Home
 » 
Resources » Headhunter Insight » Jarang Diketahui! Ini Dia Keuntungan Menggunakan Jasa Headhunter

Jarang Diketahui! Ini Dia Keuntungan Menggunakan Jasa Headhunter

Share This Post!

keuntungan dari headhunter

Dalam hal rekrutmen pegawai, kata “headhunter” mungkin masih jarang terdengar. Walaupun jasa ini sudah sering digunakan oleh banyak perusahaan, namun masih banyak yang belum mengetahui keuntungan dari headhunter. Padahal, keberadaan headhunter sangat membantu dalam hal rekrutmen pegawai. Terutama, jika Anda menginginkan kandidat pegawai yang berkompetensi dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tanpa membuka lowongan pekerjaan yang terlalu lama. Mari kita cari tahu bersama berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan jasa headhunter di sini.

Kelebihan Headhunter

kelebihan headhunter

Tidak bisa dipungkiri, biaya untuk menyewa jasa headhunter memang cukup tinggi. Namun, biaya yang dikeluarkan akan terasa sangat sepadan dengan hasil yang didapatkan. Jasa headhunter kerap digunakan oleh perusahaan yang kesulitan dalam menemukan kandidat karyawan yang sesuai. Terutama, dalam bidang pekerjaan yang membutuhkan keterampilan spesifik. Apa saja kelebihan headhunter yang bisa menguntungkan Anda setelah mengunakan jasanya?

Persingkat Proses Rekrutmen

Salah satu kelebihan agen rekrutmen headhunter adalah, Anda bisa memperoleh kandidat yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan dalam waktu yang singkat. Ini tentunya sangat berbeda apabila Anda memasang lowongan pekerjaan secara mandiri. Walaupun jumlah pencari kerja setiap tahun meningkat, tidak semua kandidat tersebut memiliki keterampilan yang dibutuhkan.

Seringkali, perusahaan menghabiskan banyak waktu dalam mencari calon karyawan yang sesuai. Apalagi, jika perusahaan mengeluarkan biaya yang cukup besar dalam proses rekrutmen tersebut. Hal yang sering terjadi adalah, lamaran kerja yang masuk ternyata tidak sesuai dengan harapan serta waktu dan biaya yang terbuat sia-sia. Lowongan kerja yang dibuka terlalu lama juga lambat laun dapat mengakibatkan citra perusahaan menjadi buruk.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan jasa headhunter. Anda hanya perlu memberitahukan profil dari kandidat ideal yang diinginkan. Misalnya, mulai dari keterampilan khusus yang dimiliki dan job description dari posisi tersebut. Hanya dengan berbekalkan data-data tersebut, headhunter akan langsung mencari kandidat yang sesuai. Bahkan, mereka juga akan melakukan penelitian untuk masing-masing calon kandidat. Lalu, pihak headhunter akan menghadirkan kandidat-kandidat yang sudah terseleksi untuk Anda wawancarai. Sangat praktis, bukan?

Peroleh Kandidat yang Tepat

Keuntungan lainnya yang dapatAnda peroleh dari menggunakan jasa headhunter adalah, Anda bisa langsung menemukan kandidat karyawan yang sesuai. Headhunter memiliki jaringan yang sangat luas. Sehingga, proses rekrutmen yang dilakukan pun akan terasa sangat mudah dan cepat. Tapi, tentunya mereka tidak melakukan proses rekrutmen secara sembarangan.

Dari orang-orang yang ada di dalam jaringan mereka, headhunter akan meneliti profil dan latar belakang dari masing-masing kandidat. Mereka akan sangat memperhatikan kualifikasi yang dimiliki oleh kandidat-kandidat tersebut. Detail persyaratan yang diberikan oleh perusahaan pun akan diperiksa dengan sangat detail. Tujuannya, tak lain adalah supaya mereka mendapatkan calon karyawan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Perlu diingat bahwa proses rekrutmen yang dilakukan headhunter ini sangat ketat. Tak jarang, mereka juga menggunakan teknologi AI untuk mencari profil kandidat yang sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas kandidat yang ditawarkan. Karena, mereka sudah pasti akan memberikan rekomendasi kandidat karyawan yang benar-benar berkualitas terbaik. Bahkan, calon karyawan kelas profesional pun bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Posisi Cepat Terisi

Salah satu tantangan terbesar bagi perusahaan adalah menemukan calon kandidat untuk mengisi posisi atau peran dengan kualifikasi khusus. Biasanya, semakin detail persyaratan dan kualifikasi yang dicantumkan, semakin kecil pula peluang posisi tersebut cepat terisi. Di banyak perusahaan, tak jarang posisi dengan kualifikasi khusus membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk terisi. Padahal, posisi tersebut menduduki peranan yang sangat krusial dalam produktivitas di dalam perusahaan.

Kekosongan posisi di jabatan yang penting bisa mengakibatkan aktivitas dan kinerja perusahaan menjadi terhambat. Itulah mengapa perusahaan-perusahaan menggunakan jasa headhunter untuk mengisi posisi dengan kualifikasi khusus. Headhunter dikenal sangat gesit namun tetap jeli dalam hal perekrutan karyawan. Dengan memanfaatkan jaringan yang luas, headhunter bisa menemukan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan perusahaan dalam waktu yang cepat.

Sebagai gambaran, lowongan pekerjaan yang biasanya memakan waktu hingga berbulan-bulan bisa langsung penuh dalam hitungan minggu jika menggunakan jasa headhunter. Mereka juga pastinya memastikan kandidat tersebut benar-benar memiliki kemampuan yang memenuhi persyaratan. Dengan demikian, produktivitas perusahaan untuk terus maju dapat terpenuhi.

Hemat Biaya

Karena pelayanan jasanya yang luar biasa, biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar headhunter memang lebih mahal. Apalagi, jika dibandingkan dengan jasa outsourcing yang biasanya justru lebih murah. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa headhunter biasanya berkisar mulai dari 20% - 30% dari jumlah gaji setahun yang didapatkan oleh calon kandidat karyawan.

Akan tetapi, harga yang ditawarkan sudah pasti sepadan dengan kualitas. Jasa headhunter sudah terbukti selama bertahun-tahun bisa membantu perusahaan dalam menemukan kandidat untuk mengisi posisi yang sulit. Selain itu, Anda juga bisa menghemat biaya perekrutan pegawai. Dengan mempertimbangkan itu semua, biaya untuk membayar jasa headhunter sudah pasti akan terasa lebih murah.

Mencegah Kerugian Salah Rekrutmen

Keuntungan dari headhunter lainnya adalah, Anda bisa meminimalisir resiko kerugian waktu dan dana yang dikeluarkan oleh perusahaan apabila terjadi kesalahan rekrutmen. Sesempurna apapun metode rekrutmen yang digunakan, tentunya tetap ada peluang kandidat yang Anda dapatkan ternyata meleset dari ekspektasi. Misalnya, Anda baru mengetahui bahwa kandidat tersebut tidak bisa mengoperasikan aplikasi tertentu, atau mungkin kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan ternyata tidak sepenuhnya dimiliki kandidat tersebut.

Yang jelas, hal tersebut mengakibatkan kerugian yang cukup besar bagi perusahaan. Nah, dengan menggunakan jasa dari headhunter, masalah kesalahan dalam merekrut karyawan bisa dihindari. Headhunter menjunjung tinggi profesionalitas saat mencari calon kandidat karyawan yang cocok untuk perusahaan Anda. Beberapa jasa headhunter menawarkan penggantian kandidat apabila kandidat yang mereka ajukan ternyata tidak sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Agar kinerja headhunter lebih optimal, pastikan Anda membekali mereka dengan informasi profil karyawan ideal yang lengkap. Mulai dari keterangan job description hingga kualifikasi yang diharapkan harus tertera dengan jelas. Supaya, pihak headhunter bisa lebih maksimal dalam menyaring calon karyawan.

Rahasia Perusahaan Terjaga

Ingin menggunakan jasa headhunter tapi khawatir rahasia perusahaan bocor? Nah, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Karena, headhunter memiliki sistem kerja “beli-putus”. Artinya, begitu Anda menemukan kandidat karyawan yang cocok, maka karyawan tersebut akan menjadi milik perusahaan sepenuhnya. Pihak headhunter juga tidak akan menghubungi pihak karyawan dalam rangka mendapatkan informasi apapun tentang perusahaan Anda. Bisa dibilang, jasa headhunter merupakan pilihan yang lebih aman, terutama jika dibandingkan dengan jasa outsourcing.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai berbagai keuntungan dari headhunter. Sebelum menggunakan jasa headhunter, Anda memang harus mencari tahu lebih banyak mengenai jasa ini. Dengan demikian, Anda pun bisa mendapatkan insight yang berguna sebelum menggunakan jasa headhunter. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai headhunter lewat match recruitment. Anda juga bisa berkonsultasi dengan konsultan berpengalaman untuk menemukan metode rekrutmen terbaik untuk perusahaan.


Share This Post!