Home
 » 
Resources » Self Development » Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Agar Semangat Bekerja

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Agar Semangat Bekerja

Share This Post!

cara meningkatkan motivasi kerja karyawan

Karyawan memiliki peran penting dalam perusahaan karena mampu menjadi penggerak bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan. Motivasi kerja yang tinggi dari tiap karyawan dibutuhkan agar performa mereka lebih baik dan produktivitas lebih meningkat.

Motivasi kerja adalah semangat yang dapat memacu karyawan untuk bekerja lebih baik dan memberikan hasil yang terbaik, sesuai dengan tujuan perusahaan serta mampu memajukan perusahaan. Karena itu, penting untuk tahu apa saja cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan. Ini dia beberapa di antaranya:

Tunjukkan Apresiasi dan Feedback Positif

feedback positif meningkatkan motivasi kerja karyawan

Cara perusahaan memotivasi karyawan yang pertama adalah dengan membuka peluang berkomunikasi dengan karyawan. Salah satu caranya adalah dengan menunjukkan apresiasi dan feedback positif. Setiap karyawan akan merasa senang bila hasil kerja mereka diapresiasi. Mereka akan merasa dihargai dan punya semangat untuk menjadi lebih baik lagi.

Bahkan kalau ada kesalahan atau hal yang kurang tepat dari pekerjaannya sekalipun, karyawan akan lebih mudah menerima kritik dan saran pengembangan. Kalau karyawan hanya diberi feedback negatif, kritikan tersebut akan diterima dengan negatif juga. Oleh karena itu, perusahaan perlu memberikan hal yang positif sebagai salah satu cara untuk memotivasi karyawan dan mendapatkan hasil yang positif juga.

Dengarkan Pendapatnya

cara memotivasi karyawan dengarkan pendapat

Pada umumnya memang karyawan memiliki pengalaman yang lebih sedikit dibandingkan manajer atau atasannya. Karena itu masih perlu banyak bimbingan, arahan dan perintah. Tetapi, bukan berarti karyawan hanya bisa mendengar perintah saja. Sesekali penting juga untuk mendengarkan pendapat karyawan. Ini akan membuat karyawan merasa dihargai posisinya di perusahaan.

Komunikasi yang terbuka antara karyawan dengan manajer, bahkan dengan atasan yang posisinya lebih tinggi itu penting dibangun sejak awal. Seorang karyawan baru sekalipun mungkin memiliki opini yang penting untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan.

Karena itu, di tengah meeting usahakan sebisa mungkin untuk saling bertukar pendapat dan melakukan active listening. Karena tidak semua orang bisa mengungkapkan pendapat dengan mudah, akan lebih baik kalau suasana dibuat lebih santai. Dengan begitu, karyawan baru sekalipun tidak akan ragu menyampaikan opini mereka. Jika suasana ini terus terbangun, maka cara ini sangat efektif untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan lebih baik lagi.

Tingkatkan Insentif Karyawan

cara membuat karyawan semangat bekerja uang insentif bonus

Tak dapat dipungkiri, cara membuat karyawan semangat bekerja yang ampuh adalah dengan adanya insentif saat pekerjaan terselesai dengan baik. Karena itu, membuat program bonus insentif perlu juga sesekali dilakukan. Bonus insentif umumnya berupa tambahan uang tunai untuk mendukung performa dan produktivitas karyawan.

Salah satu caranya adalah dengan memberi bonus insentif bulanan untuk tim yang berhasil menyelesaikan tugas tambahan. Bisa juga diberikan pada tim yang mampu meraih tujuan perusahaan atau melebihi ekspektasi perusahaan.

Buatlah peluang untuk siapa saja agar masuk kualifikasi untuk mendapatkan bonus tersebut. Caranya adalah dengan membuat kriteria yang variatif untuk tiap bonus per periode. Misalnya bulan ini temanya adalah untuk memenuhi target dari perusahaan. Lalu tema bonus bulan depan adalah menyelesaikan pelatihan tertentu.

Berikan Waktu Istirahat

berikan waktu istirahat agar karyawan betah bekerja

Karyawan yang rajin tentu yang paling disukai oleh perusahaan. Tapi serajin apa pun karyawan, mereka pasti punya titik jenuh dan lelah. Oleh karena itu, setiap karyawan berhak memiliki waktu istirahat yang cukup. Justru dengan beristirahat sejenak, mereka akan jadi lebih segar dan lebih siap untuk bekerja lebih baik. Kalau terus dipaksa bekerja dalam keadaan jenuh, ide-ide baru yang seharusnya muncul jadi tidak terpikirkan.

Dengan memberi waktu istirahat, karyawan akan merasa mereka diperlakukan dengan baik dan diperhatikan. Otomatis karyawan akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna. Sangat disarankan di dalam kantor, terdapat tempat khusus untuk beristirahat. Misalnya sofa yang nyaman, kafetaria, atau taman rindang di mana karyawan bisa memanfaatkannya untuk jalan-jalan atau sekedar bersantai.

Cara memotivasi karyawan dengan waktu istirahat yang berikutnya adalah dengan memperbolehkan karyawan bekerja secara remote. Asalkan tugas mereka diselesaikan dengan baik, tak ada salahnya jika mereka bekerja dari rumah, dari kafe, atau tempat lainnya, kan? Pergantian lingkungan kerja mampu memotivasi karyawan untuk dapat ide baru yang lebih kreatif!

Ingatkan Tujuan Mulai Bekerja

cara meningkatkan semangat kerja karyawan

Seorang karyawan bisa kehilangan motivasi karena banyak hal. Salah satunya adalah karena jenuh dengan tugas yang selalu sama dari waktu ke waktu. Bisa juga karena pendapat mereka kurang didengar setiap kali tim melakukan proyek baru. Di saat seperti ini, cara meningkatkan semangat kerja karyawan adalah dengan mencoba untuk mengingatkan kembali tujuan mereka mulai bekerja di perusahaan.

Tiap karyawan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Di sinilah pentingnya komunikasi yang baik dengan atasan. Dengan bicara langsung satu lawan satu dengan karyawan, atasan punya kesempatan untuk mengingatkan tujuan karyawan bekerja. Ini bisa memotivasi karyawan untuk menemukan kembali semangatnya saat awal bergabung di perusahaan.

Memberi Tanggung Jawab Penting

cara perusahaan memotivasi karyawan

Kalau seseorang diberikan tugas yang sama terus-menerus, selain membuat mereka cepat jenuh, ini juga mampu menimbulkan rasa kurang percaya diri dalam diri mereka. Karyawan mungkin akan bertanya-tanya, apakah atasannya tidak mempercayainya mengerjakan tugas yang lebih besar tanggung jawabnya? Apakah kemampuannya di perusahaan diragukan? Dan kekhawatiran semacam lainnya.

Rasa tidak percaya diri yang terbangun ini membuat karyawan kehilangan motivasi untuk menunjukkan performa yang lebih. Karena itu penting untuk memberi tanggung jawab penting sesekali pada karyawan. Kalau bisa rotasikan tanggung jawab tersebut di dalam tim. Jadi setiap anggota tim akan merasa kehadirannya di tim bermakna.

Dengan memberi wewenang lebih pada karyawan, ini adalah cara agar karyawan dapat merasa lebih semangat dalam bekerja. Karyawan akan merasa telah dipercaya oleh perusahaan. Karyawan akan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan tanggung jawab dengan usaha lebih.

Mendengarkan Kekhawatiran Karyawan

dengarkan kekhawatiran karyawan

Dalam menjalankan suatu tugas, seorang karyawan mungkin punya kekhawatiran, entah itu besar atau kecil. Bagi atasan yang sudah mempunyai pengalaman yang panjang, masalah karyawan ini mungkin adalah hal yang kecil. Tetapi bukan berarti bisa disepelekan, karena bagi si karyawan mungkin itu adalah sandungan besar yang membuatnya tidak termotivasi bekerja saat ini.

Beri ruang pada karyawan untuk membagi kekhawatiran mereka. Apa yang menjadi masalah dan apa yang menyulitkan mereka dalam tugas kali ini? Hanya dengan didengarkan saja, sebenarnya karyawan sudah merasa dihargai. Tetapi akan lebih baik lagi kalau diberikan solusi. Dengan begitu, karyawan akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas dengan lebih baik.

Dukung Kreativitas dan Inisiatif Karyawan

cara memotivasi karyawan

Karyawan yang bekerja paling dekat dengan software dan alat-alat pendamping kerja tertentu, pastinya akan lebih tahu betul tiap proses sebelum mencapai hasil yang dituju. Karena karyawan memiliki pengalaman langsung dalam mengerjakan proyek, jadi mereka mampu melihat dengan mudah hal yang bisa ditingkatkan. Karena itu, penting banget untuk mendukung kreativitas dan inisiatif karyawan.

Sebisa mungkin buat suasana kerja menjadi nyaman dan dukung karyawan untuk menyampaikan ide mereka ke atasan. Memberi dukungan dengan cara mendengarkan setiap ide karyawan dan memberi kesempatan pada mereka untuk mengimplementasikannya, akan sangat berguna untuk pertumbuhan perusahaan di masa depan.

Suasana seperti ini akan membuat karyawan semakin termotivasi untuk melanjutkan kerja keras mereka. Karyawan juga mungkin bisa punya ide-ide tambahan yang sejalan dengan proyek yang desang berjalan.

Akhir Kata

Meningkatkan motivasi kerja karyawan memang dapat sangat tricky dan sulit diawal, karena tidak semua cara diatas dapat memberikan hasil akurat 100%. Oleh karena itu, sebagai seorang pemimpin, kamu tidak boleh menyerah untuk menemukan cara dan waktu terbaik untuk mengimplementasikannya. Jangan lupa juga untuk selalu meningkatkan motivasi kerja yang tinggi dalam diri sendiri saat bekerja, sehingga karyawan kamu juga bisa terpengaruh dan ikut termotivasi untuk bekerja dengan cara yang lebih baik lagi.


Share This Post!