Skill Mendengar Aktif: Penting bagi Perusahaan Tapi Sering Dilupakan

Angelin Lu Prahsia  •  
June 27, 2021
Home » Resources » Self Development » Soft Skill » Skill Mendengar Aktif: Penting bagi Perusahaan Tapi Sering Dilupakan
Active Listening Skills: Penting bagi Perusahaan tetapi Sering Dilupakan
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Kemampuan mendengar secara aktif adalah keterampilan paling penting dalam berkomunikasi dan membangun bisnis yang sering kali dilupakan banyak orang. Padahal, kemampuan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri, produktivitas, dan juga mengurangi kesalah pahaman antar relasi. 

Kemampuan mendengar secara aktif sangat penting untuk membangun dan memelihara hubungan baik dengan rekan kerja dan juga para klien. Kemampuan untuk benar-benar mendengarkan dan memahami dapat membantu seorang individu untuk memecahkan masalah, menyelesaikan konflik, serta mencapai goals dari perusahaan tempatnya bekerja.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kenali perbedaan mendengar dan mendengarkan bersama match recruitment!

Mendengar vs. Mendengarkan

Dikutip dari Forbes, mendengar berbeda dengan mendengarkan. Mendengar adalah ketika kita hanya berinteraksi sebagian dalam percakapan dan tidak berusaha memahami apa yang lawan bicara bicarakan. Sedangkan ketika aktif mendengar kita akan mencoba memahami, membangun kepercayaan, dan berempati terhadap pembicaraan sebelum membangun solusi dan rekomendasi.

Apa Pentingnya bagi Perusahaan?

Salah satu kemampuan mendengarkan yang paling penting adalah mendengarkan secara aktif. Dengan ini kita melibatkan mendengar apa yang dikatakan dan memperhatikan juga komunikasi nonverbal seperti ekspresi wajah, postur tubuh, dan jenis bahasa tubuh lawan bicara kita. Karena perbedaan makna kata yang terucap dan terlihat bisa jadi berbeda.

Mendengarkan yang Buruk dapat Membahayakan Perusahaan

Kemampuan mendengarkan yang buruk membahayakan perusahaan karena dapat menimbulkan miskomunikasi yang fatal. Baik itu dalam hal menerima instruksi, mencapai kesepakatan, bahkan tak tersampaikannya informasi dengan baik. Miskomunikasi dan kesalahpahaman tidak dapat dihindari ketika sebagian dari informasi yang disampaikan tidak diterima dengan baik.

Cara Meningkatkan Kemampuan Mendengar Secara Aktif

Perhatikan lawan bicaramu, make an eye contact!

Pastikan kamu memberikan perhatian penuh pada lawan bicaramu, make an eye contact! Jangan sesekali bermain ponsel atau melakukan tugas lain saat orang lain sedang berbicara denganmu. Jika kamu benar-benar ingin meningkatkan kemampuan mendengarkan secara aktif, kamu juga bisa mencatat apa yang dibicarakan oleh lawan bicaramu.

Gunakan bahasa tubuh yang positif

Untuk menunjukan keterlibatan dalam pembicaraan, sesekali menganggukklah dan juga tersenyum. Dengan menunjukan bahasa tubuh yang positif, lawan bicaramu akan merasa lebih dihargai olehmu.

Perhatikan bahasa tubuh lawan bicara

Perhatikan bahasa tubuh lawan bicaramu. Apakah apa yang dikatakan cocok dengan bahasa tubuhnya? atau malah sebaliknya?. Jika ternyata bertentangan, mungkin kamu perlu menyelidiki lebih dalam untuk mengetahui apa yang sebenarnya ingin dia sampaikan atau apa yang sebenarnya disembunyikan.

Dengarkan lawan bicara dengan baik, jangan menginterupsi.

Jangan sesekali kamu memotong pembicaraan. Berkonsentrasilah pada apa yang disampaikan oleh lawan bicaramu. Pertahankan kontak mata dan keterlibatan, itu akan memperjelas bahwa kamu menghormati lawan bicaramu dan juga apa yang mereka katakan.

Tunggu jeda dalam percakapan sebelum bertanya atau berkomentar

Jika kamu ingin bertanya atau berkomentar, lebih baik menunggu sampai lawan bicaramu selesai berbicara. Dengan ini dia akan merasa kamu sepenuhnya mendengarkan apa yang disampaikan bahkan merespon dengan memberikan komentar ataupun pertanyaan.

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram