Cara Membangun dan Menjaga Komunitas Talent, Recruiter Wajib Tahu!

Cara Membangun dan Menjaga Komunitas Talent, Recruiter Wajib Tahu!
Photo by Etienne Girardet on Unsplash

Belum banyak recruiter perusahaan yang mengetahui betapa pentingnya komunitas talent. Pasalnya, talent ini layaknya harta karun terpendam yang patut dijaga oleh sebuah perusahaan.

Keberadaannya dapat membantu para recruiter perusahaan dalam mencari dan menempatkan seorang kandidat berbakat untuk mengisi posisi kosong dalam perusahaan dengan lebih cepat dan sesuai. Pastinya, kekosongan posisi tidak akan lama dan tidak akan mengganggu produktivitas pekerjaan.

Lantas, bagaimana cara seorang recruiter untuk dapat membangun sebuah komunitas talent ini sekaligus menjaga hubungan baik dengan seluruh kandidatnya? 

Yuk simak selengkapnya bersama match recruitment!

Cara Membangun dan Menjaga Komunitas Talent

Kumpulkan Informasi dan Tambahkan Kandidat

Melalui proses rekrutmen biasanya para recruiter pasti menemukan kandidat yang berpotensi besar tetapi belum bisa dipekerjakan karena posisi yang belum sesuai atau karena alasan tertentu. 

Akan sangat disayangkan jika kandidat potensial seperti ini hanya dibiarkan pergi begitu saja. Kandidat potensial ini sangat cocok untuk dimasukan kedalam talent perusahaan tempatmu bekerja karena sewaktu-waktu ketika posisi yang cocok terbuka, recruiter akan lebih mudah menghubunginya kembali.

Berikan informasi dan bangun komunikasi yang baik dengan kandidat potensial tersebut. Katakan bahwa kamu sebagai recruiter terkesan dengan bakat, pengalaman, dan karakternya sehingga ingin memasukkannya ke dalam komunitas talent perusahaanmu untuk sewaktu-waktu dihubungi kembali.

Atau ada cara yang lebih efektif, kamu dapat menambahkan formulir di website perusahaan agar para talent dapat menentukan sendiri minat dan bakatnya beserta alasan mengapa mereka ingin sekali bekerja di perusahaan tersebut. Dengan begitu, seluruh informasi sukarela tersebut akan masuk ke dalam sistem CRM perusahaan dan memudahkan recruiter untuk mengaksesnya di kemudian hari.

Terus Berinteraksi dengan Komunitas Talent

Langkah selanjutnya adalah terus menjaga komunikasi. Kunci utamanya adalah berinteraksi. Sajikan secara rutin informasi relevan ter-update mengenai perusahaan dan juga posisi baru yang dibuka. 

Buat para talent terlibat dalam segala acara. Dengan begitu hubungan antara perusahaan dengan para kandidat potensial akan selalu baik dan bermanfaat. 

Tinjau dan Hubungi Kembali Kandidat dalam Komunitas Talent

Manfaatkan sebaik mungkin komunitas talent yang sudah dibangun sebagai sumber utama pencarian kandidat yang berkualitas. Luangkan waktu untuk meninjau dan menghubungi kembali kandidat yang sekiranya tepat untuk posisi yang sedang dibuka. 

Ini akan jauh lebih efektif dari pada harus mereview dan menyaring ulang resume dari kandidat baru untuk kita pekerjakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram