Home
 » 
Resources » Headhunter Insight » Headhunter » Temukan Talenta Terbaik dengan Targeted Recruitment

Temukan Talenta Terbaik dengan Targeted Recruitment

Share This Post!

Targeted Recruitment adalah

Ada banyak cara untuk menemukan talenta terbaik bagi perusahaan, salah satunya targeted recruitment strategy. Strategi ini mempersempit pelamar kerja sejak awal agar mendatangkan kandidat yang memenuhi syarat. Simak informasi lengkap mengenai targeted recruitment dan manfaatnya bagi perusahaan.

Apa Itu Targeted Recruitment?

Targeted recruitment adalah proses strategi memasarkan pekerjaan kepada kelompok pekerja yang memiliki kriteria tertentu dan telah disesuaikan berdasarkan kebutuhan keterampilan, pengalaman, dan peran. Strategi ini berbeda dengan proses open recruitment pada umumnya. Open recruitment bersifat terbuka dan ditujukan dengan target yang lebih luas dan memungkinkan untuk mendapatkan kuantitas yang lebih besar.

Berbeda dengan targeted recruitment yang lebih tertutup dan difokuskan untuk mencari kualitas kandidat yang memenuhi syarat secara spesifik. Oleh karena itu targeted recruitment bisa dibilang memiliki proses seleksi yang lebih ketat dibandingkan open recruitment. Tujuannya agar perusahaan mendapatkan pelamar dengan kualifikasi yang spesifik sehingga lebih efektif dalam proses seleksi. Karena perekrut tidak perlu memproses ratusan lamaran yang masuk.

Pentingkah Targeted Recruitment?

Melakukan targeted recruitment dapat mendatangkan beberapa keuntungan. Contohnya adalah mengurangi biaya dalam proses recruitment. Pertimbangan biaya sangat penting untuk dilakukan, jika perusahaan semakin banyak memposting di berbagai laman social media komunitas tentu biayanya juga bertambah.

Dengan targeted recruitment, perusahaan dapat menetapkan terlebih dahulu dimana tawaran pekerjaan itu seharusnya dipasarkan sesuai dengan kebutuhan. Maka biaya untuk rekrutmen juga berkurang. Selain itu, pentingnya targeted recruitment juga dapat mempersingkat proses seleksi, lebih efektif dalam hal waktu dan tenaga. Ini akan sangat cocok diterapkan bagi perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan posisi yang sulit dan membutuhkan keahlian yang khusus.

Strategi Targeted Recruitment Mendapatkan Talenta Terbaik

strategi Targeted Recruitment

Dengan menggunakan strategi rekrutmen yang ditargetkan, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka terhubung mendapatkan talenta yang cocok untuk organisasi mereka. Berikut strategi targeted recruitment mendapatkan talenta terbaik yang bisa Anda terapkan saat membuka lowongan kerja untuk perusahaan.

Spesifikasi Kebutuhan

Spesifik adalah poin yang esensial jika ingin menerapkan targeted recruitment strategy. Anda perlu benar-benar memahami terlebih dahulu kriteria apa saja yang dibutuhkan dalam memenuhi suatu posisi. Anda bisa menganalisanya terlebih dahulu sebelum membuat poin-poin kriteria dalam poster atau brosur lowongan pekerjaan.

Misalnya jika Anda mencari tenaga kerja administrator, ada baiknya untuk menulis kriteria yang spesifik misalnya minimal lulusan sarjana manajemen. Ini lebih sesuai jika dibandingkan dengan menulis minimal lulusan sarjana saja. Pastikan untuk mempersempit kualifikasi, dan jangan terlalu banyak menggunakan kriteria umum. Anda bisa menganalisis dari skill apa saja yang dibutuhkan seorang administrator, dapat bersifat hardskill atau softskill. Jika Anda menginginkan kandidat terbaik, maka juga dapat mencantumkan syarat berapa lama minimal pengalaman.

Program Afiliasi Dengan Institusi Pendidikan

Institusi pendidikan dikenal sebagai ladang talenta bagi perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan skill yang menunjang. Contohnya jika bisnis Anda bekerjasama dengan batasan perguruan tinggi yang khusus bagi lulusan bidang teknologi. Tentu akan lebih cocok dalam mengisi lowongan pekerjaan seperti engineer, web developer, atau IT specialist. Proses rekrutmen melalui perguruan tinggi atau institusi pendidikan (campus hiring) juga dapat terkesan lebih meyakinkan dari segi kualitas kemampuan yang dimiliki. Karena peserta didik juga tentu telah belajar selama bertahun-tahun untuk ahli di bidang tertentu.

Untuk mempromosikan lowongan pekerjaan ini, perusahaan Anda bisa berpartisipasi dalam acara career fair yang biasa diadakan di kampus-kampus. Selain itu, Anda juga dapat berpartisipasi menawarkan program magang atau volunteer. Dalam strategi targeted recruitment, institusi pendidikan adalah wadah yang tepat untuk mencari talenta yang berbakat pada perusahaan.

Gunakan Job Boards

Jika Anda ingin lebih tepat dan efisien dalam mendapatkan pelamar yang berkualitas, maka dapat menggunakan job boards. Dalam artian manfaatkan platform sosial media khusus contohnya seperti LinkedIn untuk menginformasikan suatu pekerjaaan yang dibutuhkan secara online. Dalam teknologi yang semakin berkembang, Anda bisa melihat manakah pelamar yang potensial karena postingan akan secara otomatis ditujukan pada pengguna yang memiliki kriteria yang dibutuhkan.

Teknologi AI dan fitur pendukung lainnya memungkinkan postingan lowongan pekerjaaan yang Anda miliki hanya dapat dilihat bagi mereka yang memiliki kualifikasi serupa. Sehingga langsung mempersempit pelamar kerja. Berbeda halnya dengan job board konvensional yang hanya dapat dimanfaatkan untuk memposting saja tanpa memfilter atau menargetkan audiens secara lebih spesifik. Oleh karena itu, penggunaan job boards tentu dapat memungkinkan perekrut mempersingkat waktu dalam proses seleksi.

Referensi Karyawan

Apakah Anda sering mendengar rekomendasi pekerjaan dari teman atau kerabat? Itu juga termasuk dalam strategi targeted recruitment. Referensi dari karyawan pada jaman sekarang masih dianggap sebagai cara yang sesuai untuk mengisi kekosongan posisi pada pekerjaan. Dengan catatan calon pegawai yang direkomendasikan juga memiliki kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan.

Hal ini didasari pada anggapan bahwa jika Anda bekerja pada suatu bidang, dimungkinkan Anda juga punya inner circle yang juga menggeluti bidang tersebut. Referensi karyawan ini juga tidak bisa dilakukan semabarangan, perlu pertimbangan lainnya juga yang dapat membuat perusahaan menilai orang tersebut layak mengisi posisi yang dibutuhkan.

Quality Over Quantity

Tanamkan dalam pikiran ketika merekrut, jangan sekedar mementingkan seberapa banyak lowongan tersebut dilamar. Melainkan apakah kualitas kandidat dapat terpenuhi? Fokus pada upaya untuk menarik pelamar dengan kualifikasi sesuai. Memproses banyaknya lamaran tentu akan memerlukan waktu, energi, dan biaya yang lebih besar, yang mana jika dilakukan terus-menerus maka dapat merugikan perusahaan.

Anda perlu menjalankan strategi yang jitu untuk mendapatkan pelamar yang memiliki kualifikasi terbaik dengan waktu, biaya, dan energi yang lebih sedikit. Fokus pada bagaimana menarik pelamar yang berkualitas dibandingkan kuantitas pelamar.

Strategi Targeted Recruitment Melalui Headhunter

Strategi Targeted Recruitment Melalui Headhunter

Jika Anda bingung bagaimana menerapkan targeted recruitment strategy, maka Anda bisa menggunakan jasa headhunter. Jasa professional tentu dapat membantu Anda memproses kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Karena dalam proses memilih kandidat sebenarnya memerlukan usaha yang tidak mudah. Jika kurang memiliki wawasan terkait proses rekrutmen mungkin bisa merasa kewalahan untuk memproses banyaknya lamaran. Atau bahkan bingung bagaimana mulai mempromosikan lowongan pekerjaan dengan target yang lebih sesuai.

Jasa professional memiliki pengalaman dalam mengatasi masalah rekrutmen. Sehingga mengetahui pola-pola apa saja yang dibutuhkan dalam proses rekrutmenseperti memasarkan, memproses, menyeleksi, hingga menetapkan kandidat yang tepat. Perlu diingat bahwa serangkaian proses rekrutmen yang tepat tentu juga dapat menghasilkan kandidat terbaik yang dapat berpotensi memaksimalkan produktivitas dalam kinerja perusahaan.

Tak perlu ragu menggunakan jasa professional headhunter. Jika Anda khawatir soal biaya, sebenarnya akan lebih baik jika memikirkannya sebagai investasi yang menguntungkan kedepannya. Daripada kewalahan memproses lamaran dan berujung pada kandidat yang tidak tepat sasaran dan merugikan bisnis Anda, lebih baik memanfaatkan biayanya di depan untuk mendapatkan kandidat dengan kualifikasi terbaik sehingga dapat memberikan performa kinerja yang menguntungkan.

Salah satu headhunter Indonesia terpercaya yang bisa Anda gunakan sebagai saluran rekrutmen adalah match recruitment. Jasa headhunter ini akan mendampingi perusahaan merekrut tenaga kerja andalan mereka dan membantu para profesional di Indonesia untuk mengembangkan karir mereka. match recruitment telah berpengalaman dalam mempertemukan antara kebutuhan pelamar dengan perusahaan, sehingga akan sangat berkontribusi dalam memaksimalkan potensi SDM yang menguntungkan.


Share This Post!