Resources » Interview 101 » Panduan Lengkap Melakukan Interview untuk Posisi Eksekutif

Panduan Lengkap Melakukan Interview untuk Posisi Eksekutif

Share This Post!

Untuk melakukan wawancara untuk jabatan tinggi, HR perlu mengetahui interview tips executive position untuk persiapan. Sebab, menilai calon karyawan yang ingin menduduki jabatan tinggi akan terasa berbeda. Seperti yang diketahui, perusahaan akan membutuhkan posisi eksekutif untuk dapat beroperasi dengan semestinya.

Seorang HR akan ditugaskan untuk menyeleksi orang yang melamar sesuai job description. Mengingat pentingnya posisi tersebut untuk masa depan perusahaan, HR akan dituntut untuk merekrut calon karyawan yang paling ideal. Untuk itu, simak bagaimana cara interview karyawan dimulai dari persiapannya.

Persiapan Sebelum Wawancara

Sebelum melakukan wawancara, ada baiknya bagi seorang HR untuk melakukan persiapan terlebih dahulu. Untuk melakukan persiapan wawancara terutama untuk merekrut posisi eksekutif, simak tips-tips berikut:

1. Pahami Job Description dengan Mendalam

Setiap posisi eksekutif tentu memiliki job desk atau job description dengan uraian tugas dan kualifikasi yang berbeda. Arti dari job description adalah dokumen yang menjabarkan tanggung jawab untuk posisi tersebut.

Untuk melakukan wawancara, pahami seperti apa uraian tugas yang tertulis pada job description. Dengan begitu, seorang HR akan mengetahui kualifikasi posisi eksekutif, serta menentukan pertanyaan yang sesuai.

2. Pahami Perusahaan dan Industri

Setiap perusahaan tentu memiliki visi dan misi yang perlu diikuti oleh semua karyawan. Seorang HR akan dapat memanfaatkan visi dan misi, dengan mempromosikan hal tersebut saat melakukan interview calon karyawan.

Selain perusahaan, pertimbangkan juga mengenai industri yang terkait dengan perusahaan tersebut. Hal ini karena posisi eksekutif yang spesifik juga perlu mengetahui perkembangan industri, untuk memenuhi kualifikasi.

3. Buat Daftar Pertanyaan yang Tepat

Wawancara pada dasarnya merupakan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh interviewer kepada calon karyawan. Sudah sepantasnya jika dalam mempersiapkan wawancara, seorang HR perlu membuat daftar pertanyaan.

Untuk membuat daftar pertanyaan, HR juga perlu menyesuaikan pertanyaan dengan posisi eksekutif yang diincar oleh calon karyawan. Sebagai contoh, simak daftar pertanyaan interview sales executive berikut:

  • Apa yang Anda pahami tentang sales executive?
  • Apa pengalaman tersukses Anda selama menjadi seorang sales?
  • Apa kemampuan terbaik Anda selama menjadi seorang sales?
  • Bagaimana Anda menyikapi jika Anda gagal dalam proses penjualan?
  • Bagaimana cara Anda menghasilkan minat konsumen untuk membeli produk?

6 Interview Tips untuk Executive Position

tips menginterview calon karyawan

1. Lakukan Pendekatan Hangat dan Profesional

Calon karyawan yang mengincar posisi rendah, akan cenderung lebih gugup saat melakukan proses interview. Seorang HR umumnya akan mencoba mencairkan suasana untuk membuat calon karyawan merasa lebih nyaman.

Namun, calon karyawan untuk posisi eksekutif tentunya sudah memiliki kesiapan dalam proses wawancara. Meski demikian, seorang HR tetap dituntut untuk melakukan pendekatan secara hangat dan profesional.

Cara pendekatan yang benar adalah dengan menjaga intonasi saat wawancara, serta menunjukkan rasa empati terhadap calon karyawan. Pendekatan ini juga akan dapat memberi citra baik bagi perusahaan.

2. Tanyakan tentang Pengalaman Kepemimpinan

Interview tips executive position selanjutnya, adalah dengan memberikan pertanyaan mengenai pengalaman calon karyawan selama memimpin. Pertanyaan ini umumnya diajukan untuk jabatan pemimpin.

Sebagai contoh, calon karyawan yang mengincar posisi general manager sudah memiliki pengalaman dalam memimpin satu lini bisnis. Pertanyaan interview general manager yang diajukan oleh HR misalnya seperti:

  • Bagaimana strategi yang Anda gunakan dalam memimpin?
  • Bagaimana Anda menangani pekerjaan di budaya kerja yang menuntut bekerja serba cepat?
  • Apa yang Anda lakukan agar pegawai merasa termotivasi untuk bekerja lebih produktif?

Dengan pertanyaan seperti ini, HR akan dapat menilai kinerja calon karyawan yang ingin mengisi posisi general manager. Untuk posisi eksekutif lainnya, tinggal sesuaikan dengan job description yang dibuat untuknya.

3. Penilaian Keterampilan Soft Skills

Mayoritas posisi eksekutif tentu akan memerlukan soft skills, untuk dapat memberikan performa kerja yang baik. Soft skills itu sendiri merupakan beberapa kemampuan beradaptasi dengan baik selama di perusahaan.

Soft skills akan menjadi salah satu pertanyaan interview account executive, sales executive, dan posisi eksekutif lainnya. Umumnya, beberapa soft skills yang dapat ditanyakan oleh seorang HR yaitu:

  • Kemampuan berkomunikasi dengan klien atau dalam tim yang baik.
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah (problem solving) dan berpikir kritis.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan (entrepreneurship) yang tinggi.
  • Mudah beradaptasi di budaya kerja yang berubah-ubah.
  • Kemampuan untuk dapat diandalkan dalam kondisi apapun.

4. Tanyakan tentang Pengambilan Keputusan

Decision making merupakan kemampuan yang selalu dibutuhkan bagi calon karyawan yang menginginkan posisi eksekutif. Hal ini karena tekanan dalam memimpin tidak dapat dianggap dengan sebelah mata.

Sebagai contoh, interviewer dapat memberikan pertanyaan yang membuat calon karyawan harus memutuskan bagaimana solusinya. Benar atau tidaknya jawaban calon karyawan akan menjadi penilaian utama dalam proses wawancara.

5. Tanyakan tentang Pengelolaan Konflik

Interview tips executive position berikutnya, adalah menanyakan calon karyawan mengenai bagaimana mereka menanggapi adanya konflik. Kemampuan yang satu ini juga tidak kalah penting dari decision making.

Sebagai contoh, pertanyaan interview HR manager dapat berupa bagaimana calon karyawan menemukan resolusi untuk mengakhiri konflik di antara pegawai. Sebab, kesejahteraan karyawan merupakan tanggung jawab seorang HR manager.

6. Penilaian Evaluasi Strategi Bisnis

Interview tips executive position yang terakhir adalah dengan memberi pertanyaan, terkait evaluasi strategi pada bisnis perusahaan. Seseorang dalam jabatan eksekutif tentu memahami bagaimana melakukannya.

Dalam pertanyaan ini, HR akan dapat menilai bagaimana calon karyawan memperbaiki tolak ukur kinerja, analisa data, hingga melakukan peninjauan. Calon karyawan juga perlu menjelaskan formula yang digunakan.

Selagi menanyakan tentang evaluasi strategi bisnis, HR juga dapat mengecek kinerja perusahaan selama dipimpin calon karyawan. Dengan begitu, HR akan dapat merekrut orang yang pantas untuk perusahaan.

Akhir dari Wawancara

proses interview

Meski sesi tanya-jawab yang dilakukan kepada calon karyawan selesai, seorang HR masih dapat melanjutkan pembicaraan kepada calon karyawan. Terdapat dua hal yang bisa dilakukan sebagai penutup interview, yaitu:

1. Berikan Kesempatan untuk Pertanyaan Kandidat

HR dapat memberikan kesempatan bagi calon karyawan untuk bertanya mengenai posisi eksekutif, serta situasi perusahaan yang dilamar. HR juga tidak perlu khawatir untuk terbuka ketika ingin menjawab pertanyaan.

Pertanyaan seperti ini akan membuat calon karyawan dapat memahami kondisi budaya kerja perusahaan. Artinya, calon karyawan akan lebih mudah untuk mengevaluasi, serta beradaptasi dengan perusahaan.

2. Berikan Feedback dan Informasikan Langkah Selanjutnya

Setelah interview, HR juga perlu memberi kabar mengenai proses selanjutnya kepada calon karyawan. Misalnya seperti berapa lama calon karyawan perlu menunggu, hingga mengikuti prosedur selanjutnya. Selain itu, apabila posisi eksekutif tersebut sudah didapatkan calon karyawan lain, jangan lupa untuk memberi kabar kepada calon lainnya.

Hal tersebut agar tidak membuat calon karyawan lain menunggu terlalu lama. Begitulah panduan interview untuk posisi eksekutif yang lengkap, mulai dari persiapan, interview tips executive position, hingga akhir interview. Jangan lupa untuk menerapkan tips di atas saat melakukan wawancara.

Menjadi seorang HR tentunya tidak mudah, karena harus memilih calon karyawan yang terbaik. Maka itu, panduan melakukan wawancara untuk positif eksekutif dapat menjadi informasi yang sangat membantu.

Apakah Anda siap untuk menggali bakat eksekutif terbaik untuk perusahaan Anda? Jangan ragu untuk menghubungi match recruitment. Kami memiliki pengalaman luas dalam menemukan pemimpin yang tepat untuk posisi eksekutif, dan kami siap membantu Anda menuju kesuksesan.

Hubungi kami sekarang dan jadikan proses rekrutmen untuk posisi eksekutif Anda lebih efektif dan produktif!

Author

  • Rista Fathika Anggrela

    Rista is a passionate person who likes to learn new things and gain new perspectives. She always gives her best in writing articles with the aim of helping the audiences solve their problems. Rista considers her faith and family to be most important to her.


Share This Post!
hello world!