Rising Skill yang Dibutuhkan Perusahaan Saat Ini!

Angelin Lu Prahsia  •  
June 19, 2021
Home » Resources » Market Insights » Millenials » Rising Skill yang Dibutuhkan Perusahaan Saat Ini!
9 Rising Skills yang Dibutuhkan Perusahaan Saat Ini!
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Saat ini, Skill berbasis teknologi menjadi skill yang paling dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan. Hal ini menimbulkan perubahan pada kebutuhan tenaga kerja perusahaan. Setiap perusahaan mencari rising skill ini untuk terus beradaptasi dengan tren dan perkembangan teknologi. Tidak terkecuali para recruiter, mereka dituntut untuk mengenali rising skills ini dan memenuhi kesenjangan skill dalam perusahaan.

Memang benar bahwa skill yang tidak terkait dengan bidang teknologi masih tetap dibutuhkan. Namun, setidaknya tiap karyawan dituntut untuk tidak gaptek alias gagap teknologi agar perusahaan tidak tertinggal dari perkembangan jaman. Tapi, sebelum itu, sebenarnya apa itu Rising Skill?

Menurut LinkedIn, ada skill utama yang harus dimiliki oleh tenaga kerja masa kini. Kemampuan tersebut dinamakan ‘rising skill’ karena kemampuan tersebut muncul akibat kebutuhan pasar dan akan terus berkembang serta semakin dibutuhkan di masa depan. Sebagai contohnya, semenjak kemunculan sosial media, para perusahaan mulai membutuhkan kemampuan manajemen sosial media. Lalu, akibat kemunculannya, memunculkan kemampuan lainnya yaitu content creation dan content management.

Sementara, jika perusahaan kekurangan talent yang mempunyai skill tersebut, hal ini bisa berisiko terhadap perusahaan Anda. Mari kita simak, apa saja Rising Skill yang dibutuhkan perusahaan saat ini?

Compliance

Skill ini mengharuskan karyawan agar mampu memastikan perusahaan bergerak sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku.

Pekerjaan yang membutuhkannya: compliance officer, chief data officer, risk management officer

Social Media Marketing

Tenaga profesional yang ahli dalam marketing media sosial bisa mempromosikan produk dan layanan secara efektif melalui platform sosmed untuk mencapai target perusahaan.

Pekerjaan yang membutuhkannya: social media marketing specialist, marketing manager, digital marketing specialist

Continuous Integration

Orang-orang dengan skill ini berarti mampu mengintegrasikan kode-kode ke dalam shared ‘repository’ untuk dapat mendeteksi masalah real-time yang terjadi.

Pekerjaan yang membutuhkannya: software engineer, full-stack engineer, DevOps engineer

Workflow Automation

Skill ini melibatkan proses manual otomatisasi berdasarkan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Pekerjaan yang membutuhkannya: konsultan, software engineer, project manager

Gesture Recognition Technology

Seiring berkembangnya AI (artificial intelligent) yang semakin masuk ke dalam kehidupan kita, Anda pasti akan membutuhkan orang-orang yang mampu menggunakan perangkat komputer untuk menginterpretasikan bahasa tubuh manusia, sebagai input untuk aplikasi dan perangkat.

Pekerjaan yang membutuhkannya: software engineer, researcher, mobile engineer

Artificial Intelligence

Skill ini merupakan kemampuan untuk mempelajari dan mendesain “intelligent agents” yang dapat mengerjakan tugas selayaknya manusia. Pengertian tersebut dijelaskan oleh LinkedIn.

Pekerjaan yang membutuhkannya: software engineer, data scientist, business analyst

Robotic Process Automation

Skill yang dimiliki oleh para profesional untuk mengotomatisasi tugas-tugas high-volume dan repetitif dan memproses dengan menggunakan AI software.

Pekerjaan yang membutuhkannya: konsultan, business analyst, robotics engineer

Human-Centred Design

Skill ini melibatkan kemampuan untuk mencari solusi dari masalah yang membutuhkan pengertian dan pertimbangan mendalam, berdasarkan sudut pandang dan pengalaman manusiawi dalam semua prosesnya.

Pekerjaan yang membutuhkannya: product designer, graphic designer, user experience (UX) designer

Front-End Web Development

Orang-orang yang memiliki skill ini berarti mampu mengkonversi data menjadi interface untuk merancang website atau aplikasi.

Pekerjaan yang membutuhkannya: web developer, full stack-engineer, front-end developer

Akhir Kata

Menurut Yahoo Australia, rising skill yang paling dibutuhkan dan semakin banyak diminta sekarang ini adalah marketing media sosial, human-centred design, dan gesture recognition technology.

Sementara, di Singapura permintaannya tinggi untuk blockchain skill, sedangkan di India dibutuhkan banyak robotic process automation. Lalu, Korea, Jepang dan Taiwan paling banyak membutuhkan profesional yang ahli dalam bidang artificial intelligence.

Kalau Anda, perlu skill yang seperti apa? Kesulitan mencari Rising Skill tersebut?

Kami siap membantu.

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram