Home
 » 
Resources » Headhunter Insight » Anti Salah Pilih! Cara Memilih Headhunter Terpercaya

Anti Salah Pilih! Cara Memilih Headhunter Terpercaya

Share This Post!

cara memilih headhunter

Headhunter seakan sudah menjadi ujung tombak bagi para perusahaan yang membutuhkan karyawan yang berkualitas. Jasa perekrutan headhunter biasanya digunakan untuk mencari kandidat karyawan dengan kualifikasi khusus untuk menduduki jabatan tertentu di perusahaan klien. Karena itulah, memilih headhunter pun tentunya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Bagaimana cara memilih headhunter? Mari simak ulasan lengkap berikut ini.

Ciri-ciri Headhunter Terpercaya

Ciri-ciri Headhunter Terpercaya

Bagi yang baru pertama kali ingin menggunakan jasa headhunter, mungkin mengalami kebingungan. Di antara banyaknya perusahaan head hunter, mana yang harus dipilih. Cara memilih headhunter yang tepat untuk proses perekrutan karyawan memang harus dilakukan secara teliti. Apalagi, mengingat biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa headhunter tidak sedikit. Karena, Anda pasti ingin memastikan bahwa kandidat yang diperoleh pun benar-benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tidak hanya perusahaan yang ditawarkan karyawan, seorang kandidat juga mungkin pernah dihubungi oleh seorang head hunter yang menawarkan pekerjaan. Walaupun sekilas terlihat sangat menggiurkan, ingat untuk tetap berhati-hati! Anda harus memastikan bahwa headhunter tersebut bisa dipercaya dan memiliki pengalaman terlebih dahulu. Simak ciri-cirinya di sini.

Memiliki Informasi dan Profil yang Jelas

Salah satu cara untuk mengetahui kredibilitas seorang headhunter profesional bisa dilihat dari informasi serta afiliasi profil yang diberikan. Salah satu caranya adalah lewat internet. Sebuah perusahaan headhunter terpercaya biasanya memiliki website yang dikelola secara rutin dengan membuat konten atau artikel. Headhunter perseorangan juga minimal memiliki website tersendiri atau memiliki profil yang jelas di LinkedIn atau media sosial.

Melalui website tersebut, Anda bisa mempelajari lebih dalam mengenai profil perusahaan headhunter tersebut. Pastikan untuk memeriksa portofolio yang mereka tampilkan untuk mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kredibilitas dan kemampuan headhunter dalam mencarikan calon kandidat yang cocok.

Sebaiknya, hindari menggunakan jasa head hunter yang tidak memiliki afiliasi profil yang jelas maupun yang baru saja berdiri. Selain kredibilitas mereka belum terbukti, perusahaan maupun kandidat karyawan yang menggunakan jasa mereka tentunya juga mengalami kesulitan dalam merekrut atau bergabung di dalam perusahaan bergengsi.

Tidak Meminta Komisi kepada Kandidat

Headhunter kredibel sudah pasti tidak akan meminta komisi kepada kandidat karyawan. Headhunter hanya akan menarik biaya kepada perusahaan klien atau lembaga yang menggunakan jasa mereka. Sedangkan, kandidat tidak akan dipungut biaya komisi sepeser pun. Mereka juga tidak akan menerima bayaran uang dari kandidat.

Karena, obyektifitas merupakan prinsip utama yang dijunjung setiap headhunter yang terpercaya. Sehingga, Anda pantas curiga apabila ada oknum headhunter yang meminta komisi bagi kandidat-kandidat karyawan yang mereka pilih. Tidak perlu diragukan bahwa mereka adalah penipu.

Menguasai Industri Terkait

Seorang headhunter kredibel pastinya juga sangat menguasai bidang di industri yang Anda tekuni. Mereka umumnya spesialis yang punya pengetahuan tentang jenis-jenis pekerjaan khusus, keahlian, serta industri yang membutuhkannya. . Dengan demikian, mereka bisa mendapatkan kandidat karyawan terbaik untuk perusahaan.

Mereka juga bisa membantu membimbing dan mempersiapkan kandidat karyawan agar bisa masuk ke dalam perusahaan atau industri yang sesuai. Jika seseorang yang mengklaim dirinya seorang headhunter namun terlihat tidak memiliki pengetahuan mumpuni tentang industri yang terkait dengan Anda. Jadikan itu petunjuk bahwa ia bukan headhunter yang tepat.

Cara Memilih Headhunter Terbaik di Indonesia

Cara Memilih Headhunter Terbaik di Indonesia

Memilih perusahaan headhunter profesional tentunya bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Apalagi, dengan banyaknya perusahaan maupun individu-individu yang memasarkan usaha mereka sebagai seorang headhunter. Dalam menentukan dan memilih headhunter yang terpercaya, Anda harus sangat jeli. Ada beberapa cara memilih headhunter terpercaya yang bisa digunakan sebagai pedoman. Berikut tips nya:

Kenali Track Record Perusahaan

Bayangkan Anda sedang akan membeli suatu produk atau menggunakan jasa. Tentunya, Anda akan mencari tahu lebih dalam informasi mengenai track record penjual maupun perusahaan yang menawarkan jasa tersebut, bukan? Hal yang sama juga berlaku saat Anda akan memilih dan memilah perusahaan headhunter.

Profil perusahaan mungkin bisa saja dipoles. Akan tetapi, track record dari perusahaan tersebut tentunya akan menjadi fakta yang berbicara. Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan informasi mengenai rekam jejak dari perusahaan headhunter tersebut. Salah satu caranya adalah dengan membaca testimoni yang diberikan oleh perusahaan yang menggunakan jasa headhunter tersebut.

Selain itu, ulasan yang diberikan para kandidat karyawan yang pernah berada di naungan headhunter ini juga bisa menjadi informasi yang sangat berguna. Kamu bisa menjadikan testimoni positif maupun negatif sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan jasa headhunter. Apabila testimoni didominasi dengan review positif, maka jasa yang mereka tawarkan pasti bisa dipercaya.

Menawarkan Layanan yang Meyakinkan

Saat akan memilih jasa headhunter, pastikan Anda mencari tahu terlebih dulu mengenai layanan yang ditawarkan. Headhunter dengan kredibilitas yang bisa dipertanggungjawabkan sudah pasti memiliki alur kerja yang jelas. Misalnya, mereka tidak akan meminta atau menagih bayaran dari perusahaan di depan. Invoice atau tagihan baru akan dibayarkan sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.

Selain itu, headhunter yang sudah pasti bisa diandalkan tidak hanya menawarkan layanan rekrutmen saja. Sebagai career coach, mereka juga akan membantu perusahaan dalam hal monitoring kinerja kandidat. Apabila kinerja kandidat karyawan ternyata sangat buruk, headhunter biasanya bersedia untuk mengganti kandidat tersebut dengan kandidat baru yang lebih berkompetensi. Dengan demikian, perusahaan tidak akan mengalami kerugian waktu maupun materi.

Pastikan Headhunter Memiliki Pengetahuan

Berbeda dengan perektut biasa yang hanya bertanggung jawab dalam perekrutan kandidat karyawan saja. Headhunter juga memiliki tanggungan untuk melatih dan mempersiapkan kandidat tersebut agar bisa memberikan performa terbaiknya di perusahaan. Untuk itu, seorang headhunter harus memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang yang ditekuni oleh sang kandidat. Dengan kata lain, seorang headhunter yang baik juga memiliki fungsi sebagai career coach atau konsultan karir.

Bagaimana cara terbaik untuk menguji pengetahuan yang dimiliki headhunter? Sebenarnya, caranya sangat sederhana. Sebagai kandidat maupun perwakilan perusahaan, Anda bisa bertanya mengenai kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang kandidat karyawan pada posisi tertentu di perusahaan.

Apabila headhunter bisa menjawab dan menjabarkan hal-hal tersebut, bahkan sebelum Anda mengutarakan syarat-syarat yang harus dimiliki. Maka inilah headhunter yang bisa dipastikan sangat berkompetensi dalam bidangnya.

Memiliki Kemampuan dalam Menentukan Kandidat

Headhunter yang baik tidak hanya memiliki pengetahuan di dalam bidang profesi tertentu. Mereka juga harus memiliki kemampuan atau skill dalam pencarian, menilai serta menentukan kandidat yang tepat. Tentunya ini bukanlah hal yang mudah karena harus dilakukan secara spesifik.

Apalagi, headhunter memang hanya akan mengambil kandidat dengan kualifikasi terbaik. Seorang headhunter harus bisa mengambil kandidat dengan kualifikasi yang paling baik dari daftar kandidat terbaik. Dengan demikian, perusahaan akan mendapatkan kandidat yang paling berkompetensi.

Akhir Kata

Apakah Anda sedang membutuhkan jasa headhunter terbaik dan terpercaya? Kamu bisa mempercayakan perekrutan dan coaching untuk kandidat karyawan terbaik pada match recruitment. Di sini, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan para headhunter yang berpengalaman. Anda pun bisa dengan segera menemukan kandidat karyawan yang terbaik untuk posisi strategis di perusahaanmu.


Share This Post!