Cara Merekrut Karyawan yang Sesuai dengan Budaya Kerja Perusahaan

Categories:
Tags:
Angelin Lu Prahsia  •  
September 6, 2021
Home » Resources » Recruitment 101 » Cara Merekrut Karyawan yang Sesuai dengan Budaya Kerja Perusahaan
Tips Merekrut Kandidat yang Sesuai dengan Budaya Kerja Perusahaan

Menemukan cara terbaik untuk merekrut karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dalam proses rekrutmen, tidak hanya soal keterampilan atau pengalaman saja yang menjadi fokus utama. Kemampuan beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan juga menjadi hal yang dipertimbangkan.

Bukan tanpa alasan, salah satu cara perusahaan mampu bertahan di tengah persaingan adalah dengan merekrut kandidat yang berkualitas. Tidak hanya itu, kecocokkan antara karyawan dan budaya perusahaan membawa banyak keuntungan bagi organisasi.

Kecocokkan dengan Budaya Perusahaan

Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab yang besar bagi recruiter untuk menempatkan menempatkan kandidat yang sesuai dengan budaya kerja perusahaan. Karena karyawan yang berhasil beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan meningkatkan peluang keberhasilan dan bertahan untuk jangka waktu yang panjang. Serta membantu organisasi untuk membangun tim yang lebih kuat dan menghasilkan divisi yang lebih efektif.

Penelitian juga menunjukkan bahwa perusahaan yang memfokuskan upaya mereka untuk merekrut kandidat yang selaras dengan budaya perusahaan secara rutin mengungguli kompetitor mereka.

Lalu, dengan banyaknya manfaat yang diterima. Bagaimana cara untuk merekrut karyawan yang sesuai budaya perusahaan?

Cara Merekrut Karyawan yang Efektif

1. Informasikan budaya kerja melalui website

website karir

Website merupakan tujuan utama para kandidat untuk mencari informasi mengenai perusahaan tempat mereka melamar pekerjaan. Perusahaan harus menunjukan dengan jelas detail informasi mengenai nilai-nilai yang dipegang oleh seluruh karyawan. Dengan begitu, para kandidat akan memiliki pemahaman yang jelas mengenai etos kerja perusahaan.

2. Libatkan partisipasi karyawan

 cara merekrut kandidat yang berkualitas

Libatkanlah karyawan perusahaan berpartisipasi dalam proses perekrutan, terutama ketika recruiter merekrut kandidat untuk mengisi posisi yang sulit diisi.

Mengapa demikian? karena karyawan ini memiliki pemahaman lebih dalam mengenai posisi tersebut yang mungkin recruiter tidak ketahui. Dan karyawan ini memiliki pengetahuan lebih mengenai budaya kerja yang lebih spesifik dalam suatu divisi. Serta lebih mengantisipasi para calon karyawan karena sudah mendapat gambaran nyata dari karyawan di perusahaan kamu.

3. Tanamkan gambaran besarnya

budaya kerja yang baik

Sebagai seorang recruiter, tugas utama kita adalah merekrut kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut dan juga sesuai dengan budaya kerja perusahaan. Dengan demikian, recruiter sudah berpartisipasi dalam menempatkan karyawan yang berkualitas demi kemajuan perkembangan suatu perusahaan. Tanyalah kepada kandidat nilai apa yang mereka pegang dan jelaskan budaya kerja perusahaan secara garis besarnya. Dengan begitu, kamu dapat menemukan kecocokkan antara calon karyawan dan budaya kerja perusahaan.

Mau tahu tips lainnya untuk memperkaya pengetahuan kamu? Klik Disini

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram