Wajib Tahu! Ini Dia 4 Tips Tetap Produktif Selama Work From Home

Wajib Tahu! Ini Dia 4 Tips Tetap Produktif Selama Work From Home
Photo by Elsa Noblet on Unsplash

Seperti yang kita ketahui, melonjaknya wabah Covid-19 varian Delta di Indonesia saat ini mengakibatkan banyak perusahaan memberlakukan bahkan mewajibkan karyawannya bekerja dari rumah (Work From Home).

Setelah beberapa waktu bisa menikmati beraktivitas kerja normal di kantor, saat ini para karyawan terpaksa harus bekerja dari rumah lagi demi menekan angka kasus positif Covid-19. Tidak adanya ruang kerja yang terorganisir dan segala macam gangguan yang dapat mengganggu produktivitas selama work from home pun tak dapat kita hindari.

Dikutip dari Kompas.com, psikolog Maharsi Anindyajati berpendapat bahwa faktor internal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja. 

"Pada dasarnya, ini adalah masalah kebiasaan. Selama ini, kita terbiasa dengan konsep bahwa bekerja adalah di kantor dan di rumah tempat untuk beristirahat. Asosiasi ini melekat begitu kuatnya dalam pikiran kita, sehingga mengubahnya bukan perkara mudah, namun tetap memungkinkan," ujar Maharsi kepada Kompas.com.

Dengan begitu, maka kunci produktivitas berada ditangan setiap individu masing-masing. Yuk simak 4 tips tetap produktif selama work from home dari match recruitment!

4 Tips Tetap Produktif Selama Work From Home

Buat Ruang Kerja Khusus WFH

Dengan memiliki ruang kerja khusus di area tertentu dalam rumah akan sangat membantumu menjadi lebih fokus dan dapat berkonsentrasi karena pekerjaanmu tidak terganggu oleh kehidupan anggota rumah tangga lainnya.

Hindari juga bekerja diatas kasur karena akan menimbulkan rasa malas dan cenderung mengganggu produktivitas selama kerja.

Set Up Lingkungan Kerjamu

Kamu juga bisa menambahkan lilin aromaterapi, wewangian, tanaman, atau benda-benda tertentu di ruangan atau meja kantor yang dapat membantumu merasa lebih nyaman, fokus dan termotivasi selama work from home. 

Tentukan Jadwal Kerja yang Teratur

Biasakan diri untuk terbiasa dengan jadwal kerja baru saat work from home. Mungkin tidak harus se-strict jadwal kantormu tetapi pastikan kamu menemukan rutinitas yang cocok dan membuatmu tetap fokus selama WFH.

Be a Morning Person

Dengan membiasakan diri menjalani rutinitas pagi dapat membantumu memiliki hari kerja yang lebih positif dan produktif. Membuat morning plan setiap harinya dapat memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kehidupan kerja dan pola pikirmu.

Berikut merupakan beberapa tips untuk tetap produktif selama kamu Work From Home. Stay Safe, match buddy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram