Home
 » 
Resources » Market Insights » Komunitas Talent » Mengenal Talent Pool dan Manfaatnya Untuk Perusahaan

Mengenal Talent Pool dan Manfaatnya Untuk Perusahaan

Share This Post!

Mengapa Komunitas Talent Jadi Aspek Penting Dalam Proses Perekrutan?

 

Kehadiran talent pool merupakan suatu data yang penting bagi perusahaan manapun. Adanya hal tersebut dikarenakan banyaknya kandidat karyawan dengan kualitas yang berbeda-beda. Dengan talent pool, perusahaan dapat memilih kandidat pengganti dengan cepat dan mudah.

Sebagai perusahaan ternama, tentunya menginginkan setiap pegawainya memiliki bakat dan kualitas yang sesuai ataupun di atas standar. Kualitas pekerja pada akhirnya akan mendorong dan menentukan kualitas perusahaan tersebut. Tetapi, perusahaan tetap perlu mengetahui mana karyawan yang terbaik dan lebih berkualitas.

Maka dari itu, diciptakanlah sebuah data mengenai seluruh karyawan, baik bagi yang sudah dipekerjakan hingga sekedar kandidat. Bagi perusahaan baru, tentunya harus mengetahui pengertian talent pool, dan seperti apa manfaat yang akan diberikan dengan memiliki data tersebut.

Definisi Talent Pool, Memahami Konsepnya

Disebut juga dengan talent community, talent pool adalah sebuah data mengenai karyawan maupun calon karyawan yang berpotensial diangkat atau dipekerjakan. Penggunaan dari data ini bertujuan sebagai referensi untuk perusahaan, apabila kemudian hari akan membutuhkan karyawan yang berkualitas unggul.

Pernah terpikirkan apa yang terjadi pada dokumen-dokumen yang diterima saat melamar? Sebagian dokumen mengenai pelamar yang sebelumnya ditolak, masih disimpan apabila perusahaan akan membutuhkan pelamar tersebut kembali.

Selain melalui dokumen pelamar yang ditolak, perusahaan juga mendapatkan data profil kandidat melalui sumber pihak ketiga seperti LinkedIn. Data-data pelamar atau kandidat yang dianggap masih memenuhi kriteria tersebut, akan dimasukkan dalam satu database.

Data kompilasi tersebut, kemudian akan diproses dengan talent pool management. Talent pool management adalah suatu proses dimana perusahaan akan menjaga hubungan dengan talent pool, agar kemudian dapat diseleksi dengan mudah.

Mengapa Perusahaan Perlu Membangun Talent Pool?

Ada berbagai alasan mengapa sebuah perusahaan sebaiknya perlu membangun talent pool. Alasan utamanya adalah untuk membantu proses rekrutmen menjadi lebih mudah. Perusahaan pun bisa mengetahui yang mana yang sesuai dengan posisi yang membutuhkan tenaga kerja.

Selain itu, perusahaan dapat membangun kumpulan tenaga kerja yang sesuai dengan standar dan nilai dari perusahaan. Standar tenaga kerja ini dapat menjadi panutan bagi karyawan lain yang dinilai kurang, agar dapat melakukan improvisasi terhadap kinerjanya.

Tidak hanya memberikan kemudahan, adanya database ini juga akan meringankan biaya yang dibutuhkan untuk membuat program rekrutmen. Perekrut hanya tinggal melihat kandidat bertalenta yang sesuai, lalu tinggal menghubunginya tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Adanya talent community juga tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan. Untuk pekerja yang tidak lulus, masih dapat memiliki kesempatan di lain hari untuk diterima bekerja. Tetapi, ini hanya berlaku apabila perusahaan memang menyimpan dokumen mengenai pelamar tersebut.

Manfaat Memiliki Talent Pool di Perusahaan

Setelah mengetahui apa itu talent pool, perusahaan sudah dapat membayangkan berbagai manfaat yang didapatkan dari data-data tersebut. Selain diibaratkan seperti menabung karyawan atau kandidat yang memiliki potensi dan kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan. Berikut macam-macam manfaat talent pool:

1. Gerak Cepat Menghubungi Kandidat Pasif

Menarik kandidat pasif mungkin sudah sering diterapkan sebagai trik untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas. Mengingat karyawan pasif yang berpengalaman dan masih bekerja di perusahaan lain, suatu perusahaan dapat memanfaatkan ini untuk menarik mereka.

Dengan adanya data yang didapatkan melalui LinkedIn dan situs serupa, perusahaan dapat bergerak cepat untuk berhubungan dengan kandidat pasif. Kehadiran data tersebut akan menghemat waktu dan biaya, sehingga tidak perlu mencari karyawan lagi yang belum tentu memiliki kualitas setara.

2. Penargetan Kandidat yang Lebih Baik

Adapun manfaat talent community berikutnya adalah untuk dapat memilih kandidat yang tepat sasaran dengan yang saat ini dibutuhkan. Dengan proses talent pool management yang sudah dijelaskan di atas, perusahaan akan dapat menemukan kandidat yang benar-benar dibutuhkan.

Misalnya, apabila perusahaan sedang membutuhkan pegawai percetakan, maka perusahaan tinggal mencari kandidat yang ahli dalam percetakan. Jangan sampai kandidat yang tidak sesuai terpilih, sehingga dapat berdampak buruk bagi kinerja perusahaan tersebut.

3. Memperbaiki Pendekatan Kepada Kandidat

Terkadang, sebagian pelamar yang sudah ditolak oleh perusahaan menjadi enggan untuk kembali melamar di perusahaan yang sama. Perusahaan masih dapat memperbaiki pendekatan terhadap pelamar tersebut dengan memiliki datanya, apabila pelamar memang dibutuhkan.

Dengan ini, secara tidak langsung perusahaan akan dapat mempelajari sifat dan karakteristik dari kandidat dan karyawannya. Di sisi lain, perusahaan juga dapat melakukan pendekatan secara personal, dibandingkan semuanya dalam sekaligus.

4. Engagement Kandidat yang Lebih Baik

Untuk meningkatkan candidate experience, perusahaan dapat mendekatkan diri kepada kandidat atau pelamar yang ingin bekerja. Candidate experience itu sendiri, merupakan pengalaman yang dimiliki oleh kandidat saat berhubungan dengan perusahaan seperti berinteraksi dan melamar. Salah satu trik yang biasa dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan undangan kepada kandidat untuk bertemu secara personal.

Dengan ini, kandidat akan merasa bahwa dirinya spesial dan layak untuk bekerja di perusahaan tersebut. Candidate experience merupakan hal yang vital dalam menjaga reputasi perusahaan. Apabila candidate experience yang dialami oleh setiap pelamar tinggi, maka kesempatan perusahaan untuk mendapatkan pekerja akan lebih besar. Secara tidak langsung, talent pool mendongkrak candidate experience.

5. Meningkatkan Rasio Penerimaan

Seperti yang sudah dijelaskan, candidate experience akan mempengaruhi rasio penerimaan dalam suatu perusahaan. Maka dari itu, sebaiknya perusahaan harus membina hubungan komunikasi dengan para kandidat atau calon karyawan.

Meningkatkan rasio penerimaan juga tidak selalu harus dilakukan kepada kandidat. Untuk calon pelamar, perusahaan juga dapat membuat seminar untuk mempromosikan perusahaan dengan cara yang menarik. Alhasil, semakin banyak pelamar yang ingin melamar di perusahaan.

6. Proses Rekrutmen Optimal

Ada alasan dibalik mengapa perusahaan tidak terlalu sering membuat program rekrutmen. Selain ketersediaan tenaga kerja yang cukup, program rekrutmen umumnya membutuhkan usaha dan biaya yang cukup besar. Namun dengan adanya talent community, maka proses rekrutmen perusahaan dapat menjadi lebih optimal.

Daripada harus membiayai dana untuk merekrut atau mencari pelamar yang memiliki potensial, perusahaan hanya tinggal melihat database yang sudah dibuat dahulu. Selain itu, perusahaan juga dapat mempercepat waktu rekrutmen bila dibandingkan dengan membuat program rekrutmen. Waktu yang digunakan untuk program tersebut, dapat dialihkan untuk aktivitas yang lebih menguntungkan perusahaan.

7. Kualitas Karyawan Baru yang Lebih Baik

Perusahaan tidak akan ada yang tahu, apakah pelamar memiliki kualitas yang baik atau tidak. Seorang pelamar hanya akan memberikan dokumen-dokumen sesuai persyaratan, namun soal perilaku, siapa yang tahu? Untungnya, talent community dapat menjadi solusinya. Database yang dikumpulkan tidak semena-mena harus mengenai talenta dan kemampuan kandidat saja.

Perusahaan juga dapat mengetahui kualitas dari kandidat seperti perilaku, sifat, dan cara kerjanya. Alhasil, perusahaan dapat memilih karyawan baru, guna mendapatkan karyawan yang lebih baik. Begitulah penjelasan mengenai talent pool, dimulai dari konsep hingga manfaat yang akan didapatkan perusahaan. Secara ringkas, talent pool artinya data-data karyawan atau kandidat yang berkualitas.

Data-data talent community ini akan menjadi long-term investment bagi perusahaan untuk kedepannya. Untuk membuat talent pool, untungnya perkembangan zaman modern ini memungkinkan pencarian kandidat melalui situs. Selain mengumpulkan CV pelamar, perusahaan dapat mencari melalui website. Apapun pilihannya, sudah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk memiliki database tersebut.


Share This Post!