjaan karyawan, dalam bidang rekrutmen, terdapat juga surat yang dikenal denga istilah surat panggilan interview. Berbeda dengan offering letter yang membutuhkan persetujuan kandidat untuk benar-benar diterima dan bekerja di suatu perusahaan. Surat panggilan wawancara ini tidak ada hubungannya dengen kesepakatan kerja karena masih dalam tahap seleksi. Namun tetap saja, supaya dapat menggambarkan mengenai citra perusahaan dengan baik maka surat panggilan wawancara juga perlu dirancang dengan baik berdasarkan contoh surat panggilan kerja yang ada.

Untuk mendapatkan ilustrasi yang lebih jelas, berikut beberapa contoh surat penawaran kerja karyawan dan surat panggilan interview yang dapat digunakan:

Contoh Format Penulisan Offering Letter Pekerjaan

Offering letter atau surat penawaran kerja memiliki sejumlah elemen yang wajib ada demi memberikan informasi yang jelas dan rinci kepada calon karyawan. Elemen tersebut juga berfungsi untuk meyakinkan kandidat bahwa bergabung dengan perusahaan adalah sebuah keputusan yang tepat, mengingat terdapat berbagai keuntungan yang akan didapatkan. Berikut ini adalah format offering letter yang dapat dijadikan sebagai acuan.

- Identitas perusahaan

- Salam pembuka

- Identitas kandidat

- Posisi atau jabatan pekerjaan

- Deskripsi pekerjaan, tugas dan tanggung jawab

- Tanggal mulai bekerja

- Upah, tunjangan dan keuntungan tambahan

- Sistem dan ketentuan cuti

- Batas waktu

- Penutup

- Salam penutup

Format penulisan surat penawaran kerja di atas dapat dikembangkan dengan memberikan informasi lengkap dan jelas mengenai masing-masing elemen. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah sentuhan personal yang membuat surat jadi lebih berkesan dan mengena untuk kandidat. Dengan begitu calon karyawan lebih termotivasi untuk berkontribusi di perusahaan tersebut karena merasa dihargai sejak awal bergabung.

Contoh Surat Panggilan Interview

Surat panggilan wawancara diberikan ketika kandidat telah lolos tahap kualifikasi. Biasanya panggilan wawancara kerja bersifat terbatas dalam setiap sesinya. Selama wawancara, kandidat disarankan mengenakan busana sesuai dengan informasi yang tertulis dalam surat serta membawa dokumen pendukung yang diminta. Berikut ini contoh surat panggilan interview yang dapat kamu jadikan referensi.

 

Berdikari Jaya
Jalan Moronoman 24, Yogyakarta

Yogyakarta, 10 April 2022

Nomor: 19/KBB/04/2022
Perihal: Panggilan Wawancara
Lampiran:

Yth. Sdri. Azizah Zulaikha
di tempat

Dengan hormat,

Menanggapi surat lamaran kerja Saudari, dengan ini kami mengharap kedatangan Saudari pada:

Hari, Tanggal: Kamis, 14 April 2022
Waktu           : 08.00 s.d selesai
Keperluan     : Wawancara kerja
Tempat         : Ruang Lokakarya PT Berdikari Jaya, Jalan Mornoman No. 24, Yogyakarta

Pakaian        : Formal rapi, bersepatu hitam

 

Demikian surat panggilan ini dibuat. Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 10 April 2022

Hormat kami,

 

Zalina Sihombing, M.Psi

Personalia

 

Contoh Surat Panggilan Kerja

Pada dasarnya, surat panggilan kerja serupa dengan offering letter yang menjelaskan bahwa kandidat diterima di suatu perusahaan untuk mengisi jabatan tertentu. Perbedaannya adalah pada surat panggilan kerja biasanya tidak disebutkan informasi mendetail tentang deskripsi pekerjaan, upah, ketentuan cuti dan lain sebagainya. Sedangkan surat panggilan kerja hanya menginformasikan penerimaan dan tanggal mulai bekerja. Berikut ini adalah contohnya:

 

Berdikari Jaya
Jalan Moronoman 24, Yogyakarta
________________________________________________________________________
Surat Panggilan Kerja
Nomor : 142/04/2022

Perihal : Panggilan kerja
Lampiran : –

Dengan Hormat,

Berdasarkan hasil tes serta wawancara yang diselenggarakan pada hari Senin, 11 April 2022, dengan ini kami, PT. Berdikari Jaya, bermaksud memberikan surat panggilan kerja kepada:

Nama : _____________
Jenis kelamin : _____________
Alamat : _____________

 

Sehubungan dengan hal tersebut, kami juga menginformasikan bahwa Saudara diharapkan bisa mulai aktif bekerja terhitung Sejak tanggal 18 April 2022 dengan menghadap ke bagian Personalia terlebih dahulu pukul 09.00.

Demikian surat panggilan kerja ini kami buat. Atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Yogyakarta, 10 April 2022

                                                                                             Hormat kami,

 

Zalina Sihombing, M.Psi

    Personalia

 

Contoh Surat Penawaran Kerja (Offering Letter)

Surat penawaran kerja atau offering letter bukan hanya berisi status penerimaan melainkan juga penawaran gaji, keuntungan, pengambilan cuti dan aspek lainnya yang akan didapatkan kandidat jika menerima pekerjaan tersebut. Selain itu, surat ini memiliki batas waktu untuk calon karyawan menanggapi penawaran dari perusahaan. Sehingga dokumen tersebut harus direspon dan dibalas secepatnya setelah mempertimbangkan berbagai hal. Berikut ini adalah contohnya:

MM / DD / YYYY

 

Nama Depan dan Belakang Kandidat, Gelar

Alamat Kandidat

Kota, Negara Bagian, Kode Pos

 

[Nama Kandidat] yang terhormat,

Kami dengan senang hati menawarkan kepada Anda posisi [penuh waktu, paruh waktu, dll.] Dari [jabatan] di [nama perusahaan] dengan tanggal mulai [tanggal mulai], bergantung pada [pemeriksaan latar belakang, formulir dan lainnya]. Anda akan melapor langsung ke [nama manajer / supervisor] di [lokasi kerja]. Kami yakin keahlian dan pengalaman Anda sangat cocok untuk perusahaan kami.

Dalam peran ini, Anda akan diminta untuk [menyebutkan secara singkat tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang relevan].

Gaji awal tahunan untuk posisi ini adalah [jumlah rupiah] yang harus dibayar secara [bulanan, tengah bulanan, mingguan, dll.] Dengan [setoran langsung, cek, dll.], Dimulai pada [periode pembayaran pertama]. Selain gaji awal ini, kami menawarkan Anda [diskusikan opsi saham, bonus, struktur komisi, dll. - jika berlaku].

Hubungan kerja Anda dengan [Nama Perusahaan] akan dilakukan sesuai keinginan, yang berarti Anda dan perusahaan bebas memutuskan hubungan kerja kapan saja dengan alasan apapun. Surat ini bukan kontrak atau jaminan kerja untuk jangka waktu tertentu.

Sebagai karyawan [Nama Perusahaan], Anda juga berhak atas program manfaat kami, yang mencakup [asuransi kesehatan, 401 (k), waktu liburan, dll.], Dan manfaat lainnya yang akan dijelaskan lebih detail di [buku pegangan karyawan, paket orientasi, dll.].

 

Harap konfirmasi penerimaan Anda atas penawaran ini dengan menandatangani dan mengembalikan surat ini sebelum [tanggal kadaluarsa penawaran].

Kami sangat senang Anda bergabung dengan tim kami! Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami kapan saja.

 

 

Hormat kami,

[Tanda tangan Anda]

 

[Nama Cetak Anda]

[Judul Pekerjaan Anda]

 

Tanda tangan:

Nama yang dicetak:

Tanggal:

 

Baik surat panggilan kerja, wawancara maupun offering letter, semuanya adalah dokumen formal yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan sehingga tidak boleh ada kekeliruan dalam penulisannya. Ada baiknya untuk melakukan double check terlebih dahulu sebelum mengirimkan surat agar segalanya sempurna dan citra perusahaan terjaga serta tercermin dari surat yang terstruktur dengan baik.

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram