Cara Membuat Proses Rekrutmen yang Efektif dengan Profil Kandidat

Categories:
Tags:
Angelin Lu Prahsia  •  
January 28, 2020
Home » Resources » Recruitment 101 » Cara Membuat Proses Rekrutmen yang Efektif dengan Profil Kandidat
Profile kandidat
Photo by Marily Torres from Pexels

Untuk menemukan karyawan yang the best of the best, diperlukan proses rekrutmen yang efektif dan juga efisien. Karena bisa sangat memusingkan bagi perusahaan bila tidak menemukan kandidat yang sesuai kualifikasi dan menjadi kendala besar baru recruiter.

Perusahaan terus berupaya untuk menemukan proses rekrutmen yang paling efektif, bahkan bila diperlukan biaya yang besar untuk mengoptimalkan proses rekrutmen tersebut. Bukan tanpa alasan, Menurut PhD Essay, Sumber Daya Manusia adalah elemen penting yang menentukan keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi. Oleh karena itu, tidak heran bila dalam suatu perusahaan, selalu ada anggaran untuk mengoptimalkan proses rekrutmen perusahaan menjadi lebih efektif.

Tetapi, ada salah satu tips terbaik yang akan kami bagikan ke kamu untuk mempermudah proses rekrutmen perusahaan kamu.

Yaitu...

Dengan Menyeleksi Kandidat yang Ideal Saja.

Mungkin jawaban ini terihat mudah ditebak, tetapi, untuk bisa melakukannya ternyata diperlukan profil kandidat yang detail. Apa yang dimaksud dengan profil kandidat?

Definisi Profil Kandidat

Profil kandidat adalah sebuah peta biru yang membantu para recruiter untuk mengenali garis besar dari kepribadian dan spesifikasi apa yang benar-benar diperlukan. Seperti membuat sebuah gambaran akan kandidat seperti apa yang dibutuhkan untuk duduk di posisi tertentu.

Dengan tidak mengetahui kandidat seperti apa yang kamu cari, dapat merusak seluruh proses rekrutmen menjadi tidak efektif. Karena kunci untuk mendapatkan informasi lengkap tentang kandidat adalah dengan panduan dari profil kandidat itu sendiri. Profil kandidat berguna untuk mempermudah pencarian informasi yang diperlukan dari calon karyawan.

Tetapi, bagaimana caranya membuat Profil Kandidat Terbaik, kalau kamu saja masih bingung menentukan apa yang diperlukan dalam proses rekrutmen?

Menjelaskan Tugas dan Tanggung Jawab

Kamu bisa mulai dengan mencari tahu divisi mana yang perlu anggota baru. Lalu pelajari secara detail dari hiring manager atau anggota tim rekrutmen akan deskripsi pekerjaan kandidat tersebut nantinya. Baru kamu mulai mencantumkan secara detail tugas dan tanggung jawab kandidat untuk pekerjaan tersebut. Dengan begitu kamu telah membuat ekspetasi yang jelas dari apa tugas keseharian pekerjaan tersebut ke kandidat kamu.

Company Culture dan Visi Perusahaan

Untuk menentukan apakah seorang kandidat itu memiliki kemampuan berorganisasi yang baik, Kamu bisa menjelaskan tentang visi, misi dan tujuan perusahaan. Kira-kira, apa personality trait yang ditonjolkan kandidat sesuai dengan budaya perusahaan? Dari sini, coba pertimbangkan, karakter karyawan seperti apa yang dibutuhkan. Jadi, kamu lebih memperhatikan sisi kepribadian dan kecerdasan emosional kandidat tersebut dengan karakteristik perusahaan?

Belajar dari Top Performer

Kamu juga bisa belajar tentang kualifikasi profil kandidat terbaik, dari top performer yang ada di perusahaan. Coba amati keseharian mereka di tempat kerja, seperti apa performa dari para top performer ini. Dengan mengetahui karakteristik mereka (top performer), Kamu akan terbantu untuk menentukan standar kandidat yang tepat. Setidaknya, kamu punya gambaran akan kemampuan apa yang dibutuhkan untuk mencetak para top performer lainnya di perusahaan.

Hard Skill dan Soft Skill yang Terpenting

Jika berbicara tentang hard skill dan soft skill, kamu bisa mengerucutkannya lebih spesifik lagi. Karena masing-masing skill mencakup kemampuan yang luas. Maka dari itu, tentukan standar untuk hard skill dan soft skill yang paling sesuai dengan bidang industri perusahaan.

Pro Tip: Jangan terlalu ambigu dalam menjelaskan hard skill dan soft skill yang terasa mirip dengan kemampuan sehari-hari, seperti kemampuan berkomunikasi. tetapi kerucutkan lagi lebih spesifik menjadi "kemampuan berkomunikasi dengan C-Level atau Level Managerial."

Perlu diingat!

Kualitas kandidat yang kamu dapatkan, bermula dari kualitas job description dan postingan pekerjaan yang kamu publikasikan. Percuma membuat profil kandidat yang tepat tanpa lowongan pekerjaan yang mampu menarik mereka. Pelajari cara membuat job description yang efektif menarik kandidat terbaik, Disini!

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram