Menggunakan Profil Kandidat untuk Mendapatkan Karyawan Terbaik

Profile kandidat
Photo by Marily Torres from Pexels

Menemukan karyawan yang tepat untuk perusahaan Anda itu bisa terasa memusingkan. Ini karena Anda harus menemukan kandidat yang bisa dibilang sempurna, dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Maka dari itu, sebagai recruiter Anda tentu mengalami kendala saat rekrutmen.

Hal ini membuat perusahaan terus berupaya untuk membuat rekrutmen berjalan dengan efektif dan juga efisien. Bahkan, kalau bisa rekrutmen itu tidak menghabiskan biaya yang terlalu besar. Salah satu cara terbaik untuk mempermudah proses rekrutmen adalah dengan menyeleksi kandidat yang paling ideal saja. Untuk bisa melakukannya, Anda perlu mendapatkan profil kandidat ideal tersebut dengan detail. Bagaimana caranya?

Memahami Definisi Profil Kandidat

Tanpa mengetahui tentang kandidat yang Anda cari, semua proses rekrutmen ini bisa terasa lebih menantang lagi. Jadi, kuncinya yakni mendapatkan informasi yang lengkap mengenai kandidat yang dikehendaki. Namun, terkadang perusahaan sendiri yang membuat proses rekrutmen ini jadi lebih sulit, karena tidak adanya informasi yang jelas untuk disampaikan kepada calon kandidat, sehingga mereka kesulitan dalam mencantumkan profil dan portofolio terbaik mereka.

Berikut adalah cara tepat untuk bisa mendapatkan profil kandidat terbaik:

Menjelaskan Tentang Tugas dan Pekerjaan

Anda bisa memulai dengan mencantumkan penjelasan secara detail tentang tugas dan pekerjaan kandidat nantinya. Coba pelajari secara detail dari hiring manager dan anggota tim rekrutmen, tentang posisi pekerjaan yang akan diisi oleh kandidat. Pertimbangkan hal-hal seperti divisi mana yang memerlukan karyawan baru, apa tugas yang dilakukan setiap harinya, lalu skill profesional apakah yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut.

Mempertimbangkan Company Culture dan Visi Perusahaan

Untuk menentukan apakah seorang kandidat itu memiliki kemampuan berorganisasi yang baik, maka Anda juga bisa menjelaskan tentang visi, misi dan tujuan perusahaan. Kira-kira, apa personality trait yang dibutuhkan perusahaan Anda? Dari sini, coba Anda pertimbangkan, karakter karyawan yang seperti apa yang Anda butuhkan. Jadi, Anda lebih memperhatikan sisi kepribadian dan kecerdasan emosional kandidat tersebut, sudah cocokkah dengan karakteristik perusahaan?

Belajar dari Top Performer di Perusahaan

Anda juga bisa belajar banyak hal tentang kualifikasi profil kandidat terbaik, dari top performer yang ada di perusahaan Anda. Coba amati keseharian mereka di tempat kerja, seperti apa performa para top performer ini saat sedang bekerja. Mengetahui karakteristik mereka seperti ini akan membantu Anda untuk menentukan standar kandidat yang tepat. Jadi, setidaknya Anda jadi punya gambaran tentang hard skill, namun terutama lagi soft skill yang merupakan kecakapan yang lebih dibutuhkan dalam dunia kerja.

Menentukan Hard Skill dan Soft Skill Terpenting

Jika berbicara tentang hard skill dan soft skill, Anda bisa mengerucutkannya dengan lebih spesifik lagi. Ini karena masing-masing juga mencakup kemampuan yang lebih luas. Maka dari itu, Anda bisa menentukan standar untuk hard skill dan soft skill yang paling sesuai dengan bidang industri perusahaan Anda.

Sedikit hal yang perlu diingat yakni, secara sederhana hard skill merupakan kemampuan teknis yang bisa dipelajari, misalnya seperti membuat program komputer, accounting, keadministrasian. Sementara, soft skill merupakan karakteristik pribadi seseorang yang membantunya untuk bisa lebih sukses dalam dunia kerja, misalnya seperti leadership, kemampuan komunikasi, hingga problem-solving.

Ketika Anda dapat menyebarkan lowongan kerja dengan penjelasan yang detail, tentang tugas dan pekerjaannya, serta kecakapan hard skill dan soft skill yang dibutuhkan, maka ini sangat membantu kandidat untuk membuat profil yang bagus. Nantinya, ini memudahkan Anda untuk menemukan profil kandidat terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram