Mengapa Komunitas Talent Jadi Aspek Penting Dalam Proses Perekrutan?

Mengapa Komunitas Talent Jadi Aspek Penting Dalam Proses Perekrutan?
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Dalam proses rekrutmen, seorang recruiter pasti pernah menemukan kandidat potensial yang belum mendapatkan kesempatan untuk dipekerjakan karena satu dan lain hal. Seperti posisi yang sesuai dengan potensinya belum terbuka.

Jika dihadapkan dengan kondisi seperti itu, akan sangat disayangkan jika kita melepas pergi begitu saja kandidat potensial tersebut.

Lantas, bagaimana cara mempertahankannya agar terus berada dalam jangkauan kita? 

Disitulah sebagai recruiter kita memerlukan komunitas talent

Sebelum melangkah lebih jauh, yuk simak selengkapnya bersama match recruitment!

Apa Itu Komunitas Talent?

Menurut recruiting.com, komunitas talent adalah media yang menghubungkan recruiter perusahaan dengan kandidat potensial.

Dalam komunitas ini, kandidat dapat mengirimkan informasi mereka ke perusahaan tanpa berkomitmen pada posisi tertentu.

Ini akan sangat membantu para recruiter untuk menemukan kandidat yang tak hanya berpotensi tinggi dengan segudang pengalaman tetapi juga kandidat yang benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan kita. Dan juga akan membantu para recruiter menemukan lebih banyak kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Para kandidat yang menjadi anggota komunitas talent perusahaan juga memberikan recruiter kesempatan  untuk menempatkan mereka di posisi yang paling tepat dan diperlukan karena mereka tidak melamar ke posisi tertentu.

Media ini merupakan aspek penting dan cerdas dalam proses perekrutan untuk menjangkau lebih banyak kandidat potensial dan menempatkan bibit-bibit unggul yang akan mencerahkan masa depan perusahaan.

Mengapa Komunitas Ini Jadi Aspek Penting Dalam Rekrutmen?

Komunitas ini sangat bermanfaat dalam membantu recruiter dalam proses rekrutmen. Mengapa masuk dalam kategori aspek penting?

Karena dapat membuat proses rekrutmen menjadi lebih mudah dan efektif. 

Melalui komunitas talent, kita akan tetap terhubung dengan para kandidat potensial yang mungkin sebelumnya belum mendapat kesempatan untuk dipekerjakan karena kualifikasi yang tidak sesuai dengan posisi yang dibuka pada saat itu.

Namun, apabila dikemudian hari ada posisi terbuka di perusahaan yang kualifikasinya sesuai dengan kandidat potensial tersebut, sebagai recruiter kita akan dengan mudah menghubunginya kembali. 

Menurut Kalibrr, 80% kandidat yang telah menjadi anggota komunitas talent serta punya pengalaman positif dengan perusahaan seperti pola interaksi yang baik, akan lebih mungkin untuk melamar ke perusahaan itu lagi di kesempatan berikutnya dan merekomendasikan perusahaan tersebut kepada job seekers lainnya.

Dengan begitu selain manfaat di atas, komunitas talent juga membantu para recruiter untuk merekomendasikan calon kandidat potensial lainnya ke perusahaan tempat kita bekerja. Hal itu jauh lebih efektif untuk dilakukan dibanding harus menyaring ratusan bahkan ribuan CV dari awal lagi mengingat calon kandidat yang direkomendasikan pun berasal dari sumber yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram