Home
 » 
Resources » Headhunter Insight » Sering Tertukar! Ini Dia Perbedaan Talent Management vs HR

Sering Tertukar! Ini Dia Perbedaan Talent Management vs HR

Share This Post!

talent management vs hr

Beberapa sudah sangat akrab dengan istilah human resources (HR) dan tugasnya, yakni memperkerjakan dan juga tentu saja memecat karyawan di sebuah perusahaan. Tapi tahukah kamu kalau dalam dunia kerja profesional ada juga istilah talent management? Istilah ini memang tak terlalu familiar bagi sebagian besar orang. Bahkan mungkin ada yang menganggap itu adalah cara lain yang lebih kreatif untuk menyebut departemen SDM. Padahal sejatinya ada banyak sekali perbedaan antara talent management vs HR. Mari cari tahu apa saja hal-hal yang membedakan seorang talent management dan HR dalam ulasan lengkap di bawah ini:

A. Pengertian Talent Management vs HR

Tahukah kamu perbedaan antara talent management dan HR? Kedua istilah ini berbeda dan digunakan untuk menyebut pihak yang berbeda, meski nyatanya di luar sana banyak yang suka menyalahartikan atau bahkan salah kaprah menggunakan istilah di atas. Inilah saatnya untuk meluruskan beberapa fakta. Kita mulai dari pengertiannya.

1. Apa Itu Human Resource Department (HRD)?

Untuk kamu yang bertanya-tanya mengenai pengertian apa itu human resource department, perlu diketahui bahwa mereka adalah tangan kanan bagian administratif di suatu perusahaan. Merekalah yang bertugas mewawancarai, mengorientasi, memberi pelatihan hingga menyelesaikan setiap masalah personel yang muncul ketika bekerja. HR memegang peran vital dalam keberhasilan perusahaan mengingat mereka bekerja di bidang sumber daya manusia.

2. Apa Itu Talent Management?

Talent management adalah bagian dalam manajemen SDM yang bertanggung jawab untuk melakukan upaya sistematis dan terencana dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, mengembangkan dan memotivasi karyawan serta manajer yang memiliki skill tinggi di bidangnya. Peran talent management di dalam perusahaan membuat karyawan lebih menghargai pekerjaannya dan bersedia mengabdi lebih lama.

Setelah memahami apa itu talent management dan pengertian HR, sekarang kamu harus mengetahui apa saja peran keduanya dalam perusahaan.

B. Peran Talent Management vs HR dalam Perusahaan

peran talent management dan hr

Masing-masing tim, baik talent management dan HR, mereka punya peran yang berbeda. Langsung saja cari tahu jawabannya di bawah ini:

1. Peran HR

Seperti telah disebutkan di atas, human resource atau tim SDM bertanggung jawab untuk merekrut karyawan baru dan memandu mereka melalui proses sebelum dan setelah orientasi. Mereka bertugas mengakuisisi juga memanajemen kandidat. Selain itu, termasuk tugas HR adalah mengelola tim perekrutan dan pelatihan, serta memilah surat lamaran pekerjaan yang masuk.

Jika seorang kandidat dipekerjakan perusahaan, HR akan mengemban tanggung jawab atas kebijakan tempat mereka bekerja dan setiap program yang melibatkan karyawan lainnya. Dan terakhir, tugas HR adalah memberhentikan karyawan kantor.

Lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa peran HR:

  • Menyusun rencana untuk peningkatan kinerja karyawan
  • Membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan karyawan
  • Merekrut karyawan baru
  • Memberikan pelatihan kepada karyawan baru
  • Dan memastikan bahwa apa yang mereka kerjakan sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku

2. Peran Talent Management

Perlu diketahui, talent management adalah sosok dalam perusahaan yang mengemban peran penting, yakni untuk mengembangkan, menumbuhkan dan mempertahankan talenta terbaiknya di segala sektor. Ada pun misi dari seorang talent management adalah untuk membangun dan mempertahankan tenaga kerja yang dimiliki demi tercapainya misi dan tujuan perusahaan. Inilah sedikit penjelasan tentang peran talent management. Untuk lebih lengkapnya, simak peran yang dipegang talent management berikut:

Singkatnya, peran utama seorang talent manager adalah untuk menciptakan dan maintaining karyawan di perusahaan. Beberapa tugas seorang talent management expert meliputi hal-hal berikut:

  • Menjadi mentor bagi karyawan yang memiliki potensi tinggi di masa depan
  • Mengadakan program pelatihan karyawan
  • Memberikan reward dan menjadi mentor karyawan serta mempromosikan mereka

Itulah beberapa perbedaan antara talent management vs human resources dilihat dari pengertian dan perannya masing-masing. Selanjutnya, kita akan mengupas  tanggung jawab talent management dan HR.

C. Tanggung Jawab Talent Management vs HR

tanggung jawab talent management dan hr

Sama halnya dengan perannya, human resources dan talent management tentunya memiliki tanggung jawab yang berbeda. Beikut penjelasan mengenai apa saja tanggung jawab keduanya:

1. Tanggung Jawab HRD

Bagian dari human resources department (HRD), seperti disebut sebelumnya, menjalankan peran dan tanggung jawab vital dalam setiap perusahaan, yakni mengurus dan mengawasi manusia, dalam arti pegawai. Lebih rincinya, mari kita lihat apa saja tanggung jawab mereka dalam penjelasan di bawah:

Ada pun tanggung jawab dari HRD biasanya mencakup segala hal yang berkaitan dengan pengalaman para karyawannya, seperti:

  • Memastikan setiap karyawan dibayar sesuai dengan hak masing-masing
  • Mengelola informasi administrasi karyawan
  • Merancang program dengan manfaat yang tinggi
  • Membuat kebijakan perusahaan, seputar dress code atau aturan berpakaian di kantor
  • Menangani keluhan karyawan
  • Menjaga dan mematuhi undang-undang ketenagakerjaan
  • Cuti
  • Hingga hewan peliharaan kantor

2. Tanggung Jawab Talent Manajement

Menilik dari pengertian talent management di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa misi manajemen talenta adalah membangun dan mempertahankan karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. Berikut ini adalah tanggung jawab yang harus dipegang talent management expert:

  • Attracting karyawan baru, seperti merencanakan workforce, job role dan job description, strategi rekrutmen, branding perusahaan, membangun hubungan dengan kampus-kampus terkait
  • Mengembangkan karyawan, yang mana biasanya berfokus pada pemberian training dan pengembangan bakat serta karier, sehingga dapat membantu terwujudnya promosi internal bagi karyawan tetap
  • Retaining karyawan, mencakup di antaranya memberi penilaian terhadap kinerja mereka, merencanakan jenjang karier dan mencari informasi yang menyebabkan karyawan memutuskan untuk pindah atau resign dari perusahaan

Kesimpulannya, talent management HRM jelas-jelas bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dan bisa dilakukan oleh sembarang orang. Dibutuhkan skill mumpuni untuk menjalani semua peran dan tanggung jawab yang tidak tanggung-tanggung beratnya, mengingat semua yang dilakukan adalah untuk keberlangsungan seluruh perusahaan. Dan wajib diingat, bahwa tidak ada yang lebih baik dari keduanya. Pasalnya, talent management maupun HR, sama-sama merupakan sayap terkuat yang harus berdiri dan berjalan beriringan dalam departemen SDM di suatu perusahaan.

Semakin baik talent management dan human resources bekerja dalam sinkronisasi, maka tentu saja hasilnya akan semakin efektif dan baik bagi perusahaan.

Akhir kata, demi terwujudnya visi dan misi besar perusahaan, kolaborasi yang baik antara talent management vs HR adalah kunci utamanya. Mungkin talent management dan HR suatu perusahaan akan terbagi dalam dua tim berbeda, tapi keduanya harus bekerja sama dengan baik untuk memberikan hasil yang optimal. Dan perlu menjadi perhatian bagi perusahaan, bahwa mereka harus membuat peraturan untuk sayap SDM agar berfungsi secara penuh, sehingga dapat menjadi payung yang baik bagi tim HR dan talent management.


Share This Post!