Home
 » 
Resources » Market Insights » Kenali Hiring Manager: Tanggung Jawab dan Skill yang Dibutuhkan

Kenali Hiring Manager: Tanggung Jawab dan Skill yang Dibutuhkan

Share This Post!

hiring manager

Dalam dunia rekrutmen, hiring manager adalah posisi yang sangat dibutuhkan. Perusahaan tentunya tidak bisa melakukan proses rekrutmen sendirian. Mereka membutuhkan seseorang yang benar- benar ahli dalam bidangnya untuk menyeleksi dan mengatur tes wawancara maupun tes kemampuan dari kandidat tersebut. Tanpa adanya hiring manager, perusahaan akan kesulitan menemukan kandidat karyawan dengan kompetensi yang dibutuhkan dan cocok dengan budaya yang ada di dalam perusahaan tersebut. Mari cari tahu lebih lanjut mengenai apa itu hiring manager dan peranannya dalam perusahaan di sini.

Pengertian Hiring Manager

Hiring manager artinya seseorang yang ditunjuk dan bertanggung jawab merekrut kandidat untuk mengisi posisi kosong di perusahaan. Ia tentu harus memastikan bahwa kandidat tersebut merupakan orang yang tepat dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Walaupun memiliki peran sebagai perekrut, seorang hiring manager tidak selalu bekerja di bawah divisi HR. Peran ini biasanya dijalankan oleh manajer di dalam divisi tertentu yang mewakili tim dalam mengisi posisi yang kosong. Namun, ia akan bekerjasama dengan pihak HR dalam proses perekrutan. Dalam merekrut kandidat, tentunya ia tidak akan melakukan proses perekrutan secara langsung.

Hiring manager akan berdiskusi dengan HR untuk menentukan jenis perekrutan yang dibutuhkan dan ikut mewawancarai kandidat dalam sesi interview. Selain itu, ia juga akan melakukan supervisi atau pemantauan untuk memastikan bahwa proses rekrutmen berlangsung secara lancar. Dalam beberapa kasus, hiring manager juga menjadi suara penentu kandidat mana yang akan bekerja untuk perusahaan.

Tak hanya itu, biasanya seorang hiring manager berperan sebagai contact person atau CP yang bisa dihubungi oleh kandidat yang ingin melamar kerja. Dengan kata lain, ia adalah jembatan komunikasi antara perusahaan dengan kandidat selama proses perekrutan.

Tanggung Jawab Hiring Manager

Tanggung Jawab Hiring Manager

Dari ulasan di atas, sekilas Anda sudah tahu peran dari hiring manager. Ia adalah manajer dari sebuah tim atau divisi di dalam perusahaan yang bertanggung jawab dalam menentukan kandidat yang cocok untuk mengisi posisi yang kosong. Walaupun bekerjasama dengan HR, pihak hiring manager lah yang akan menentukan kandidat yang sesuai untuk posisi tersebut. Jika dijabarkan, berikut adalah peranan atau tanggung jawab yang dimiliki seorang hiring manager

Mengidentifikasi Job Skill

Dalam proses perekrutan, tugas utama dari seorang hiring manager adalah mengidentifikasi job skill. Ia akan membuat deskripsi pekerjaan dari posisi yang dibutuhkan. Sekaligus menjelaskan hal tersebut kepada pihak HR maupun pihak perekrut.

Dengan begitu, pihak HR dan perekrut bisa mengetahui lebih jelas mengenai kualifikasi yang dibutuhkan. Sebelum lowongan kerja tersebut diluncurkan ke media massa, hiring manager akan memastikan bahwa kisi-kisi yang dibuat sudah disetujui oleh divisi yang membutuhkan kandidat tersebut.

Mewawancarai Kandidat

Seorang hiring manager tidak selalu ikut secara langsung dalam proses merekrut kandidat. Namun, ia akan tetap ikut serta sebagai pihak yang mewawancarai kandidat dalam sesi interview. Ia akan menanyakan berbagai hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan gambaran apakah kandidat tersebut merupakan orang yang tepat untuk mengisi posisi kosong di perusahaan.

Membuat Keputusan Perekrutan

Selain merencanakan rangkaian tahap perekrutan, hiring manager juga harus membuat keputusan akhir sebagai pihak penentu. Melalui wawancara dan tes yang sudah dilakukan, tentunya pihak hiring manager sudah mendapatkan gambaran mengenai kemampuan yang dimiliki oleh para kandidat. Sehingga, ia akan menentukan kandidat karyawan mana yang paling memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Onboarding Karyawan Baru

Peran hiring manager tentunya tidak hanya terbatas dalam proses perekrutan saja. Ia juga harus mendampingi karyawan baru dalam proses penyesuaian diri di perusahaan barunya. Selanjutnya, ia perlu melakukan supervisi untuk memastikan bahwa karyawan tersebut bisa bekerja di dalam lingkungan perusahaan dengan baik.

Skill yang Wajib Dimiliki Hiring Manager

Skill Wajib Hiring Manager

Dalam menjalankan tugas-tugasnya, hiring manager tentunya wajib memiliki seperangkat skill. Skill tersebut akan sangat berguna dalam menemukan kandidat karyawan yang cocok untuk mengisi posisi di dalam perusahaan. Apabila Anda ingin memilih seorang hiring manager, pastikan ia memiliki kemampuan berikut ini:

Komunikasi

Selama proses perekrutan pegawai baru, hiring manager tentunya tidak bekerja sendirian. Ia tidak hanya akan berkomunikasi secara intens dengan pihak HR dan perekrut. Ia juga perlu menjalin komunikasi dengan kandidat karyawan hingga karyawan tersebut terpilih dan bekerja dengan baik di perusahaan. Untuk itu, ia harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Skill komunikasi tersebut tidak hanya dalam bentuk verbal saja, tetapi juga dalam bentuk tertulis.

Penilaian (Judgement)

Seorang hiring manager yang baik juga memiliki skill yang sangat baik dalam menilai seseorang. Ia harus dapat menilai dan memilih kandidat yang tepat untuk bekerja di perusahaan. Terlebih lagi, apabila posisi yang terbuka adalah posisi yang strategis. Ia harus lebih jeli lagi dalam memilih kandidat karyawan yang sesuai. Seringkali, ia harus mengerucutkan jumlah kandidat yang dipanggil untuk interview berdasarkan CV atau resume yang dikirimkan. Setelah proses interview selesai, ia akan menggunakan informasi yang didapat untuk menyaring kandidat yang terbaik.

Manajemen Waktu

Selama proses merekrut karyawan baru, seorang hiring manager dijamin akan sangat sibuk. Terlebih lagi, apabila posisi tersebut diinginkan oleh banyak orang. Tentunya, ia harus menghadiri sesi interview yang sangat banyak. Tak hanya itu, ia pun disibukkan dengan tanggung jawab lainnya yang muncul selama proses perekrutan berlangsung. Agar semuanya bisa berjalan dengan lancar dan efisien, ia harus memiliki time management atau manajemen waktu yang baik.

Onboarding

Peran seorang hiring manager sangat dibutuhkan selama karyawan baru menyesuaikan diri. Itulah mengapa kemampuan untuk onboarding karyawan sangat dibutuhkan. Ia harus bisa memantau serta mendampingi karyawan baru selama ia menyesuaikan diri dengan ritme kerja di perusahaan. Ia juga harus memastikan bahwa karyawan tersebut bisa beradaptasi dengan baik. Sehingga, ia bisa melakukan pekerjaan barunya dengan lebih maksimal.

Kerjasama Tim

Perekrutan pegawai baru tentunya akan membutuhkan kerjasama tim yang solid. Hiring manager akan bekerjasama dengan beberapa departemen atau divisi selama proses perekrutan berlangsung. Tentunya, ia harus memiliki kemampuan untuk bekerja di dalam tim. Salah satunya, adalah kemampuan untuk berkoordinasi dengan pihak – pihak yang bersangkutan. Ia juga harus memiliki kemampuan untuk menyampaikan brief dengan efektif. Sehingga, proses rekrutmen pun akan berlangsung dengan lancar hingga akhir.

Negosiasi

Setelah kandidat karyawan baru terpilih, tugas baru dari seorang hiring manager adalah mendiskusikan tentang kontrak kerja. Dalam hal ini, ia harus bisa bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan dengan kandidat karyawan. Ia harus bisa menawarkan keputusan negosiasi yang bisa menguntungkan perusahaan dan tentunya karyawan tersebut. Dengan kata lain, ia akan menjadi mediator antara pihak perusahaan dengan karyawan.

Kepahaman dan Keahlian Industri

Yang tak kalah penting, seorang hiring manager juga wajib memiliki pemahaman serta keahlian di dalam industri yang dijalankan di dalam perusahaan. Dengan demikian, ia dapat menentukan kriteria seperti apa yang harus dimiliki oleh kandidat yang melamar kerja di perusahaan tersebut. Jadi, ia bisa meracik pertanyaan yang berbobot selama sesi interview dan mendapatkan dana yang sesuai untuk pertimbangan.

Akhir Kata

Itu dia pengertian hiring manager beserta tanggung jawab dan skill yang mereka miliki. Semoga ulasan ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai dunia rekrutmen. Anda juga bisa membaca lebih banyak mengenai topik recruitment yang ditawarkan match recruitment. Dengan begitu, Anda pun jadi mengetahui lebih dalam mengenai pengetahuan rekrutmen yang efisien. Sehingga, proses rekrutmen di perusahaan Anda bisa berjalan lebih maksimal.

Author

  • Rista Fathika Anggrela

    Rista is a passionate person who likes to learn new things and gain new perspectives. She always gives her best in writing articles with the aim of helping the audiences solve their problems. Rista considers her faith and family to be most important to her.


Share This Post!
hello world!