Ketahui Pentingnya Work Life Balance Selama Work From Home

Ketahui Pentingnya Work Life Balance Selama Work From Home
Photo by Domenico Loia on Unsplash

Menyeimbangkan kehidupan rumah tangga dengan karir atau yang biasa kita sebut sebagai work life balance seringkali menjadi tantangan besar bagi semua orang. 

Bukanlah tugas yang mudah untuk dicapai ketika kita berada di lingkungan kerja yang seiring berkembangnya jaman, semakin pesat pula perkembangannya. Terlebih lagi, pekerjaan merupakan sebuah peran penting dalam kehidupan untuk memenuhi seluruh aspek kehidupan kita.

Sebelum melangkah lebih jauh, yuk kenali dulu...

Apa itu Work Life Balance?

Dikutip dari Hygger Blog, Work life balance berarti memprioritaskan antara aktivitas pribadi dan profesional. Ini adalah tingkat kehidupan individu ketika aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan mereka hadir di rumah.

Menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat akan berdampak positif tak hanya pada kesehatan dan hubungan tetapi juga pada produktivitas dan kinerja kita. Ketika kita tidak melihat pekerjaan sebagai rutinitas, maka kita akan cenderung bekerja lebih keras dan akan membuat lebih sedikit kesalahan.

Mengapa Penting Diaplikasikan Selama WFH?

Work life balance merupakan aspek penting dari kehidupan kerja yang sehat. Menjaga keseimbangan kehidupan kerja membantu mengurangi stres dan membantu mencegah kelelahan saat bekerja. Stres adalah salah satu masalah kesehatan paling umum saat bekerja.

Ini dapat menyebabkan konsekuensi fisik seperti hipertensi, masalah pencernaan, sakit kronis dan nyeri dan masalah jantung. Stres juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mental karena terkait dengan risiko depresi, kecemasan, dan insomnia yang lebih tinggi.

Alasan Mengapa Itu Sangat Penting

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Jika kamu terus menerus berada dalam kondisi stress berkepanjangan, itu akan beresiko merusak kesehatan fisik dan mental. Keseimbangan kerja yang buruk akan menyebabkan gejala berbahaya yang akan mempengaruhi kesehatanmu.

Mengurangi Resiko Terkena Burn Out Syndrome

Dengan mengoptimalkan keseimbangan kerja yang baik, kamu akan mengurangi resiko mengalami stress berkepanjangan. Begitu pula mengurangi resiko terkena burnout syndrome karena merasa kewalahan dalam menyelesaikan pekerjaan ketika work from home.

Meningkatkan Fokus dan Produktivitas

Mengaplikasikan work life balance dalam kehidupan akan mengarahkan kita pada meningkatnya fokus dan produktivitas kita dalam bekerja dan juga akan membantu menciptakan lingkungan di mana setiap orang berdedikasi pada tugas yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram