Home
 » 
Resources » Headhunter Insight » Apa Itu Jasa Rekrutmen Karyawan dan Manfaatnya

Apa Itu Jasa Rekrutmen Karyawan dan Manfaatnya

Share This Post!

jasa rekrutmen karyawan

Untuk mengembangkan perusahaan, salah satu faktor yang sangat penting adalah sumber daya manusia. Maka dari itu, proses rekrutmen calon karyawan selalu dilaksanakan dengan sangat selektif oleh perusahaan. Prosesnya memang tidak mudah, sehingga sering kali perusahan mempergunakan jasa rekrutmen karyawan.

Seperti apa jasa rekrutmen tersebut? Mari simak lebih dalam tentang pengertiannya dan jenisnya beserta keuntungan yang bisa didapat dari jasa rekrutmen ini. Berikut ulasannya.

Apa Itu Jasa Rekrutmen Karyawan?

Jasa rekrutmen karyawan adalah jasa yang memberikan bantuan dalam mencari talent atau calon pekerja untuk perusahaan. Kandidat yang dicari pun sesuai dengan kriteria atau persyaratan dan keinginan, untuk jabatan atau posisi tertentu.

Penyedia jasa ini benar-benar membantu sebuah perusahaan dalam menemukan karyawan yang kompeten serta sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Ketika berhasil dalam perekrutan sumber daya manusia yang kompeten, kinerja perusahaan pun akan jadi lebih baik lagi.

3 Jenis Jasa Rekrutmen Karyawan

Di Indonesia, ada tiga jenis jasa untuk rekrutmen karyawan yang paling banyak dipakai. Ketiga jasa tersebut adalah job portal, outsourcing, dan headhunter. Ada perbedaan dari masing-masing rekrutmen tersebut dalam pencarian karyawan untuk perusahaan klien.

Berikut penjelasan tentang 3 jenis jasa recruitment karyawan yang paling banyak digunakan di Indonesia:

Job Portal

Job portal merupakan website untuk mencari pekerjaan yang dapat digunakan perusahaan yang menyediakan lowongan kerja maupun talent yang mencari job. Job portal memudahkan perusahaan untuk job posting atau memasang iklan lowongan kerja, sehingga talent dapat melihatnya secara langsung, untuk kemudian mengirimkan lamaran ke perusahaan.

Sebaiknya, perusahaan membuat job posting dengan jelas, bisa dipahami dengan mudah, serta dapat menarik talent yang mencari kerja untuk mengajukan lamaran. Semua proses di job portal dilakukan perusahaan, mulai dari pemasangan iklan lowongan pekerjaan, tahap seleksi, tes dan wawancara talent, sampai memilih kandidat untuk direkrut.

Job portal memiliki kelebihan yakni jangkauannya lebih banyak sekaligus beragam, di mana bisa mendapatkan calon talent dengan latar belakang yang beragam. Sementara, kekurangannya adalah tidak adanya proses kurasi, sehingga pasti ada lamaran kandidat yang tidak sesuai persyaratan.

Outsourcing

Menurut Investopedia, outsourcing berarti menggunakan tenaga kerja dari pihak ketiga untuk penyelesaian suatu pekerjaan di perusahaan. Perusahaan melakukan outsourcing dengan tujuan mengurangi biaya operasional. Menurut UU Ketenagakerjaan, pekerjaan outsourcing terbatas pada jenis pekerjaan dengan sifat yang menunjang dan tidak langsung berhubungan dengan aktivitas utama perusahaan.

Pekerjaan tersebut jenisnya seperti customer service, operator, cleaning service, tenaga security, manufaktur, sampai administrasi perkantoran. Sementara, cara kerja outsourcing yakni perusahaan mengadakan perjanjian dengan pihak yang menyediakan outsourcing dalam menyediakan jasa sesuai dengan jenis pekerjaan yang diperlukan, lalu penyedia outsourcing akan memberikan karyawan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Para karyawan yang disediakan tersebut akan ditempatkan untuk bekerja di perusahaan yang sedang mencari kandidat kerja. Berdasarkan sistem tersebut, ada perbedaan antara karyawan dari outsourcing dan yang direkrut langsung oleh perusahaan. Bedanya, karyawan outsourcing tidak memiliki hubungan kerja dengan perusahaan, tapi hubungannya dengan pihak yang menyediakan outsourcing, dan sesuai dengan perjanjian. Jadi, semua yang berhubungan dengan karyawan menjadi tanggung jawab perusahaan yang menjadi pihak penyedia outsourcing.

Dengan begitu, terdapat kelebihan menggunakan jasa outsourcing, antara lain memangkas biaya pelatihan, beban rekrutmen berkurang, fokus lebih maksimal terhadap kegiatan inti dari bisnis. Di sisi lain, ada juga kekurangannya, antara lain jangka waktu kontrak umumnya singkat, sehingga perusahaan harus melakukan pembaruan ulang atau bahkan mencari penyedia outsourcing yang lain. Jadi, perusahaan juga perlu siap dengan langkah antisipasi yang tepat.

Headhunter

Headhunter merupakan individu atau perusahaan penyedia jasa recruitment tenaga kerja profesional. Perusahaan mempekerjakan headhunter untuk membantu menemukan talent serta individu yang dapat memenuhi kriteria untuk suatu pekerjaan tertentu. Umumnya, headhunter bertugas mencari posisi yang sulit untuk diisi atau istilahnya hard-to-fill role, atau menemukan talent yang memiliki kualifikasi tinggi, contohnya manajer sampai C-level.

Berbeda dengan job portal, kalau headhunter merekrut talent dengan sistem yang tertutup. Headhunter dapat memanfaatkan database internal yang dimilikinya atau mencari secara pribadi di LinkedIn. Begitu menemukan talent yang sesuai kualifikasi, headhunter akan menghubunginya. Besar kemungkinan juga bahwa headhunter akan mendekati talent yang memiliki status sebagai karyawan yang bekerja di perusahaan yang lain atau kandidat pasif. Jadi, asalkan talent yang bersangkutan terbuka atas kesempatan kerja baru, headhunter akan merekrutnya.

Keuntungan Jasa Rekrutmen Karyawan bagi Perusahaan

keuntungan jasa rekrutmen karyawan

Dengan menggunakan jasa rekrutmen karyawan, perusahaan akan dapat memperoleh berbagai keuntungan. Adapun keuntungan tersebut antara lain yakni:

Kualitas Karyawan yang Didapat Terjamin

Keuntungan menggunakan jasa rekrutmen yang pertama adalah kualitas calon karyawan terjamin. Hal ini dikarenakan jasa rekrutmen karyawan memiliki jaringan luas, serta sudah ada database talent miliknya sendiri. Saat ada persyaratan dari perusahaan tentang kualifikasi serta pengalaman di bidang pekerjaan tertentu, penyedia jasa rekrutmen akan menyeleksi talent yang tersedia.

Kemudian, nanti sesudah proses seleksi, talent yang terpilih serta berkualitas saja, yang akan direkomendasikan untuk perusahaan. Jadi, tidak sembarang talent direkomendasikan, sehingga perusahaan pasti mendapatkan kandidat yang benar-benar qualified.

Hemat Waktu, Biaya, dan Energi

Rekrutmen merupakan proses yang panjang, sehingga jika melakukannya sendiri, akan memakan banyak waktu. Mulai dari pemasangan iklan lowongan pekerjaan, review manual untuk menilai resume, tes dan wawancara, sampai memilih talent yang sesuai.

Bahkan setelah semua proses perekrutan itu, belum tentu kualitas talent yang didapat terjamin. Perusahaan tidak perlu dipusingkan dengan proses itu. Karena, dengan memanfatkan jasa rekrutmen karyawan, prosesnya akan berlangsung lebih efektif dan talent yang didapat pun benar-benar berkualitas.

Sementara, perusahaan cukup memberi kualifikasi yang dibutuhkan, lalu penyedia jasa rekrutmen karyawan yang bekerja sampai prosesnya selesai. Lalu mereka akan memberikan rekomendasi talent yang terbaik sesuai kebutuhan perusahaan untuk diwawancara.

Membantu Perkembangan Perusahaan

Ketika mengembangkan bisnis, perusahaan sebaiknya fokus saja terhadap kegiatan utama dalam bisnisnya. Fokus pada kegiatan inti saja. Maka dari itu, dengan memanfaatkan jasa rekrutmen karyawan, efisiensi proses hiring talent bisa lebih baik dengan mendapat tenaga kerja berkualitas. Jasa rekrutmen karyawan pastinya telah melakukan perekrutan secara profesional hingga kualitas karyawan yang dipilih adalah yang terbaik.

Dengan begitu, perusahaan akan mencapai level bisnis sekaligus berkembang dengan cepat. Hal tersebut karena adanya sumber daya manusia berkualitas bagus yang memegang peranan penting dalam mengembangkan dan mendukung kinerja perusahaan.

Mempercepat Pengisian Posisi

Perusahaan yang menyediakan jasa perekrutan karyawan, memiliki konsultan serta headhunter dan recruiter yang profesional. Kalau perusahaan Anda perlu waktu sampai berbulan-bulan untuk mengisi posisi yang sulit, maka headhunter atau recruiter hanya membutuhkan waktu beberapa minggu saja. Tidak hanya cepat, mereka juga merekrut karyawan terbaik dan meringkan beban perusahaan.

Dengan memakai jasa headhunter atau recruiter, perusahaan dapat terhindar dari kekosongan peran untuk jangka waktu yang lama, yang bisa mengakibatkan aktivitas perusahaan terhambat. Jadi, perusahaan tetap bisa berjalan dengan lancar dan sebagaimana mestinya.

Setelah pemaparan di atas, sekarang Anda telah mengetahui berbagai keuntungan yang bisa diperoleh saat perusahaan memilih untuk memanfaatkan jasa rekrutmen karyawan. Perlu diingat, jenis jasa rekrutmen yang Anda gunakan pun akan semakin mempengaruhi keuntungan yang bisa diperoleh.

Jika Anda mencari kandidat dengan kualifikasi yang tinggi, gunakanlah jasa rekrutmen karyawan dari headhunter Indonesia terkenal, seperti match recruitment. Headhunter ini sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam mendekati dan merekrut kandidat terbaik untuk perusahaan terkemuka. match recruitment juga jasa perekrutan yang siap membantu perusahaan Anda dengan segera. Anda bisa mulai berkonsultasi gratis di sini.


Share This Post!