Home
 » 
Resources » Headhunter Insight » Headhunter » 6 Alasan Kenapa Perusahan Menggunakan Jasa Headhunter

6 Alasan Kenapa Perusahan Menggunakan Jasa Headhunter

Share This Post!

alasan menggunakan jasa headhunter

Proses perekrutan yang dilakukan perusahaan tidak selalu berjalan mulus. Dalam kasus tertentu, perusahaan bisa saja mengalami kesulitan dalam menemukan kandidat untuk posisi tertentu. Ini lebih sering terjadi pada perekrutan posisi strategis yang membutuhkan keahlian khusus. Tapi disatu sisi, posisi tersebut juga tidak bisa dibiarkan kosong dalam waktu lama. Di saat itulah, perusahaan sering menggunakan headhunter. Yuk, temukan alasan menggunakan jasa headhunter lewat ulasan berikut.

Apa Itu Headhunter?

Headhunter adalah suatu agensi, perusahaan, atau individu yang bergerak di dalam bidang perekrutan pegawai. Namun, mereka tentunya tidak menawarkan layanan perekrutan biasa. Jasa headhunter lebih sering digunakan untuk menemukan kandidat karyawan untuk mengisi posisi khusus. Kandidat yang direkrut oleh headhunter sudah pasti memiliki kemampuan atau skill yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. Tak heran, headhunter juga menyandang nama executive recruiter atau perekrut eksekutif.

Proses perekrutan yang dilakukan oleh headhunter berbeda dari proses perekrutan pada umumnya. Untuk menemukan kandidat yang tepat, headhunter akan mencari tahu calon-calon kandidat dengan lebih menyeluruh. Mereka akan memanfaatkan network yang dimiliki untuk menyaring calon-calon berpotensial. Bahkan, para headhunter  juga menggunakan media sosial untuk menemukan talent yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Mengapa Perusahaan Butuh Jasa Headhunter

Mengapa Perusahaan Butuh Jasa Headhunter

Dari ulasan singkat di atas, Anda sudah mengetahui bahwa peranan headhunter dalam proses perekrutan karyawan khusus sangat krusial. Ada banyak sekali manfaat menggunakan jasa headhunter dalam proses perekrutan karyawan baru. Perusahaan tentunya juga akan sangat terbantu dengan menggunakan jasa dari headhunter. Tapi, apa saja alasan menggunakan jasa headhunter?

1. Tim Profesional yang Berdedikasi

Salah satu alasan pakai headhunter adalah, karena proses perekrutan akan dilakukan oleh tim yang profesional. Tim yang tergabung di dalam perusahaan headhunter memiliki latar belakang spesialisasi di bidang industri tertentu. Karena itu, sudah pasti mereka mengetahui kriteria kandidat seperti apakah yang dibutuhkan untuk posisi di dalam perusahaan tersebut. Mereka juga memiliki pengaruh yang hebat. Sehingga, mereka bisa bernegosiasi dan menarik kandidat dengan kualifikasi terbaik untuk bergabung dengan perusahaan.

Untuk memastikan bahwa Anda memperoleh kandidat terbaik, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan tim match recruitment. Di sini adalah tempat berkumpulnya para konsultan headhunter profesional yang akan membantu mempermudah proses perekrutan karyawan. Anda bisa berkonsultasi dengan tim headhunter berpengalaman untuk mendapatkan kriteria karyawan dengan skill yang dapat mendongkrak produktivitas di perusahaanmu.

2. Mendapatkan Kandidat Terbaik

Alasan lainnya yang membuat perusahaan pakai jasa headhunter adalah, karena mereka bisa mendapatkan kandidat yang terbaik. Headhunter merupakan tenaga perekrut yang memiliki spesialisasi khusus di berbagai bidang. Sehingga, mereka bisa lebih tepat dalam menemukan kandidat karyawan dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Tak hanya itu, headhunter juga memiliki circle atau lingkar pergaulan yang didominasi oleh orang-orang yang berpengalaman di dalam bidang tersebut. Bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan kandidat hebat dengan kualifikasi unggulan untuk bergabung dengan perusahaanmu.

3. Mempermudah Proses Rekrutmen

Mempermudah proses rekrutmen

Jasa headhunter juga bisa digunakan untuk meringankan tugas divisi HR. Karena, berbeda dari headhunter, HR biasanya memiliki tanggung jawab yang cukup banyak. Mulai dari mengadakan perekrutan karyawan hingga mengurusi kebutuhan administrasi para karyawan yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Proses perekrutan yang dilakukan HR biasanya membuat divisi tersebut dibanjiri dengan ratusan atau bahkan ribuan CV. Membaca satu persatu dan memberikan keputusan yang tepat tentunya sangat sulit untuk dilakukan. Ditambah lagi, belum tentu hasil akhir dari proses perekrutan tersebut memuaskan.

Itulah salah satu alasan menggunakan jasa headhunter. Anda hanya perlu memberikan informasi detail mengenai kualifikasi kandidat karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mulai dari job description, skill khusus yang harus dimiliki, dan lain-lain. Selanjutnya, pihak headhunter yang akan melakukan proses pencarian kandidat dan perekrutan. Sehingga perusahaan Andabisa lebih berfokus kepada hal-hal lain yang tidak kalah penting. Nantinya, pihak perusahaan hanya perlu melakukan tes wawancara kepada kandidat terbaik yang diajukan oleh pihak headhunter.

4. Mempersingkat Proses Rekrutmen

Saat mencari karyawan untuk mengisi posisi yang strategis, perusahaan bisa mengalami kekosongan hingga berbulan-bulan. Apalagi, jika kandidat terbaik tersebut tidak kunjung ditemukan. Kekosongan untuk posisi yang penting, seperti direktur atau manajer, apalagi dalam waktu lama, tentunya dapat menghambat produktivitas perusahaan. Sedangkan, terburu-buru mengambil kandidat seadanya yang tidak berkompetensi juga bisa mengakibatkan kerugian materi dan waktu.

Dengan menggunakan jasa headhunter, perusahaan bisa lebih menghemat waktu rekrutmen. Proses perekrutan yang biasanya bisa memakan banyak sekali waktu akan menjadi jauh lebih singkat. Dalam mencari kandidat, headhunter akan mengerahkan kemampuan riset dan network yang dimiliki untuk menemukan kandidat yang tepat. Jangan kaget jika kamu bisa menemukan calon karyawan yang ideal dalam hitungan minggu dengan bantuan headhunter.

5. Proses Rekrutmen Bebas Resiko

Proses Rekrutmen Bebas Resiko

Proses perekrutan karyawan yang dilakukan secara mandiri seringkali memiliki resiko. Misalnya, calon karyawan yang Anda pilih ternyata tidak memiliki kualifikasi sesuai ekspektasi. Atau, bisa juga Anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk proses perekrutan tanpa membuahkan hasil apapun. Nah, dengan menggunakan jasa headhunter, resiko tersebut bisa dihindari.

Karena, headhunter tentu saja tidak akan secara asal merekomendasikan kandidat. Mereka sudah mencari tahu dengan sangat detail dan membandingkan para kandidat yang berpotensi. Proses seleksi yang dilakukan oleh headhunter pun sangat ketat. Karena, mereka ingin memastikan klien perusahaan bisa mendapatkan kandidat karyawan yang dibutuhkan. Bahkan, cukup banyak perusahaan headhunter yang menggunakan teknologi AI. Sehingga, analisis kandidat karyawan pun akan semakin akurat.

Tak hanya itu, beberapa agensi headhunter atau headhunter individual juga memberikan garansi yang bisa digunakan. Apabila kandidat karyawan yang mereka rekomendasikan ternyata tidak mampu menjalankan peran atau pekerjaannya dengan baik, maka pihak headhunter akan menukar mereka dengan kandidat lainnya.  Tentu saja, rentang waktu berlakunya garansi tersebut berbeda-beda. Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada headhunter sebelum menggunakan jasa mereka.

6. Senjata Rahasia Perusahaan

Jasa headhunter juga bisa menjadi senjata pamungkas bagi perusahaan yang menginginkan kandidat karyawan terbaik. Misalnya, Anda pasti menginginkan posisi direktur, manajer, atau posisi strategis lainnya untuk diisi oleh orang-orang yang benar-benar berkualifikasi.

Kebanyakan perusahaan memutuskan untuk tidak membuka lowongan untuk posisi ini secara terbuka. Nah, Anda bisa memaksimalkan proses perekrutan tersebut dengan menggunakan jasa headhunter. Cobalah berkonsultasi terlebih dulu dengan konsultan headhunter untuk meramu kualifikasi terbaik untuk sosok karyawan yang krusial tersebut. Headhunter juga memiliki peranan sebagai seorang konsultan karir. Sehingga, mereka bisa memberikan masukan yang dapat menyempurnakan kualifikasi karyawan tersebut.

Akhir Kata

Itulah beberapa alasan menggunakan jasa headhunter. Dengan mengetahui kelebihan dari headhunter, proses perekrutan karyawan baru tentunya akan terasa lebih mudah, dengan peluang mendapatkan kandidat terbaik terbuka lebar. Anda bisa mengunakan salah satu jasa headhunter terbaik di Indonesia, yaitu match recruitment. Hubungi sekarang.


Share This Post!