Home
 » 
Resources » Self Development » Cara Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan Karyawan di Tempat Kerja

Cara Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan Karyawan di Tempat Kerja

Share This Post!

kebahagiaan karyawan

Kebahagiaan itu menular. Inilah yang menyebabkan kebahagiaan karyawan di tempat kerja itu penting. Karyawan yang bahagia mampu membuat suasana tempat kerja menjadi positif. Karyawan yang bahagia juga dapat menjadi role model bagi koleganya. Kebahagiaan mampu meningkatkan rasa percaya diri sehingga performa kerja pun dapat meningkat.

Selain itu, suasana kerja bahagia membuat karyawan merasa memiliki loyalitas lebih tinggi terhadap perusahaan. Karyawan pun jadi memiliki kualitas hidup yang lebih baik karena lebih sehat dan bahagia. Karena itu mereka mampu membantu perusahaan mencapai golnya dengan lebih baik. Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan kebahagiaan karyawan dengan ampuh?

Libatkan dalam Proyek Penting

libatkan karyawan dalam proyek penting

Tiap individu pasti menginginkan dirinya semakin berkembang, apalagi dalam karier. Kebanyakan karyawan ingin mengalami peningkatan. Karyawan akan bahagia bila mereka bisa menemukan potensi dan mengembangkannya, kemudian performa kerja jadi meningkat dan peluang menapaki jenjang karier yang lebih baik bisa dicapai secara bertahap.

Itulah sebabnya, karyawan perlu dilibatkan dalam berbagai proyek di kantor. Jadi karyawan bukan hanya harus menuruti perintah secara mentah-mentah. Berdiskusi dengan karyawan saat ada proyek penting dan tanyakan opini mereka. Jika sudah cukup berpengalaman, berikan dan percayakan tanggung jawab baru. Dengan begitu, karyawan akan merasa dihargai karena pendapatnya dianggap penting.

Prioritaskan Work Life Balance

Ketahui Pentingnya Work Life Balance Selama Work From Home

Satu faktor yang sangat penting untuk membuat karyawan bahagia adalah menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Saat ini dikarenakan saking besarnya tuntutan pekerjaan dan persaingan, sering kali karyawan jadi tidak punya waktu untuk kehidupan pribadi mereka. Perusahaan menuntut mereka untuk selalu kerja, bahkan di luar jam kerja.

Sekali dua kali mungkin gol perusahaan dapat cepat tercapai. Tapi kalau selalu diperlakukan seperti ini, karyawan akan merasa jenuh. Pekerjaan mungkin selesai, tapi hasilnya standar atau seadanya. Jadi jauh dari memuaskan yang sebenarnya diharapkan perusahaan.

Lebih baik berikan karyawan ruang untuk memiliki kehidupan pribadi. Di luar jam kerja tak perlu menghubungi mereka dan terus mencecar dengan pekerjaan. Saat libur, hindari menghubungi karyawan. Saat karyawan butuh cuti, tidak perlu dipersulit. Dengan cara ini, karyawan justru bisa terhibur, merasa segar dan ide-ide baru yang lebih brilian mungkin saja muncul.

Jadi Pendengar yang Baik

jadi pendengar yang baik

Saat rapat, bukan hanya atasan saja yang punya kesempatan untuk bicara, tapi karyawan pun juga. Sebagai atasan yang baik, beri ruang bagi karyawan untuk menyampaikan opini dan ide-ide mereka. Karyawan yang belum berpengalaman belum tentu tidak punya ide brilian.

Meskipun ide-ide dari karyawan kurang baik bagi perkembangan perusahaan, tetap mendengarkan pendapat mereka itu penting. Setidaknya karyawan bisa menyampaikan apa yang mereka pikirkan. Karyawan merasa dihargai dan atasan pun bisa memberi saran apa yang kurang dari ide mereka. Ke depannya, karyawan jadi mampu memberi ide yang lebih sesuai dengan keinginan perusahaan.

Dengarkan Kekhawatiran Karyawan

dengarkan kekhawatiran karyawan

Setiap karyawan pasti memiliki masalah dan kesulitan mereka sendiri. Entah itu karyawan baru yang sama sekali belum punya pengalaman kerja sebelumnya, ataupun karyawan yang sudah sangat berpengalaman pasti memiliki kekhawatiran sendiri. Ini bisa disebabkan karena kesulitan beradaptasi, kurang mengerti tugas yang didelegasikan, deadline ketat, tambahan tanggung jawab, dan lain sebagainya.

Jika kekhawatiran karyawan dibiarkan menumpuk tanpa ada tempat untuk mengungkapkannya, sudah tentu mereka jadi tidak bahagia saat bekerja. Mungkin saja kinerja jadi menurun. Padahal bila rasa kekhawatiran ini bisa dikomunikasikan, itu saja sudah bisa melepas sedikit beban mereka. Sayangnya, tak banyak perusahaan yang menyadari pentingnya hal ini.

Sangat penting bila atasan secara berkala mendengarkan keluh kesah karyawan. Mereka bisa memberikan umpan balik yang penting juga bagi perkembangan perusahaan ke depannya. Karyawan pun akan merasa didengarkan dan lebih dihargai sebagai karyawan dan individu.

Ciptakan Jenjang Karier

ciptakan jenjang karier

Kunci lain agar karyawan dapat bekerja dengan bahagia adalah adanya jenjang karier yang jelas. Pada umumnya karyawan ingin adanya peningkatan selama mereka bekerja untuk sebuah perusahaan. Jenjang karier yang jelas membuat karyawan jauh lebih termotivasi untuk menampilkan kinerja yang optimal. Ini juga memberi rasa aman bagi karyawan.

Sebaliknya, jenjang karier yang tidak jelas dan tidak transparan akan membuat karyawan bertanya-tanya. Apakah mereka punya masa depan dengan mengabdikan diri di perusahaan tersebut? Terlebih lagi jika karyawan sudah bekerja lama dan sama sekali tidak ada peningkatan karier, tentu akan membuat mereka tidak bahagia dan tidak termotivasi.

Bangun Hubungan yang Baik

lingkungan kerja nyaman

Dalam perusahaan yang skalanya kecil, biasanya hubungan baik lebih mudah terjalin karena jumlah karyawan yang tidak terlalu banyak. Tapi semakin besar skala perusahaan, hubungan antar karyawan apalagi dengan atasan makin sulit terjembatani. Padahal hubungan baik di tempat kerja sangat penting untuk menjaga kebahagiaan karyawan.

Bayangkan saja kalau setiap hari harus beraktivitas ke suatu tempat yang sesama orangnya tidak punya hubungan baik. Tentu setiap orang cenderung akan merasa tertekan dan bahkan tak ada keinginan untuk pergi kerja. Bekerja pun menjadi hal yang dilakukan secara terpaksa karena kebutuhan.

Penting untuk tetap menjaga hubungan yang baik, apalagi jika perusahaan sudah semakin berkembang. Setidaknya harus tercipta hubungan dan suasana positif di setiap departemen. Ini akan membuat karyawan lebih bahagia dan betah bekerja.

Fasilitasi Pelatihan Pengembangan Diri

fasilitas pelatihan pengembangan diri

Karyawan mungkin memiliki kemampuan yang belum terasah. Perusahaan yang ingin berkembang sudah seharusnya memulai dari pengembangan karyawannya. Berikan mereka fasilitas pelatihan pengembangan diri. Biasanya pelatihan terdiri dari beberapa kategori. Jadi karyawan bisa mengikuti sesuai dengan kemampuan mereka.

Adanya pelatihan semacam ini tak hanya positif bagi perkembangan karyawan secara individu. Karyawan akan merasa lebih loyal pada perusahaan, mereka pun lebih mampu memberi kinerja yang membaik dibandingkan sebelumnya. Pada akhirnya, perusahaan juga yang merasakan hasilnya.

Buat Lingkungan Kerja yang Positif

kebahagian di tempat kerja

Resep terakhir untuk membuat karyawan lebih bahagia di tempat kerja adalah menciptakan lingkungan kerja yang positif. Tak jarang, karena tingkat stres yang tinggi dan persaingan yang berat di tempat kerja, lingkungan toxic pun tercipta. Kalau sudah terjebak dalam lingkungan toxic, karyawan akan merasa lebih tertekan. Pekerjaan saja sudah berat, ditambah harus bertahan di tengah lingkungan yang tidak sehat.

Sebaliknya, di tengah lingkungan kerja yang positif, karyawan justru bisa berkembang dengan baik. Rasa bahagia mampu melepas stres dan penat mereka. Karyawan jadi jauh lebih semangat untuk menyelesaikan tugas dengan sebaik mungkin. Mereka juga jadi punya semangat untuk mempelajari hal baru yang sebelumnya tidak mereka kuasai. Performa kerja pun lebih meningkat.

Cara untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif adalah membangun komunikasi yang baik. Antara atasan dengan karyawan atau sesama kolega bisa saling berbagi. Entah itu pengalaman positif atau berbagai keresahan dan kesulitan menghadapi pekerjaan. Lalu pendengarnya bisa memberikan saran dan solusi. Cara mudah lainnya adalah dengan berolahraga bersama dan mengadakan outing

Itulah beberapa cara ampuh untuk meningkatkan kebahagiaan karyawan di tempat kerja.  Karyawan yang bahagia mampu membuat suasana tempat kerja menjadi positif. Selain itu, suasana kerja bahagia membuat karyawan merasa memiliki loyalitas lebih tinggi terhadap perusahaan. Karyawan pun jadi memiliki kualitas hidup yang lebih baik karena lebih sehat dan bahagia.


Share This Post!